-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Iklan

Pemkab Tanatoraja Kaji Banding Program 5 Pilar Di Desa Tanratuo Cempa

Rabu, 21 Desember 2022 | Desember 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-21T08:01:11Z

Pemkab Tanatoraja Kaji Banding Program 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat di Desa Tanratuo Cempa 




PINRANG, --Tim pemerintah Dinas kesehatan kabupaten Tana Toraja melaksanakan Kaji banding Langsung di Desa Tanratuo Kecamatan Cempa kabupaten Pinrang, terkait Program 5 PILAR (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).



Kegiatan yang dihadiri Unsur pemerintahan kecamatan Cempa, Dinas Kesehatan kabupaten Pinrang, Dan perangkat desa tanratuo, Babinsa, bhabinkamtibmas Serta tokoh masyarakat desa tanratuo.



Diketahui, Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah satu Program Nasional di bidang sanitasi yang bersifat lintas sektoral. Program ini telah dicanangkan pada bulan Agustus 2008 oleh Menteri Kesehatan RI. 



STBM merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Strategi Nasional STBM diatur pada Kepmenkes No 3 tahun 2014.



Strategi ini menjadi acuan bagi petugas kesehatan dan instansi yang terkait dalam penyusunan, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi terkait dengan sanitasi total berbasis masyarakat.



"Kami mengapresiasi atas pencapaian desa tanratuo atas prestasi Nasional,Program 5 PILAR (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), melalui itu kami dinas kesehatan Tana Toraja khususnya kecamatan Makale, siap mengadopsi tentunya hasilnya kami akan  bawa pulang hasil Kaji banding Langsung dari Desa Tanratuo Kecamatan Cempa "Ungkap Sekcam Makale, Abigae Misal Ayu,M.Si. saat memberikan sambutannya.




Lanjutnya Mewakili Pemerintah kabupaten Tana Toraja mengucapkan terima kasih atas penyambutan kepada jajaran perangkat pemerintahan kecamatan Cempa khususnya perangkat dan masyarakat desa tanratuo.




Dimana Desa Tanra Tuo merupakan salah satu desa/kelurahan di Kecamatan Cempa, Kabupaten Pinrang, provinsi Sulawesi Selatan yang di bawah nahkoda Andi Asrul. yang berhasil meraih Dua kali penghargaan di tingkat nasional yaitu Kabupaten/ Kota terbaik Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan kategori Demand Creation tahun 2022 dan Kabupaten/ Kota STBM Berkelanjutan. Penghargaan itu diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab. Pinrang drg. Dyah Puspita Dewi, M.Kes.




Sementara itu, Andi Asrul Kepala Desa Tanratuo mengatakan mengapresiasi atas kunjungan Tim pemerintah Dinas kesehatan kabupaten Tana Toraja terkait Kaji banding Langsung di Desa Tanratuo Kecamatan Cempa.




"Program Lima Pilar STBM berkelanjutan, dari hasil evaluasi, Sampai ke tingkatan nasional Sehingga pencapaian kami dapatkan. Sudah dua tahun desa tanratuo menerima penghargaan,Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dari sanitasi, pembangunan masyarakat, cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum, dan pengolahan sampah serta pengolahan limba air masyarakat,"terangnya



Tambahnya kata A.Asrul,"Ini Kunjungan pertama di desa kami Terkait program  Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dan Khususnya desa tanratuo memperdayakan masyarakat Berbasis Umkm khusus unggas, kita sudah melakukan kerjasama dengan pihak Bosowa, Dan kedepannya Perencanaan rumah pusat oleh-oleh khusus produk UMKM di desa tanratuo,"tandasnya 




Tim kaji banding pemerintah kabupaten Tana Toraja berkesempatan bertukar pikiran dan melihat langsung secara sistematis dan berkonsultasi langsung untuk program kesehatan yang di jalankan Desa Tanratuo yakni Program 5 PILAR (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dan dilanjutkan foto bersama Pemerintahan kecamatan Cempa.(Har/rls)


×
Berita Terbaru Update