-->

Notification

×

Indeks Berita

Jejak Cerita; Loko Tau Aliran Sungai Bawah Tanah kawasan karts Batulappa Pinrang

Senin, 28 November 2022 | November 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-28T03:49:37Z

 Jejak Cerita; Loko Tau Aliran Sungai Bawah Tanah kawasan karts Batulappa Pinrang




PINRANG,--Loko Tau Aliran Sungai Bawah Tanah Menyimpan Banyak Cerita Yang Belum Terjamaah, Explorer Loko Tau (Gua Orang),gua ini   masih di kawasan karts Batulappa berada sebelah Barat Loko Madingin .

Loko Tau merupakan gua dengan aliran sungai di dalam tanah ,pintu mulut gua merupakan aliran sungai yang keluar dari dalam gua mempunyai diameter mulut gua berukuran besar.



Jika ditelusuri di pintu gua langsung turun ke sungai dengan kedalaman 1,5meter ,lebar sungai 5 meter, sungai ini membentuk lorong masuk di sisi kanan kiri terdapat banyak ornamen gua,stalaktik,stalakmit,gorden,pilar dan mutiara gua.



Berjalan sejauh 300 meter kedalam terdapat endapan tanah ,pasir dan kerikil ,sebuah tempat istirahat bagi penelusur loko tau,sebelum memilih lorong mana yang akan di telusuri.



Dari sini terdapat tiga lorong utama  kiri,lurus dan kanan ,lorong pertama sebelah kiri dengan medan tanah lumpur,sungai kecil,kotoran kalelawar,menjadi tantangan bagi penelusur




Di lorong ini semua ornamen sangat menajubkan hingga medan yang kadang memaksa kita harus tiarap ,jongkok,untuk menelusuri hingga kedalam namun lorong sebelah kanan ini buntu di ujung lorong terdapat air terjun  dari atap gua namun debit air tidak besar .



Lorong kedua lurus menanjak dengan aula raksasa di atasnya terdapat pintu keluar di ujung lorong namun penelusur harus berhati hati di karenakan medan licin dan ada akses harus menggunakan webbing untuk meyebrang , lalu menanjak hingga ke pintu keluar gua ,disini juga ratusan kalelawar mendiami atap atap gua .



Untuk lorong ketiga sebelah kanan penelusur harus melintasi  sebuah kolam alam dengan atap gua dan air hanya ada ruang 1 meter ,jika memilih lorong ini penelusur meyiapkan tali sepanjang 20 meter untuk meyeberangi kolam alam dengan air dingin dan sangat dalam sebaiknya menggunakan pelampung



Usai menyebrang kolam terdapat lorong gua seperti terowongan disini ornamen ornamen gua sangat menajubkan bahkan banyak tumbuhan gua unik karena tidak menerima cahanya matahari sehingga tumbuhanya tumbuh dengan warna putih bahkan transparan.



Makin kedalam penelusuran membuat makin penasaran para penikmat kegelapan di ujung lorong ini ada dua akses keluar satu ke arah kanan naik ke kebun dan lurus lagi keluar ke persawahan warga.




Gua Tau inilah yang sering di kunjungi warga ,penggiat alam bebas ,dan pelajar,namun hanya lorong pertama sebelah kiri yang sering di telusuri manusia, dua lorong lainya jarang di telusuri dikarenakan medan yang extream.




Loko Tau ini juga pernah di jadikan tempat persembuyian sementara warga di zaman pemberontakan meyelamatkan diri dari para pemberontak cikal bakal penamaan gua ini menjadi Loko Tau (Gua Orang).(rls/faz)



Penulis : Fauzan 

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update