-->

Notification

×

Indeks Berita

Bunga Bangkai di Pinrang Mekar Lagi, Kini Tumbuh Lima Pohon

Senin, 10 Juli 2023 | Juli 10, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T03:26:02Z

Bunga Bangkai di Pinrang Mekar Lagi, Kini Tumbuh Lima Pohon



PINRANG,-- Bunga bangkai dengan nama latin Amorphophallus titanum Becc mekar di di dusun Kapa desa siwolong polong Ini adalah kali ketiga bunga bangkai tersebut mekar setelah pada tahun 2022 lalu.



Di lokasi bunga ini terlihat mekar sempurna pada pukul 09.30 WIB dengan beragam diameter Hampir sama dengan bunga yang sebelumnya mekar pada juli 2022 lalu, namun kini tumbuh sebanyak lima buah.



Dilangsir Pakar Temukan Virus Berusia 48.500 Tahun Masih Bisa MenginfeksiP eneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)Destri mengatakan,Saat ini, ada 11 nomor spesimen bunga bangkai yang ada di Kebun Raya Cibodas. Bunga jenis Amorpophallus titanum memiliki keunikannya sendiri selain bau bangkai yang khas.



Bunga ini memiliki perbungaan yang sangat besar dan bisa disebut sebagai the giant inflorescent in the world.

"Bentuk perbungaannya menjulang tinggi dengan tongkol atau spadiks yang dikelilingi oleh seludang bunga (spatha) yang saat mekar berwarna merah hati," tulis BRIN.



"Selain itu tanaman endemik Sumatra ini memiliki masa berbunga empat tahun sekali dengan 3 fase pertumbuhan yaitufase vegetative (berdaun), fase generative (berbunga) dan fase dorman (istirahat) sehingga menarik perhatian masyarakat saat tanaman ini berbunga." tulis BRIN mengakhiri.



Mey Warga di dusun Kapa desa siwolong polong kecamatan Mattiro sompe kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan saat dikonfirmasi Senin 10 Juli 2023 mengatakan membenarkan jika tumbuhan bunga bangkai itu tumbuh sebanyak 5 buah dan pernah tumbuh 1 buah di tahun 2022.



"Dulu pernah tumbuh satu sekarang sudah ada 5 buah, Semua sama namun berbeda tingkat pertumbuhannya,"terangnya.,(rls/har)



Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update