BREAKING NEWS

Loading...

Spanyol Ke Semi final, Melalui Gol Bunuh Diri, Kartu Merah Hingga Adu Pinalti

 Hasil Swiss vs Spanyol Babak Perempat Final Euro 2020

Sport – Hasil Swiss vs Spanyol di babak perempat final Euro 2020 berakhir dengan kemenangan bagi La Roja yang menang susah payah atas pasukan Swiss melalui gol bunuh diri, kartu merah hingga drama adu penalti.

Spanyol yang berhadapan melawan Swiss di babak perempat final Euro 2020 di Stadion Saint Petersburg pada hari Jumat (2/7) tadi malam, berhasil menang dengan skor 1-1 dan menang adu penalti 1-3, La Roja melaju ke babak semi final Piala Eropa.

Tembakan Jordi Alba yang berakhir dengan gol bunuh diri Denis Zakaria berhasil membobol gawang Swiss yang dijaga oleh Yann Sommer di awal babak pertama, Swiss harus kehilangan Breel Embolo karena cedera hamstring dan sepanjang 45 menit pertama ini bola sepenuhnya dikuasai oleh Spanyol, Xherdan Shaqiri dkk lebih banyak bertahan.

Di babak kedua Swiss bangkit dan sebuah gol dari Xherdan Shaqiri merubah kedudukan menjadi imbang 1-1, namun kartu merah Remo Freuler membuat mereka bermain hanya dengan 10 pemain. Spanyol gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dan harus melanjutkan laga hingga babak perpanjangan waktu.

Kiper Yann Sommer berperan besar mengamankan gawangnya sepanjang babak extra time dan memaksa pertandingan ditentukan melalui drama adu penalti!

Channel Gilabola di Youtube

Jalannya Pertandingan

Saat babak pertama baru juga berjalan 8 menit, Spanyol sudah berhasil unggul 1-0 melalui gol Jordi Alba. Sepak pojok Koke awalnya terlalu tinggi untuk digapai oleh Laporte dan jatuh ke kaki Alba. Ia melepaskan tendangan voli dan bola mengnai kaki Zakaria dan bola berbelok membuat Yann Sommer salah langkah!

Gol yang bisa dibilang dicetak melalui gol bunuh diri Zakaria ini adalah gol bunuh diri ke 10 di ajang Euro 2020, dan jika dibandingkan 15 edisi Piala Eropa sebelumnya digabungkan yang total hanya berjumlah 9 gol bunuh diri.

10 menit terakhir babak pertama Swiss baru mulai bermain menyerang, beberapa kali tekanan mereka sempat membuat pertahanan Spanyol kewalahan, namun tak ada gol tambahan yang tercipta hingga waktu turun minum.

Di babak kedua Swiss tampil lebih berani, mereka mulai bermain terbuka dan menyerang pertahanan Spanyol melalui serangan-serangan balik cepat. Peluang pertama mereka di menit ke-56 saat Rodriguez mengirimkan umpan silang dari sepak pojok dan Zakaria melompat lebih tinggi dari Olmo dan Ferran Torres, namun sundulannya masih melebar.

Kiper Spanyol Unai Simon mulai dibuat kewalahan oleh serangan cepat Swiss, Vargas memimpin serangan dan mengirimkan bola melewati Azpilicueta ke atrah Zuber dan dilanjutkan dengan tendangan ke arah gawang, Unai Simon berhasil menepis bola menjauh.

Perjuangan para pemain Swiss akhirnya terbayarkan di menit ke 68! Xherdan Shaqiri berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 usai blunder yang dilakukan oleh Laporte dan Pau Torres, Freuler dengan tidak egois mengirimkan bola ke Shaqiri di tengah kotak penalti, dan dengan sigap ia menegarahkan bola melewati SImon masuk gawang!

Sebuah kartu merah mengacaukan kebangkitan Swiss di menit ke 77 saat Freuler menerima kartu merah karena melanggar Moreno, wasit Michael Oliver langsung mengeluarkan kartu merah.

Unggul jumlah pemain membuat Spanyol tancap gas mengepung pertahanan Swiss, namun hingga waktu normal berakhir, skuad La ROja gagal memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dan harus melanjutkan laga ke babak perpanjangan waktu.

Babak Perpanjangan Waktu 

Di masa extra time pertama, kiper Yann Sommer benar-benar bekerja keras menggagalkan peluang Spanyol! Pertama tembakan keras ALba dari jarak jauh yang berhasil ditepis kiper Swiss ini, kemudian tembakan Moreno yang juga masih berhasil ditepis Sommer! Yann Sommer kembali menyelamatkan gawangnya saat Oyarzabal melepaskan tembakan on target!

Memasuki tambahan waktu kedua, waktu semakin sempit bagi Spanyol untuk menghindari adu penalti, namun mereka masih kesulitan membongkar pertahanan Swiss dan juga mengalahkan Sommer di gawangnya. Yann Sommer kembali kembali berperan besar menggagalkan semua tembakan dan sundulan on target Spanyol! Dan Swiss berhasil menahan Spanyol 1-1, laga ditentukan melalui babak adu penalti!

Hasil Adu Penalti Swiss vs Spanyol

  • 0-0 Sergio Busquets, Spanyol GAGAL! Membentur tiang
  • 1-0 Gavranovic, Swiss GOL
  • 1-1 Dani Olmo, Spanyol GOL!
  • 1-1 Schar, Swiss GAGAL! Ditepis Unai Simon!
  • 1-1 Rodri, SPanyol GAGAL! Ditepis Yann Sommer!
  • 1-1 Akanji, Swiss GAGAL! Ditepis Unai Simmon!
  • 1-2 Moreno, Spanyol GOL!
  • 1-2 Vargas, Swiss GAGAL! Bola Melambung!
  • 1-3 Oyarzabal, Spanyol GOL!

Akhirnya Spanyol menang dengan penuh perjuangan melawan Swiss, La Roja melaju ke babak semi final Euro 2020!

Susunan Pemain

  • TIMNAS SWISS (3-4-1-2): Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Silvan Widmer, Remo Freuler, Denis Zakaria, Steven Zuber; Xherdan Shaqiri; Breel Embolo, Haris Seferovic. Cadangan: Yvon Mvogo, Edimilson Fernandes, Djibril Sow, Gregor Kobel, Mario Gavranovic, Jordan Lotomba, Christian Fassnacht, Kevin Mbabu, Loris Benito, Ruben Vargas, Eray Comert, Fabian Schar.
  • TIMNAS SPANYOL (4-3-3): Unai Simon; Cesar Azpilicueta, Aymeric Laporte, Pau Torres, Jordi Alba; Koke, Sergio Busquets, Pedri; Ferran Torres, Alvaro Morata, Pablo Sarabia. Cadangan: Diego Llorente, Marcos Llorente, Mikel Oyarzabal, Robert Sanchez, Gerard Moreno, David de Gea, Thiago Alcantara, Rodrigo, Adama Traore, Eric Garcia, Jose Gaya, Dani Olmo.
Gilabola.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Spanyol Ke Semi final, Melalui Gol Bunuh Diri, Kartu Merah Hingga Adu Pinalti"

Posting Komentar