Civitas SMAN 1 Pinrang Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Penuh Hikmah Kebersamaan

Civitas SMAN 1 Pinrang Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Penuh Hikmah Kebersamaan


PINRANG,-- Mayoritas kaum muslimin di seluruh dunia selalu memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam (SAW), atau yang biasa disebut dengan Maulid Nabi. Civitas SMAN 1 Pinrang, menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu 6 November 2021.

Peringatan Maulid Nabi ini merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam beberapa waktu setelah Nabi Muhammad wafat. Peringatan maulid adalah wadah syiar Islam agar kaum muslimin/ah bisa lebih tahu sejarah Nabi Muhammad SAW.

H.Muhammad Syukur Tolle kepala sekolah SMA Negeri 1 Pinrang mengatakan Melalui Maulid Nabi Muhammad SAW warga SMA Negeri 1 Pinrang selalu hadir untuk mewujudkan Pembinaan Mental generasi muda (peserta didik SMA Negeri 1 Pinrang).

"Tiap momentum peringatan maulid nabi Muhammad SAW civitas SMAN 1 Pinrang tidak pernah Absen melaksanakan peringatan maulid Nabi,dan Hari Besar Islam lainnya,"kata H.Muhammad Syukur Tolle kepsek, SMA Negeri 1 Pinrang.

Tak hanya itu kata H.Muhammad Syukur Tolle, setelah PTM terbatas juga civitas SMAN 1 Pinrang melaksanakan literasi Al-Qur'an setiap hari Selasa dan Jum'at.

"Kami berharap punya ciri khas ke Islam sebagai bentuk menangkal berbagai permasalahan Sosial jadi sinergi Pembina Remos Abd Samad, beserta guru Agama SMA Negeri 1 Pinrang, dan melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, meskipun dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan karena masih Pandemi Covid 19 tetapi antusias untuk senantiasa bershalawat kepada Baginda Rasulullah Nabi Muhammad SAW, tidak akan pernah surut sesuai dengan visi misi SMA Negeri 1 Pinrang,"ungkapnya.

Sementara Pembawa hikmah maulid Ustad Sulaiman Ansar yang biasa dipanggil passongkok tanre e mengatakan mari kita memaknai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan meneladani apa yang di ajarkan beliau tentunya untuk mengambil maknanya dalam kehidupan sehari-hari.

"Diantaranya, nilai spiritual, dengan mengungkapkan kegembiraan terhadap kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan bentuk cerminan rasa cinta dan penghormatan kita terhadap Nabi pembawa Rahmat bagi seluruh alam,"tutur Ustad Sulaiman Ansar.

Lanjutnya, Hal ini sangat penting diperhatikan bagi orang yang menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi, terutama di Indonesia dan khususnya Kab Pinrang. 

"Sebaiknya, dengan memperingati Maulid Nabi, kita dapat memetik nilai-nilai positif dari sifat-sifat terpuji Nabi Muhammad SAW dan Maulid Nabi menjadi momentum bagi umat Islam pada umumnya dan warga SMA Negeri 1 Pinrang pada khususnya untuk mensyukuri kelahiran Nabi Muhammad SAW. Selanjutnya ada nilai moral yang dapat dipetik dengan memahami akhlak terpuji dalam kisah teladan Nabi Muhammad SAW,"jelasnya.

Dari pantauan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW berlangsung di SMAN 1 Pinrang dihadiri oleh Pengawas Pembina bapak Djasman Tanreso dan Darmawanita SMA Negeri 1 Pinrang, meskipun demikian tidak mengurangi Hikmah kebersamaan dan silaturahmi. Dan berlangsung dengan menerapkan protokoler kesehatan dalam mencegah penyebaran covid19.(Hms/rls).

Simak berikut video berita SNN.











Post a Comment

Lebih baru Lebih lama