-->

Notification

×

Indeks Berita

Kabar Duka, Jemaah Haji Pinrang kloter 38 Meninggal Dunia Usai Wukuf, Ini Penjelasan Kasi Haji Kemenag

Selasa, 11 Juli 2023 | Juli 11, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-11T09:10:59Z

Kabar Duka, Jemaah Haji Pinrang kloter 38 Meninggal Dunia Usai Wukuf, Ini Penjelasan Kasi Haji Kemenag 




 PINRANG - Kabar duka kembali datang dari Tanah Suci. Mekkah Satu lagi jemaah haji asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, meninggal dunia di Makkah.Jemaah haji Kabupaten Pinrang kloter 38 itu bernama Abdul Samad Baco Alitta (80) warga Jalan Landak, Kelurahan Benteng Sawitto, Kecamatan Paleteang.



Kasi Haji dan Umrah Kemenag Pinrang, Muhammad Ihwan mengatakan, membenarkan adanya informasi tersebut..



"Inalillahi wa innailaihi Raji'un bapak Abdul Samad meninggal di RS King Faisal pada Sabtu (8/7/2023) pagi WAS. Almarhum sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit (RS) King Faisal, Makkah, Arab Saudi,"jelasnya



Lanjut dimana Abdul Samad Baco Alitta meninggal di RS King Faisal dengan memiliki riwayat kesehatan. 




"Menurut catatan kesehatan, ada riwayat gula rendah dan pernah tidak sadarkan diri," kata Ihwan Kasi Haji dan Umrah Kemenag Pinrang, Selasa (10/7/2023).


Ihwan mengungkapkan Abdul Samad merupakan jemaah Pinrang yang masuk kategori lansia.



"Beliau memiliki riwayat kesehatan dengan kondisi sakit punggung. Sehingga saat diberangkatkan ke Tanah Suci, almarhum menggunakan kursi roda untuk digunakan saat ibadah," tuturnya.


Dijelaskan, Abdul Samad merupakan salah satu jemaah yang di safari wukufkan. Safari wukuf ini diperuntukkan bagi jemaah  yang sakit atau uzur.




Safari wukuf bisa dilakukan bagi jemaah yang kondisi fisiknya tidak memungkinkan untuk melaksanakan rangkaian ibadah puncak secara mandiri. Setelah di safari wukufkan, Abdul Samad kembali ke hotel. Karena kondisi kesehatan menurun, Abdul Samad dilarikan ke rumah sakit.




" jemaah yang sakit atau uzur ini dibawa ke Arafah untuk wukuf dengan menggunakan ambulans atau bus khusus. Salah satunya almarhum Abdul Samad. Sampai di Arafah, mereka dipandu oleh pembimbing untuk khotbah wukuf,.Jadi almarhum sudah melaksanakan wukuf. InsyaAllah, haji beliau diterima oleh Allah SWT," pungkasnya.(rls/har)




Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update