-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Iklan

Nasu Palekko, Primadona Kuliner Tahun Baru Khas Bugis, Ayoo Ke Pinrang Ke Warung Cafe BbeQ

Sabtu, 31 Desember 2022 | Desember 31, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-31T03:01:39Z

Nasu Palekko, Primadona Kuliner Tahun Baru Khas Bugis, Ke Pinrang Ke Warung Cafe BbeQ 




PINRANG,--Di Sulawesi Selatan, ada aneka kuliner khas yang cukup populer, yaitu nasu palekko. Menu masakan khas nasu palekko yang berbahan dasar itik ini terkenal di kalangan masyarakat suku Bugis, 





khususnya di Kabupaten Pinrang dan Sidrap. Panganan ini selalu disajikan sebagai menu berlebaran dan Paling Hits Dicari saat malam tahun baru.


Meski pedas dan bisa membuat telinga memerah karena menggunakan cabai yang cukup banyak, masyarakat setempat tetap menggandrunginya. 




Nasu palekko biasanya disantap bersama burasa atau ketupat sebagai pengganti nasi. Selain itu, biasanya disiapkan pula bajabu yang terbuat dari kelapa parut sangrai.


Nasu palekko merupakan daging bebek yang dipotong-potong kecil. Bisa disebut juga dengan itik cincang.




Itik yang akan dijadikan nasu palekko bisa jenis itik alabio dan juga itik manila yang ukurannya lebih besar dibandingkan itik alabio atau itik biasa.


 Nasu palekko merupakan istilah dari bahasa Bugis yang terdiri dari dua kata, yakni nasu artinya masakan dan palekko artinya panci tanah liat. 




Namun, seiring perkembangan perlengkapan rumah tangga, menu itik pedas ini tidak lagi dimasak dengan menggunakan panci atau tungku berbahan tanah liat, tetapi menggunakan panci aluminium ataupun stainless. Untuk proses pembuatannya, daging bebek yang sudah disembelih dan dikuliti, kemudian dibakar di atas perapian hingga semua bulu-bulu halusnya hilang.




Setelah dipotong-potong kecil dan dicuci bersih, potongan daging itik itu diberikan asam jawa atau jeruk nipis untuk menghilangkan bau khas itik. Bumbunya terdiri atas cabai, bawang merah, bawang putih, jahe, sereh, garam, dan asam dari irisan mangga yang sudah dikeringkan.


Setelah bumbu digiling halus, lalu dicampur dengan potongan daging itik, kemudian dimasukkan dalam penggorengan atau wajan. Selanjutnya, diaduk hingga matang untuk disajikan.




Nah Ingin Mencoba Nasu Palekko Di malam tahun baru, jika anda ke kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan bisa berkunjung ke Warung dan Cafe BBEQ jalan berjuang kecamatan Watang Sawitto kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan (Sulsel)




“Harga perekornya cukup terjangkau, untuk di Warung Cafe BbeQ dengan harga ,85 Ribu - 95 Ribuan, Untuk ber 4-5 orang plus Nasi tambahan kerupuk jawa, sopnya, tak hanya itu anda juga bisa menikmati minuman seperti kopi es tea dan lainnya,”kata Wahyu karyawan Cafe warung BbeQ.(Har/rls)


×
Berita Terbaru Update