-->

Notification

×

Indeks Berita

Waspada, Nama Ketua DPRD Pinrang Dicatut Penipu Online, Ketahui Ini Modus Penipuan WhatsApp yang Marak

Rabu, 02 November 2022 | November 02, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-02T05:10:28Z
Ilustrasi 


Waspada, Nama Ketua DPRD Pinrang Dicatut Penipu Online, Ketahui Ini Modus Penipuan WhatsApp yang Marak



Modus penipuan muncul dalam beragam cara. Karenanya, penting mengetahui ragam jenis modus penipuan via WhatsApp agar Anda tidak menjadi korban selanjutnya. 



PINRANG, -- Tindak kejahatan bermodus penipuan sangat meresahkan masyarakat pengguna teknologi digital. Setelah SMS, kini para penipu beraksi menggunakan aplikasi WhatsApp.



Hal tersebut di rasakan langsung H.Muhtadin ketua DPRD kabupaten Pinrang dalam halaman media sosialnya menyampaikan adanya oknum yang menggunakan namanya untuk melakukan dugaan penipuan.

Ket foto,: identitas Nomor penipuan yang menggunakan identitas Muhtadin Ketua DPRD kabupaten Pinrang 


" Jika ada yang mengatasnamakan saya dengan memakai nomor dibawah ini atau nomor lain, menghubungi atau meminta bantuan atau apapun itu, Mohon tidak ditanggapi. Itu oknum yg tdk bertanggungjawab...krn sdh ada beberapa teman/sahabat yg sudah dihubungi...🙏🙏🙏"Tulis Akun Facebook Muhtadin 



dikutip dari CNN Indonesia, Melalui beragam kasus penipuan melalui aplikasi WhatsApp dan Motif penipuannya bermacam-macam, mulai dari meminta uang, pengambilalihan akun WhatsApp, penawaran hadiah, menang kuis, hingga mengaku dari pihak bank bahkan meminta bantuan dan sejenisnya 



Para penipu lihai menggunakan trik untuk mengelabui korban, misalnya menggunakan foto tertentu, tata bahasa yang tak lazim namun berusaha meyakinkan, dan lain sebagainya.



Modus penipuan WhatsApp ini muncul dalam banyak bentuk dan mungkin saja bervariasi seiring waktu.



Karenanya, penting bagi Anda mengenali ragam jenis modus penipuan WhatsApp yang dapat menjebak pengguna agar Anda tidak menjadi korban dari penipuan digital selanjutnya.



Modus penipuan whatsapp minta kode OTP pakai tulisan india


1. Modus Penipuan Klik Link

Jika Anda pernah mendapat pesan WhatsApp dari nomor tidak dikenal yang berisi pesan dan tautan tertentu, jangan pernah mencoba mengetuk tautan tersebut jika tidak ingin akun WhatsApp Anda dibajak orang lain atau data pribadi Anda disalahgunakan.



Hindari juga mengetuk tautan yang dikirim oleh kerabat dan grup jika isi pesan tidak jelas dan mencurigakan. Anda tidak pernah tahu apakah akun WhatsApp tersebut milik teman Anda atau telah diambil alih seseorang.



2. Modus Penipuan Minta Tolong

Modus jenis ini sedang marak dalam beberapa bulan terakhir.


Penipu menggunakan foto dan biodata teman atau orang yang Anda kenal, kemudian mengirim pesan orang-orang terdekat meminta tolong dipinjamkan uang dengan bermacam alasan.


Untuk mencegahnya, Anda bisa mencari kejelasan dari sumber tepercaya atau orang yang Anda kenal.



Jika merasa aneh dan tak logis sebaiknya langsung blokir dan laporkan kontak tersebut. Jangan membalasnya dan memberi ruang penipu untuk memperdaya Anda.



3. Modus Penipuan WhatsApp Kode OTP

Kode OTP salah satu jenis modus penipuan WhatsApp yang sering terjadi dengan metode pengelabuan yang bermacam-macam.



Modus yang digunakan pelaku biasanya mengaku-ngaku salah kirim pesan dengan meminta Anda mengirim kode 6 digit khusus di kotak pesan ponsel yang memang dikirim khusus pelaku ke nomor Anda.



Jika Anda memberikan kode OTP yang diminta maka ucapkan selamat tinggal pada akun WhatsApp Anda.



Bahaya lainnya adalah data pribadi Anda seperti rekening bank, kartu kredit, serta KTP bisa dimanfaatkan pelaku untuk tindak kejahatan yang merugikan diri Anda.




4. Modus Penipuan Atas Nama Bank

Modus penipuan WhatsApp yang terakhir adalah modus penipuan mengatasnamakan bank.


Penipu biasanya mengirim pesan dan memberitahukan bahwa Anda menang undian bank atau meminta Anda melakukan pembaruan data pribadi.



Tujuan pelaku adalah ingin mendapatkan akses pin, password, dan username yang biasa Anda gunakan untuk bertransaksi perbankan online.



Agar tidak tertipu, segera blokir dan laporkan nomor WhatsApp penipu. Jika penipu menghubungi Anda via telepon WhatsApp matikan saja telepon tersebut dan tidak perlu menanggapi.


Jika ragu, periksa ulang dengan menghubungi nomor resmi bank tempat Anda membuka rekening(rls/Har).



Simak berikut video snn.




Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update