Melirik Peluang Ekspor Beras Organik Di Kecamatan Lembang Pinrang

Peluang Ekspor; Beras Organik Di Kecamatan Lembang Pinrang 

PINRANG,--Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kab Pinrang, Andi Tjalo Kerrang mempresentasekan Peluang Usaha beras organik untuk produk eksport di Hotel Claro, Rabu(09/06/2021). 

Andi Tjalo saat melakukan presentase mengatakan bahwa Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang dari dulu telah melakukan budidaya padi organik pada dua desa di kecamatan lembang. 

"Secara strategis, Desa Letta dan Desa Rajang yang berada di pegunungan menjadi daerah yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat budidaya padi organik." jelas Andi Tjalo. 

Beliau juga menambahkan bahwa selain memiliki tanah yang subur, Desa Rajang dan Letta juga memiliki irigasi yang langsung bersumber dari mata air pegunungan yang belum tercemar/terkontaminasi oleh bahan kimia. 

"Petani di kedua desa itu masih melakukan budidaya padi secara tradisional. Mereka belum menerapkan cara-cara modern yang terkadang bersentuhan dengan proses kimia." Tambahnya. 

"Padi yang dihasilkan setelah panen, tidak dimasukkan dalam karung, tapi dalam bentuk lappo ase dan disimpan diatas plafon(rakkeang) dalam jumlah banyak yang merupakan tradisi turun temurun" tutup Andi Tjalo..(rls/har)