-->

Notification

×

Indeks Berita

Yayasan Masyarakat peduli Pinrang H.M.THAMRIN Gelar workshop Pengolahan Sampah Menjadi Pupuk Organik

Minggu, 25 Juni 2023 | Juni 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-25T12:39:35Z

Yayasan Masyarakat peduli Pinrang H.M.THAMRIN Gelar workshop Pengolahan Sampah Menjadi Pupuk Organik



PINRANG ,--Selesai dilaksanakan Workshop HM Thamrin di Farm Bungi, kec. Duampanua, Dengan mengangkat tema" pengolahan sampah dalam rangka pengendalian perubahan iklim, penguatan ketahanan pangan dan pengembangan tanaman organik" dan rangkaian hari lingkungan hidup Se Dunia oleh yayasan masyarakat peduli Pinrang disampaikan oleh ketua yayasan masyarakat peduli Pinrang bekerja sama HM Thamrin,Minggu 25 Juni 2023 Pukul 08:30 wita.



Hadir dikegiatan unsur pemerintahan kecamatan Duampanua camat Duampanua diwakili oleh Muhammad dirham mantan lurah Betteng kecamatan Lembang, hadir pak Bakri Polsek Duampanua, koramil.duampanua Nurdin,guru serta siswa SMAN 8 Pinrang, SMAN 3 pinrang, SMK 3 Pinrang, SMK Kaballangan, SMK Budi bangsa Pinrang ,Sar pinrang , umum lainnya se-kab Pinrang.


Koramil Duampanua bapak Nurdin Menyampaikan mendukung kegiatan ini yaitu pelatihan begitu penting dimana pengolahan sampah menjadi pupuk organik, ketahui pupuk kimia semakin langkah, untuk mendapatkannya perluh punya kelompok tani, kalau tidak akan susah mendapatkan pupuk. Pupuk organik tanah pun lebih subur.



Ditempat yang sama pak Bakri Polsek Duampanua juga mantan Polsek Lembang, menyampaikan mendukung kegiatan ini. Semoga bermanfaat bagi masyarakat, mampu sosialisasi dimasyarakat menjadi petani mandiri jangan masyarakat tergantung pada pupuk subsidi pemerintah, dengan adanya pengelolaan sampah tersebut.


Pemerintah kecamatan Duampanua bapak  Dirham juga mantan lurah Betteng kecamatan Lembang, menyampaikan Dirham atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada lembaga ini. Melaksanakan pengolahan sampah menjadi pupuk organik. dengan adanya workshop ini dpat memandirikan masyarakat dalam pembuatan pupuk mengingat pupuk langkah.  Sampah merupakan masalah. Bahkan setiap daerah dari suppa dan Lembang. khususnya Pinrang, Mengharap kepada semuanya ikuti kegiatan dengan baik. jangan terlalu berharap pada bantuan bersubsidi yang yang ada dipemerintah.


Dewan penasehat HM Thamrin,bapak Muslimin pendiri Sambutan arahan sekaligus membuka dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim.


kegiatan workshop pengolahan sampah menjadi pupuk organik resmi dibuka . Menyampaikan terimakasih kepada semuanya bapak camat atau mewakili , Polsek dan pak Koramil atas kehadiran yang merupakan Semua putra asli Lembang namun melaksanakan tugas di kecamatan Duampanua. dan peserta se-kab Pinrang, ucapan kepada pemuda kita Ali topan tokoh pahlawan sampah.


Pahlawan bukan hanya terlihat dari depan kita seorang menjabat pemerintah namun pahlawan yang hari ini adalah yang peduli pada lingkungan bukan hanya tinggi ilmu pengetahuan teknologi namun memiliki iptag iman untuk menjaga alam ini.



Sampah adalah masalah nasional. Dengan kegiatan workshop ini diharapkan menjadi salah satu alternatif solusi terhadap permasalahan permasalahan sampah khususnya di wilayah ini Lembang Duampanua dan umumnya kab Pinrang. 



Sudirman lanjut menyampaikan HM nama THAMRIN adalah nama almarhum bapak saya.  seorang tokoh pendidikan guru , memiliki cita cita besar harapan agar generasi muda cinta peduli lingkungan. Saat ini memberikan amanah melaksanakan didirikan yayasan HM Thamrin.



 sebelumnya  saya adalah seorang pensiunan seorang ASN Dulu pernah meraih penghargaan ke istana Satya lencana oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono semua awal dari tai sapi menghantarkan ke istana. Yang awal mula saya jalankan kegiatan peduli lingkungan dengan ciptakan produk organik ini dikira gila dan sebagainya. Namun tidak patah semangat terus terampil dan akhirnya diberikan perhatian dan perhargaan. 


Yang saat ini dilanjutkan oleh anaknya Fandi. Yang juga pernah belajar ke jepang 12 tahun khusus pertanian dan kembali ke kampung halamannya mengembangkan usaha HM THAMRIN farm sampau sekarang dan direktur BSU HM THAMRIN kakak ali imran penampilan gondrong penakluk pengolahan sampah memberikan tips dan trik dari motivator pengalaman didunia pengolahan sampah menjadi pupuk organik. Saya berharap kegiatan ini bukan hanya pada saat ini satu hari berharap dilanjutkan dan ada kegiatan praktek bagi peserta.



 Ditempat yang sama Ali topan juga seorang pendiri Bank sampah Pinrang kakinya bisa lumpuh tapi semangat untuk lingkungan tak kendor yang bisa disebut pemuda  pahlawan sampah  dan memberikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat peduli lingkungan, sesuai arahan dewan penasehat isnyallah kegiatan initerus berlanjut terus sosialisasi peduli lingkungan mengingat tersebar  isu video dari Sidrap bencana ektrim, adanya penggeseran tanah yang terancam di Enrekang, Toraja,dan Pinrang. 



 Kita juga harus memiliki kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan dengan mengelolah sampah , banyak yang tidak pedulikan ketahuilah bahwa dalam undang undang bahwa sampah masalah kita Bersama, kita harus sadar buang sampah bisa buat berdosa telah merusak lingkungan yang ada. Merusak alam dan semuanya. kita telah lama jalankan ini haruslah memang niat dari hati kita dan kita tidak lihat dari segi keuntungan banyak bertanya tanya akan sikap kegiatan ini lebih ke sosial saja, banyak teman usulkan kita akan upayakan juga menghasilkan. 


Ali topan,S.Pd lanjut menyampaikan ucapan terimakasih kepada semuanya yang sempat hadir n belajar bersama semoga ini bisa cinta lingkungan bukan semata mata manusianya , Manusi bisa menghianti tapi alam ini akan setia hingga akhir kehidupan kita. Kamu atas nama panitia pelaksana mohon maaf kalau ada salah dan kami siap sama-sama belajar ketika kami dibutuhkan....kaki bisa lumpuh tapi semangat ku tidak akan lumpuh ". Sudah saatnya Kita berubah menjadi agen perubahan lingkungan. terimakasih Alhamdulillah terlaksana kegiatan.


Semoga ilmunya Berkah bagaimana kemudian mengubah sampah ini menjadi hal yang berguna dan menjadi ladang Jariah bagi panitia dan peserta... Aamiin Yaa Rabbal Alamin.(rls/Thr)

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update