-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita


BBM Naik!! Pemuda pinrang ubah Sampah Plastik Jadi Bbm

Senin, 17 Oktober 2022 | Oktober 17, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-17T14:15:07Z

 Ket. Ali Imran Pegiat Bank Sampah, Yusuf Penemu mesin pengubah sampah pelastik menjadi BBM


Bbm Naik!! Pemuda Pinrang Ubah Sampah Plastik Jadi Bbm



PINRANG,– Ditengah langka nya bahan bakar minyak (BBM) dan harganya yang terus meningkat memberikan dampak yang sangat besar terhadap kehidupan masyarakat. Namun berbeda dengan Yusuf, Pemuda asal Pinrang yang memiliki gagasan untuk mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM). 



Ide kreatif ini dimulainya sejak tahun 2017, berawal dari keresahannya melihat sampah plastik yang ada di lingkungan sekitar terutama di wilayah pesisir.



Awalnya Teknologi ini masih dibuat dalam bentuk sederhana karena keterbatasan biaya, namun setelah dilakukan pendalaman informasi dan riset. 



Teknologi ini kemudian dikembangkan bersama ke-3 rekan nya yaitu Asrul, Akbar dan Syafriman melalui kompetisi Program Kreatif Mahasiswa (PKM) karsa cipta, gagasan ini akhirnya mendapat kesempatan untuk ditampilkan pada Pekan Ilmah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2018 di Yogyakarta.



Berbagai tahapan uji coba dilakukan untuk mengetahui kemampuan alat dalam mengolah sampah plastik, besaran volume yang dihasilkan serta jenis bahan bakar yang dihasilkan. 



Proses pengolahan yang diterapkan pada teknologi ini menggunakan metode destilasi atau penyulingan. Sampah yang ada didalam tabung reaktor di panaskan dengan suhu tinggi sehingga menghasilkan uap lalu diubah menjadi cairan melalui proses Kondensasi.



“Pada dasarnya sampah plastik bisa diubah menjadi bahan bakar minyak (BBM) karena plastik itu bahan dasarnya adalah Minyak Bumi. Jadi melalui teknologi ini secara sederhana kita hanya perlu mengembalikan sampah plastik ke wujud asalnya saja.” ujar Yusuf



Teknologi ini mulai di perkenalkan ke lingkungan masyarakat sejak tahun 2018 di Dusun Kuri Caddi – Kabupaten Maros, Kota Makassar dan Pulau Kapoposang – Kabupaten Pangkep. 



Di Kabupaten Pinrang juga akan diperkenalkan Bersama dengan Bank Sampah Peduli Pinrang, ini bisa menjadi terobosan baru juga dalam mengelolah sampah plastik yang ada di Bank Sampah menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM).



saat ini, Alat pengubah sampah plastik menjadi BBM ini mampu mengolah beberapa jenis sampah plastik untuk menghasilkan bahan bakar minyak setara Bensin, Minyak Tanah dan Solar. 



Setiap sampah plastik akan menghasilkan jenis bahan bakar yang berbeda tergantung tipenya seperti HDPE, LDPE, PET dll. Alat ini mampu menghasilkan bahan bakar sebanyak 600 – 700 ml/Kg Sampah Plastik. Proses pembakaran yang sempurna pada alat ini mampu memaksimalkan perubahan plastik menjadi minyak. 



Plastik pada dasarnya memang mengandung sedikitnya 70% minyak sehingga semakin efektif proses pirolisis yang diterapkan alat maka hasilnya akan lebih baik. 

Mesin pengubah sampah pelastik jadi BBM bisa menggunakan surya panel dan listrik


“Alat ini aman untuk digunakan karena sudah dilakukan uji kebocoran alat, Uji efektifitas alat dan Uji Kandungan bahan bakar minyak (BBM), sehingga tidak ditemukan lagi karsinogen berbahaya pada alat” Tutur nya.



Ali Topan Pendiri Bank Sampah Induk Pinrang, saya kenal Yusuf sejak tahun 2021 awal bertemu kami di kegiatan penanaman mangrove di Dusun Tanroe, Desa Bababinanga, Kec. Duampanua disini kami tau ternyata anak Pinrang banyak berpartisipasi, kami hanya memberikan semangat supaya penemuan nya di kembangkan lagi untuk hal sampah yang sekarang orang menganggap ini masalah besar padahal kalau diolah akan menjadi berkah.



Ali Imran Direktur Bank Unit HM THAMRIN FARM dan Rumah Kompos Bungi saat bertemu di Bank Sampah Induk Peduli Pinrang menyampaikan ayo semangat berbuat untuk Pinrang persoalan kekecewaan yang kemarin kita anggap itu tantangan menuju kesuksesan. 



"Insyallah Kolaborasi untuk solusi sampah, guna memperhatikan serta dampak di timbulkan sampah. Kita pasti bisa buktikan  masih jalan ayo Yusuf kita bangkit bersama," pungkasnya.(Rls/Ali).



Simak berikut video snn.






×
Berita Terbaru Update