-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Iklan

Fakta Fakta Nasu Palekko, Olahan Daging Bebek Legendaris dari Pinrang. Sekali coba, gak bisa berhenti!

Senin, 10 Oktober 2022 | Oktober 10, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-10T12:12:49Z

Fakta Fakta Nasu Palekko, Olahan Daging Bebek Legendaris dari Pinrang. Sekali coba, gak bisa berhenti!



KULINER,-- Nasu Palekko Berasal dari suku Bugis, nasu palekko merupakan kuliner khas masyarakat Bugis yang kini masih lestari. Nasu palekko adalah tumisan daging bebek dengan bumbu khas yang bercita rasa pedas dan gurih bahkan di goreng pun terasa nikmat di campur dengan olahan rempa rempa pilihan.



Berawal dari ketidak sengajaan, kini nasu palekko menjadi kuliner yang wajib dicicipi saat ke Makassar khususnya jika berkunjung ke kabupaten Pinrang tepatnya di D,Nifah BbeQ jalan beruang kecamatan Watang Sawitto kabupaten Pinrang 



Seperti apa nasu palekko itu, dilangsir idm Food,? Yuk simak faktanya berikut ini.



1. Nasu palekko berasal dari Sulawesi Selatan suku Bugis, Nasu palekko merupakan olahan daging bebek khas Sulawesi Selatan. Tepatnya berada di Pinrang, Sidrap, dan sekitarnya. Dalam membuat nasu palekko, hampir semua bagian dari bebek digunakan sebagai bahannya. Memiliki cita rasa pedas gurih yang nikmat, hidangan daging dari Makassar ini sangat mirip dengan rica-rica khas Jawa. 




2. Berawal dari ketidak sengajaan

nasu palekko Nasu palekko sudah lama dikenal masyarakat Bugis Makassar. Berawal dari para petani yang ingin membuat makan siang dari daging bebek, akhirnya terciptalah nasu palekko yang jadi favorit dan digemari hingga kini.



Dalam bahasa Makassar,/Bugis "nasu" memiliki arti bebek sedangkan "palekko" adalah alat masak dari batu yang digunakan membuat sajian daging ini. Meski kini palekko sudah tak banyak digunakan, tapi hidangan daging ini tetap bertahan dan menjadi kuliner trasisional khas Makassar. 




3. Bumbu dan cara membuatnya mudah Nikmat disantap bersama nasi hangat, daging palekko dimasak bersama bumbu sederhana yang terdiri dari bawang, kunyit, cabai, lengkuas, daun salam, dan merica. Meski tak banyak bumbu, rasa dari daging palekko ini bakal menggoyang lidahmu.



Apalagi, daging bebek sudah dipotong kecil-kecil sehingga membuat penikmatnya juga lebih mudah untuk menyantap sajian satu ini. Proses membuat nasu palekko juga tak lama, jadi cukup praktis untuk menu makan sehari-hari di rumah. 



4. Ada palekko ayam juga yang sama lezatnya Meski resep aslinya menggunakan daging bebek, bahan nasu palekko kini banyak dikreasikan dengan daging ayam. Selain harganya lebih murah, daging ayam juga cenderung lebih empuk dan mudah didapat. Meski dibuat dari daging ayam, rasa nasu palekko tak kalah lezat karena bumbu dan rempah yang digunakan sama seperti nasu palekko pada umumnya. 



5. Nasu Palekko digemari Anak-anak hingga orang dewasa karena memiliki rasa khas tak hanya itu masyarakat bugis menikmati nasi Palekko ketika memasuki Masa panen dan Nasu Palekko sangat cocok di santap saat musim hujan dengan pedas khas Rasa dan khasiatnya.



6. Nasu palekko dijual dengan sistem made by order Bila ingin mencicipi nasu palekko khas Bugis Makassar, ada ciri-ciri rumah makan yang harus dipahami karena terbuat dari bebek atau itik yang harganya lebih mahal dari ayam.  Kebanyakan restoran atau tempat makan menjual nasu palekko secara made by order.



Jadi nasu palekko akan dimasak setelah orderan dari pembeli masuk. Terkenal dengan rasanya yang pedas, nasu palekko dinilai pas bagi lidah orang Indonesia. Tak heran, jika olahan daging bebek ini jadi favorit wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan Tepatnya berada di Pinrang, Sidrap, dan sekitarnya . Kamu juga penasaran ingin coba, gak?..


Ket foto: D, Nifah BbeQ FC Jalan berjuang Kota kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan.

Anda Bisa berkunjung ke Sulawesi Selatan Mampir di beberapa warung bebek di kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan salah satunya di D,Nifah BbeQ jalan beruang kecamatan Watang Sawitto kabupaten Pinrang dengan nuansa konsep Outdoor natural dan menyajikan beberapa menu masakan tradisional hingga kekinian. Cek juga di www.dnifahbbeq.online. (rls/Har).


Simak berikut video snn.











×
Berita Terbaru Update