BREAKING NEWS

Loading...

Cetak Petani Cerdas, KMP UNM Gelar Workshop Green House, Ini Lokasinya

 

Cetak Petani Cerdas, KMP UNM Gelar Workshop Green House, Ini Lokasinya


PINRANG,--Kerukunan Mahasiswa Pinrang Universitas Negeri Makassar (KMP UNM) menggelar "Workshop Green House" di kantor Desa Bakaru pada Sabtu, 07 Agustus 2021.

Workshop green house merupakan bagian dari item kegiatan Abdi Bina Desa KMP UNM. Kegiatan ini hadir karena hasil dari advokasi Mahasiswa KMP UNM melihat mayoritas masyarakat Bakaru bermata pencaharian sebagai petani.

Kepala Desa Bakaru bapak Alimuddin mengatakan bahwa mayoritas masyarakat Bakaru merupakan petani.

"Hampir semua masyarakat Bakaru adalah petani jagung" paparnya.

Warga Desa Bakaru sangat antusias dalam menghadiri kegiatan ini. Hal itu dapat dibuktikan dengan padatnya warga yang ikut dalam kegiatan ini.

Monika Linda sebagai pemateri pada kegiatan workshop, banyak memberikan edukasi mengenai cara pembibitan hingga siap panen.

Melihat potensi ekonomi yang ditawarkan oleh tanaman jagung cukup tinggi, membuat masyarakat Desa Bakaru hanya berfokus pada tanaman jagung, sehingga tanaman sayuran yang lain masih kurang tumbuh di daerah ini.

"Masyarakat Desa Bakaru masih turun ke bawah untuk membeli sayuran karena mereka hanya terfokus pada tanaman jagung saja" ujar Bapak Alimuddin.

Sekertaris Umum Kerukunan Mahasiswa Pinrang (KMP UNM) Marwah Bahar sangat antusias untuk mengadakan kegiatan tersebut karena melihat potensi tanaman sayuran untuk tumbuh di desa ini sangat besar. Cuaca yang lembab dan suburnya tanah membuat tanaman di Desa Bakaru mudah untuk berkembang.

"Jika warga dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam sayuran, maka dapat memudahkan mereka tanpa harus ke desa lain untuk membeli sayuran. Dan jika hal ini dapat berkembang, tidak menutup kemungkinan bisa menjadi penghasilan baru bagi masyarakat". 

Selain memberikan edukasi kepada masyarakat, Mahasiswa KMP UNM juga membagikan bibit tanaman kepada masyarakat sebagai bahan untuk mengimplementasikan apa yang telah mereka dapatkan pada kegiatan tersebut. (ara)


Penulis : Ara

Editor : Redaksi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cetak Petani Cerdas, KMP UNM Gelar Workshop Green House, Ini Lokasinya"

Posting Komentar