-->

Notification

×

Indeks Berita

EURO 2020; Taklukkan Wales 4-0, Denmark Ke Perempat Final

Minggu, 27 Juni 2021 | Juni 27, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-06-27T14:44:47Z

 Euro 2020: Taklukkan Wales 4-0, Denmark ke perempat final

Pemain Denmark Martin Braithwaite merayakan gol keempat timnya saat mengalahkan Wales dalam pertandingan 16 Besar di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Belanda, 26 Juni 2021. (ANTARA/Pool via REUTERS/Koen Van Weel)

SPORT,-- Sudah sepatutnya Kasper Dolberg kembali ke tempat lamanya di Amsterdam yang menjadi tempat karir profesionalnya terbentuk, guna membawa Denmark ke perempat final Euro 2020 dengan menang 4-0 atas Wales.

Striker energik berusia 23 tahun dari Silkeborg itu mengawali posisi bermainnya di sayap kiri sebelum menemukan pijakannya di Ajax Amsterdam di bawah pengawasan asisten pelatih Ajax saat itu Dennis Bergkamp pada 2015.

Sementara gayanya sering dibandingkan dengan legenda Belanda lainnya, Marco van Basten, kemampuan Dolberg dalam menemukan ruang kosong di lini depan menggarisbawahi adanya pengaruh Bergkamp yang merupakan standar emas untuk para playmaker Belanda modern.

Kemampuannya dalam merancang permainan sekali lagi menjadi yang terdepan di Johan Cruijff Arena saat dia bermain satu dua antar lini yang rapi dengan Mikkel Damsgaard sebelum menggunakan dua pemain bertahan Wales sebagai perisai untuk melengkungkan bola ke sudut jauh.

Dolberg hampir menggandakan keunggulan dengan tendangan tumit tepat waktu yang dijinakkan oleh kiper Wales Danny Ward, namun kemudian menebus kesalahannya saat memanfaatkan kesalahan bek Wales Neco Williams untuk mencetak gol dari jarak dekat.

Turun sebagai starter pertamanya dalam turnamen ini setelah Yussuf Poulsen absen karena cedera, Dolberg seketika berubah menjadi titik fokus serangan Denmark yang membuat pelatih Kasper Hjulmand pusing menyeleksi pemain untuk perempat final nanti.

Ketika timnya sudah di atas angin melawan The Dragons, Dolberg diganti pada menit ke-69 dan mendapatkan tepuk tangan nan riuh dari ribuan penggemar Denmark yang menempuh perjalanan tandang pertamanya dalam turnamen itu setelah tiga pertandingan dilangsungkan di Copenhagen.

"Saya sebenarnya tidak tahu bagaimana perasaan saya. Ini sungguh gila," kata Dolberg yang merengkuh satu gelar liga bersama Ajax sebelum bergabung dengan Nice pada 2019.

"Di sinilah semuanya berawal untuk saya, dan bermain di sini lagi dalam suasana ini adalah amatlah gila," kata dia kepada stasiun televisi Denmark DR.

(Selanjutnya...CHRISTINSEN YANG SERBABISA)

Denmark tuntas dengan kemenangan meyakinkan nan layak setelah membendung badai serangan Wales pada 20 menit pertama pertandingan tersebut.

Mereka awalnya kesulitan mengendalikan laga dan dipaksa beralih dari sistem 3-4-3 andalan Hjulmand menjadi sistem empat bek sehingga mendorong bek Andreas Christensen sebagai gelandang bertahan guna mendukung duet Pierre-Emile Hojbjerg dan Thomas Delaney.

Christensen masuk dengan mudah di lini tengah saat Denmark meningkatkan tempo dalam merangsek ke depan, ketika sang bek juga cepat kembali ke belakang untuk menyelamatkan lini pertahanan Denmark dalam situasi bola mati.

"Kami mampu fleksibel. Segalanya berjalan tak sempurna selama pertandingan itu tetapi kami bertambah bagus dan itu hal yang sudah beberapa kali kami lakukan," kata Hjulmand seperti dikutip Reuters.

 

Pemain Denmark Joakim Maehle (kanan) melakukan selebrasi usai membobol gawang Wales pada pertandingan babak 16 Besar Kejuaraan Piala Eropa 2020 di Johan Cruijff ArenA, Amsterdam, Belanda, Sabtu (26/6/2021). Lumat Wales 4-0, Denmark melenggang ke babak perempat final Euro 2020. ANTARA FOTO/Olaf Kraak/Pool via REUTERS/wsj.

Bek sayap Joakim Maehle yang menjadi penerima manfaat lain dari sistem baru yang cair ini, mengubah kedudukan menjadi 3-0 pada saat-saat terakhir sebelum Braithwaite mencetak gol ketika Denmark membukukan tempat perempat final untuk pertama kalinya sejak 2004.

"Kepercayaan diri dan keberanian yang kami bawa adalah hal yang harus kami bawa lebih jauh," kata Maehle kepada TV3. "Kami tidak mengkhawatirkan siapa yang akan kami hadapi. Kami fokus kepada diri sendiri dan kualitas kami." (*)


Antara

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update