A.Asrul Kepala Desa Millenial Inspiratif Yang Memajukan Desa Tertinggal

A.Asrul Kepala Desa Millenial Inspiratif Yang Memajukan Desa Tertinggal 

PINRANG,— Desa Tanra Tuo Kecamatan Cempa Kabupaten Pinrang, yang dulu Salah satu desa yang tertinggal, namun kini menjadi desa yang maju dan dikenal luas di Bumi Lasinrang. 

Hal ini karena usaha berkesinambungan dan sentuhan tangan dingin dari Andi Asrul sang kepala desa yang sangat berjasa dalam masa kepemimpinannya sejak dilantik 2016 silam.

 Desa kecil yang berada di kecamatan Cempa ini kini sudah memiliki banyak perubahan dan kemajuan semenjak terpilihnya Andi Asrul sebagai kepala desa.

Menurut penuturan kepala desa yang berusia 35 tahun itu dalam membangun perubahan dan kemajuan di desa itu tidaklah mudah dicapai.

 Dia mengisahkan, selama 5 tahun 10 bulan menjalani masa jabatan ini banyak kendala yang dihadapi dan banyak juga harapan yang telah diwujudkan. 

Diakuinya waktu 5 tahun lebih ini, masih banyak kegiatan yang belum terselesaikan karena butuh waktu yang cukup lama,

 “progres yang kami dapatkan sejak dilantik 2016 lalu, Desa ini masih Desa sangat tertinggal dan 2017 sudah dikenal secara nasional, dan tahun 2018, hingga 2020 sudah mulai menjadi Desa berkembang, jadi ada tiga kali tingkatan selama 5 tahun akan memimpin desa ini,” tutur Andi Asrul Kepala Desa Tanra Tuo. 

Berkat usaha dan kerja keras Kepala Desa A. Asrul serta sinergitas dengan seluruh lapisan masyarakat Desa Tanra Tuo dalam membangun perubahan dan kemajuan, Desa Tanra Tuo ini sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan.

Setidaknya kata Andi Asrul ada 10 Penghargaan yang didapatkan sejak 2016 diantaranya urutan empat terbaik memasukkan file tercepat di tahun 2016 dan urutan ketiga ditahun 2017, dan urutan kedua pada tahun 2018 hingga 2020. 

Selain itu ditahun 2017 Desa Tanra Tuo meraih penghargaan sebagai desa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, dan ditahun yang sama mendapatkan penghargaan Desa sanitasi berbasis kesehatan. 

Tahun 2020 Desa Tanra Tuo meraih predikat juara 1 lomba Desa tingkat kabupaten Pinrang dan tahun 2021 menerima Award dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang diselenggarakan di Jakarta, serta sebuah penghargaan 1 penghargaan pembinaan UMKM.

” Penghargaan itu adalah buah kerja keras dari sinergitas pemerintah dan warga Desa Tanra Tuo dan itulah wujud apresiasi yang kami persembahkan untuk desa yang kami cintai ini ” ujar Andi Asrul (kepala desa Tanra Tuo).

Andi Asrul menambahkan, jika perubahan dan kemajuan desa Tanra Tuo tidak lepas dari dukungan dan doa masyarakat.

“semua kami tidak bisa meraih dan mencapai semua ini tanpa dukungan dan doa dari masyarakat secara utuh. masyarakat sangat berantusias dan berterima kasih atas semua capaian yang kita dapatkan,” ucap Andi Asrul.

Pembangunan dan kemajuan desa Tanra Tuo tidak lepas dari komitmen sang kepala desa. Menurut Hj. Nasma salah satu warga desa Tanra Tuo, kepala desa Andi Asrul merupakan sosok pemimpin yang baik dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.

 “Menurut saya, sosok andi asrul, sang kepala desa, adalah sosok pemimpin yang bisa membangun desa, bisa menjadi contoh untuk kepala desa yang lain, dalam memimpin untuk menjadi desa yang juara dan menjadi desa yang terbaik” ucap Hj. Nasma.

Sementara Adi salah satu petani Millenial Pinrang mengatakan sosok Andi Asrul merupakan kepala desa yang memiliki wawasan dan kinerja baik dalam mengembangkan desa terutama mendukung peningkatan petani dan kesejahteraan masyarakat.

"A.Asrul beliau patut kembali Jabat kepala desa tanratuo, dan merupakan kepala desa Millenial yang kemampuannya tak diragukan lagi, insyaallah kami yakin beliau bisa menang, kami sudah melihat kinerja beliau"Doanya.(Har/Rls).




Simak berikut video berita SNN.













Post a Comment

Lebih baru Lebih lama