BREAKING NEWS

Loading...

Disparpora Pinrang Rekomendasi Dua Desa Ikuti Anugerah Desa Wisata 2021 Digelar Kemenparekraf RI

 

Pinrang Rekomendasi Dua Desa Ikuti Anugerah Desa Wisata 2021 Digelar Kemenparekraf RI  

PINRANG,--Anugerah Desa Wisata 2021 oleh Kemenparekraf untuk melibatkan semua desa se-Nusantara mulai berlangsung

Dimana Desa wisata atau rural tourism merupakan salah satu sektor pariwisata yang tengah digencarkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Kemenparekraf) RI.

“Alhamdulillah terdaftar dari Kabupaten Kota 161 usulan Desa Wisata untuk ikut lomba "Anugerah Desa Wisata 2021" oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga Uno” tulisnya, Jum’at (16/7/2021).

Informasi yang didapatkan di postingan instagram pribadi Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman setidaknya 161 desa wisata dari Kabupaten/Kota di Sulsel telah ikut terdaftar dan Penetapan juara di Bulan Desember 2021.

sebanyak 161 Usulan Desa Wisata Sulsel 2021 yakni diantaranya Sinjai 19, Enrekang 16, Bulukumba 14, Lutra 2, Wajo 8, Jeneponto 17, Gowa 5, Pangkep 10, Maros 18, Bantaeng 3, Barru 2, Lutim 4, Soppeng 1, Selayar 8, Takalar 1, Luwu 4, Torut 17, Toraja 4, Bone 2, Sidrap 3, Makassar 2, Palopo 1, Parepare 1, Sementara kabupaten Pinrang masih 0.

Dari 161 desa di Sulsel itu yang akan ikut lomba tersebut, hanya saja di Kabupaten Pinrang satu pun desa tidak mendaftarkan diri.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pinrang, Andi Suyuti dikonfirmasi redaksi Sahabat news mengungkapkan pihaknya telah mensosialisasikan terkait anugerah desa wisata tersebut ke seluruh pengelolah wisata di Kabupaten Pinrang.

"Sebenarnya sudah lama kami sosialisasikan Anugerah Desa Wisata 2021 oleh Kemenparekraf, pasalnya karena yang punya akun adalah desa untuk daftarkan diri,"

Lanjut," meski waktu pendaftaran masih ada waktu kami sudah mendaftar dan mendampingi desa masuk dalam anugerah desa wisata 2021, diantaranya desa di kecamatan Lembang pantai salopi desa Binanga karaeng dan salah satu pantai lowita di kecamatan Suppa menyusul untuk didaftar,".

"Tapi tadi kami komitmen dengan desa binanga karaeng dan langsung beliau bersedia dan siap di dampingi oleh dinas paspor termasuk camat lembang sangat antusias,"Bebernya.

Informasi yang dihimpun keterbukaan informasi Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pinrang, terkait pembentukan desa wisata  siap membantu, seperti menerbitkan SK desa wisata yang menjadi salah satu persyaratan utama untuk menginput di form aplikasi desa wisata. Bahkan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pinrang juga sudah mengajar cara menginput di aplikasi yg di download di playstore (JADESTA) jejaring desa wisata.(har/rls)

Penulis Haris

Editor Redaksi SNN.

Simak berikut video berita SNN.








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Disparpora Pinrang Rekomendasi Dua Desa Ikuti Anugerah Desa Wisata 2021 Digelar Kemenparekraf RI "

Posting Komentar