-->

Notification

×

Indeks Berita

Jemaah Pesantren Persulukan Thariqat Naqsyabandiyah Jabal Qubis Perwakilan Pinrang Salurkan 1 Ekor Sapi Qurban

Jumat, 30 Juni 2023 | Juni 30, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-30T07:40:01Z

Jemaah Pesantren Persulukan Thariqat Naqsyabandiyah Jabal Qubis Perwakilan Pinrang Salurkan Ekor Sapi Untuk Di Qurban 



PINRANG,--Jemaah Pesantren Persulukan Thariqat Naqsyabandiyah Jabal Qubis perwakilan Sulawesi Selatan kabupaten Pinrang menyalurkan 1 ekor Sapi qurban. 



Pesantren Persulukan Thariqat Naqsyabandiyah Jabal Qubis Tanjung Morawa dalam Idul Adha 1444H Sembelih sebanyak 151 ekor sapi pada Qurban tahun ini, Kamis (29/6/2023).



Kegiatan penyembelihan hewan qurban merupakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan di Pesantren Persulukan Thariqat Naqsyabandiyah Jabal Qubis Tanjung Morawa, yang terhenti selama Pandemi COVID-19.


Sementara itu Jumadil jemaah perwakilan Sul-sel saat dikonfirmasi Jum'at 30 Juni 2023 mengatakan mengatakan sumbangan Sapi qurban dari Jemaah khususnya di kabupaten Pinrang menyalurkan hewan qurban untuk Pesantren Persulukan Thariqat Naqsyabandiyah Jabal Qubis. Dan nanti daging Lembu yang sudah disembelih akan di bagikan ke kaum dhuafa, warga kurang mampu.



"Alhamdulillah Jemaah Pesantren Persulukan Thariqat Naqsyabandiyah Jabal Qubis perwakilan Sulawesi Selatan sekitar 200an Santri dari beberapa daerah kabupaten kota di Sulawesi Selatan,"jelasnya.  




 Perlu diketahui di Kabupaten Pinrang memiliki tempat jemaah melakukan ibadah di BTN bumi Sawitto lestari Ex Malongi-longi tasokkoe kecamatan Watang Sawitto kabupaten Pinrang.



"Biasanya kami pengajian setia malam Selasa bersama jemaah  diajarkan thariqat, suluk merupakan sarana latihan bagi jamaah untuk meningkatkan keimanan dan pemahaman terhadap kajian Tasawuf,"terangnya.



Diketahui Pusat Pesantren Persulukan Thariqat Naqsyabandiyah Jabal Qubis Tanjung Morawa, Jln. Medan - Lubuk Pakam Km 18,5, Tanjung Morawa, Deli Serdang. yang dimulai dengan suluk selama 6 hari, Sholat Idul Adha, ditutup dengan penyembelihan kurban.



Terlihat beberapa lembu dari keseluruhan 151 ekor lembu yang akan disembelih oleh Pesantren Persulukan Thariqat Naqsyabandiyah Jabal Qubis Tanjung Morawa (IST)





Selain selalu membimbing jamaah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, Ayahanda Guru Mursyid Saidi Syekh H. Ghazali An-Naqsyabandi sebagai silsilah ke 36 selaku Guru besar Pesantren Persulukan Thariqat Naqsyabandiyah Jabal Qubis Tanjung Morawa juga tidak henti-hentinya mengajak jamaah untuk mengikis sifat pelit dan tidak peduli dengan sesama masyarakat di sekitarnya, yang salah satunya melalui kemauan untuk berkorban.


Mursyid Saidi Syekh H. Ghazali An-Naqsyabandi menambahkan Hasilnya tercermin dari banyaknya hewan qurban yang disembelih setelah sholat idul adha Nantinya daging kurban ini tidak hanya dibagikan kepada peserta kurban dan peserta suluk, tetapi juga dibagikan kepada masyarakat umum di sekitar Alkah Pusat.


"Keseluruhan hewan kurban yang akan disembelih telah mendapatkan pemeriksaan dari Dinas terkait, dinyatakan sehat dan tidak menunjukkan gejala klinis penyakit hewan menular, sehingga layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat" ujar Ayahanda Guru Mursyid.



Tambahnya,"Antusiasme jamaah untuk berkurban dan berbagi menunjukkan perilaku yang patut dicontoh masyarakat, dimana dalam kondisi ekonomi masyarakat yang belum pulih dari Pandemi COVID-19, jamaah masih mau menyisihkan sebagian rejekinya" tambahnya.



Lebih lanjut mengajak seluruh jamaah untuk meningkatkan jumlah hewan kurban pada tahun mendatang yang selain untuk mensyukuri rejeki Allah SWT, juga agar keberadaan jamaah suluk semakin dirasakan masyarakat.




"Jangan mengganggap berkurban akan mengurangi hartamu, tapi berkurban akan membersihkan hartamu, meningkatkan kecintaan Allah SWT kepadamu, dan membuka pintu-pintu rejekimu, selain meningkatkan kecintaan masyarakat di sekitarmu" pungkasnya.(rls/Har)


Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update