-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita


TIPS MEDSOS; Cara Gratis Analisis Followers di Instagram

Jumat, 09 September 2022 | September 09, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-09T02:04:13Z

 

ILUSTRASI

TIPS; Cara Gratis Analisis Followers di Instagram


Cara melihat insight Instagram – Siapa sih yang enggak kenal sama sosial media yang mengutamakan tampilan foto dan video ini? Hampir semua pengguna smartphone memiliki aplikasi Instagram di genggamannya. Ada yang bagi-bagi foto selfie dengan gaya sama beda baju doang, ada yang bikin akun demi kepo sama gebetan dan ada juga yang menggendutkan rekening.

 

Mari kita fokus ke penggendutan rekening melalui Instagram. Beberapa pakar mengatakan content is a King. Artinya sebanyak apapun konten yang dibuat, tapi kalau enggak sesuai dengan minat followers dan pelanggan buat apa? Buat menggiring mereka untuk skip semua postingan? Sedih rasanya

 

Bikin konten sampai harus kursus bikin feed yang ciamik eh ternyata diabaikan. Meski ga berdarah, rasanya tuh jleb. Salah satu cara analisis konten yang disukai followers atau pelanggan adalah memanfaatkan insight di Instagram. Gratis dan Mudah.

 

Biar dibantuin analisis sama Instagram cara pertama adalah alihkan akun pribadi jadi akun Instagram bisnis atau profesional. Setelah dialihkan jadi akun bisnis, jangan lupa profilnya dibuat cakep biar pelanggan bahagia. Kalau udah jadi, tungguin dulu selama minimal satu minggu, kalau mau lebih oke bisa satu bulan. Nungguinnya jangan sambil bengong kakak.

 

Sambil menanti insight Instagram terisi, manfaatkanlah dengan membuat konten yang berbeda-beda. Jangan bikin doang lalu disimpen enggak di upload. Ya sama aja seperti menabur garam di lautan alias sia-sia Masfufah!
Bikin konten ya diupload, sematkan juga hastag pendukung postingan. Jangan sampai konten tentang fashion lalu hastagnya peninggi, penguat dan lainnya itu yang sukanya spam di kolom komentar. Ranyambung.

 

Setelah seminggu…

Tara! sudah ada angka-angka menghiasi dalam insight Instagram untuk akun kita. Letaknya di profil-klik tiga garis pojok kanan atas-insight. Yuk kita bahas satu persatu cara melihat insight Instagram sampai habiiss.

 

Content
Overview

Angka yang muncul di sini menunjukkan berapa banyak story dan posts di feed yang kamu upload selama satu minggu ke belakang. Ada keterangan tanggalnya yang memudahkan untuk analisis.

Tampilan insight instagram

 

Manfaatkan fitur stories

Stories

Saat ini Instagram stories lagi hangat-hangatnya. Memanfaatkan fitur ini adalah pilihan yang tepat. Beda dengan feed, Instagram stories akan otomatis hilang setelah 24 jam. Tampak stories yang dibuat dan ada angka di bagian bawah. Angka-angka itu mewakili jumlah akun yang sudah melihat storiesmu.

Ada tulisan ‘See All’ berwarna biru coba deh diklik. Tampak stories lebih banyak. Selain itu, kamu bisa memilih jenis interaksi dari followers seperti share, reply, exit dari stories yang kamu buat. Caranya tinggal klik menu dropdown filter di bagian atas. Menu dropdown sebelahnya untuk membuat filter waktu selama 24 jam, 7 hari hingga 14 hari ke belakang. Canggih ya.

 

Posts

Tampilan feed diurutkan dari yang viewnya paling tinggi ke yang paling rendah. Dari sini bisa terlihat postingan mana yang menjangkau banyak followers, yang disukai dan yang membuat pengguna instagram follow akunmu. Sama dengan stories, juga ada tulisan ‘See All’ berwarna biru yang fungsinya sama, menampilkan lebih banyak konten.

 

Bedanya dengan stories, menu dropdown filter posts ada tiga kategori. Pertama jenis posts yaitu foto, video, carousel atau lainnya. Berikutnya jangka waktu posts lebih panjang. Kamu bisa melihat interaksi postingan hingga 2 tahun ke belakang. Terakhir interaksi, kamu bisa melihat tindakan yang melihat posts seperti follow, komentar, dan berbagi.

 

Promotion

Insight dari konten yang kamu iklankan bisa dilihat di bagian ini. Kamu bisa melihat insight iklan yang sedang berjalan dan yang sudah berlalu menjadi debu eh. Dari insight iklan ini bisa dipakai untuk pertimbangan konten yang cocok diiklankan.

 

Activity
Discovery

Insight ini menampilkan berapa banyak akun yang melihat postinganmu. Jangka waktunya satu minggu ke belakang. Setelah angka discovery akan ada reach dan impressions. Reach ini artinya estimasi akun unik yang melihat kontenmu baik itu stories maupun posts. Ingat ya reach itu angka estimasi jadi bisa aja mendekati angka itu atau melebihi.

jumlah kunjungan profil instagram

Klik di bagian grafik akan muncul angka

 

Berikutnya Impressions menampilkan total kontenmu yang dilihat dalam waktu satu minggu. Baik reach maupun impressions ada perbandingan dengan minggu sebelumnya, jadi kamu bisa menganalisis apakah lebih banyak, sama atau lebih sedikit.

 

Interactions

Angka besar di bawah tulisan interactions itu adalah total interaksi profile visits (kunjungan profil), website clicks (klik website) dan get direction clicks (klik petunjuk lokasi). Jangka waktu interactions ini satu minggu ke belakang dan ada perbandingan angka dengan minggu sebelumnya di masing-masing interaksi. Untung yang ngerjain Instagram, kalo kita bisa bisa enggak tidur selama seminggu nih buat ngitung hihihi.

insight instagram

Tampilan grafik sebelum diklik

Audience

 

 

Kolom terakhir ini bisa dibilang menguliti followers. Bagian paling atas jumlah followersmu sampai angka terakhir, untuk followers tinggi biasanya hanya ditampilkan dengan K atau M untuk mewakili ribuan dan jutaan. Buat yang followersnya di bawah 10.000 biasanya akan ditampilkan sampai angka terakhir.

followers instagram

Klik di grafik akan muncul grafik tambahan

 
Growth

Grafik ini bukan buat pemanis aja biar keliatan kece, Ndro. Bagian growth ini menampilkan jumlah akun yang follow dan unfollow. Tentunya dalam waktu seminggu. Kamu bisa melihat konten apa aja dalam seminggu dan secara harian. Klik aja di bagian grafik, nanti akan muncul garis bantuan lagi warna merah, hijau sama biru. Merah mewakili yang unfollow, hijau yang follow dan biru selisih di antara kalian follow dan unfollow.

 
Top Location

Bagian ini menampilkan 5 lokasi tertinggi followers dari segi kota dan negara. Psikologi masyarakat di masing-masing daerah berbeda, kamu bisa memanfaatkan data ini untuk membuat konten yang sesuai dengan followers. Kalau followersmu banyak yang berlokasi di kota besar yaa jangan bikin konten tentang cara menangkap jangkrik di sawah. Sungguh konten yang tidak bermanfaat.

 
Range

Instagram mengelompokkan followers berdasarkan usia. Di bagian ini kamu bisa melihat usia followers dan menyesuaikan konten dengan mereka. Ingat ya Malih, bikin konten yang sesuai usia. Konten dewasa ya buat dewasa jangan bocah dikasih konten kekerasan nantik mamaknya disayat-sayat kan bahaya bisa masuk tipi bagian kriminal.

 
Gender

Apa bedanya wanita dan pria? Banyaaakk dari hal sederhana menyebutkan warna sampai cara milih baju yang dipakai dua gender ini oh sungguh berbeda. Kalau di kamus kaum adam hanya ada merah, di kamus kaum hawa ada merah bata, maroon, sampai merah merona. Lagi dan lagi kontennya menyesuaikan siapa followersnya yaa.

insight instagram

Jumlah followers aktif pada hari kamis

 
Followers

Grafik ini menampilkan waktu followers yang sedang aktif menggunakan Instagram. Bisa dilihat berdasarkan jam mulai dari jam 12 dini hari hingga 9 malam. Sekadar informasi tambahan, AM (ante meridiem) menunjukkan waktu sebelum tengah siang. Sedangkan PM (post meridiem) menunjukkan waktu setelah tengah siang.

Sekarang sudah tau kan cara melihat insight Instagram? Selamat melihat insight Instagram dan menggunakannya untuk menghasilkan konten-konten yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Sampai jumpa di tulisanku berikutnya. Semoga Instagram makin ramah bagi penggunanya uwuwu.

 

SUMBER:https://icaontheway.com/

×
Berita Terbaru Update