-->

Notification

×

Indeks Berita

Realisasikan Program PK2UMK, Dinas Koperasi UKM Pinrang Sukses Adakan Peningkatan SDM Dan Digitalisasi UMKM

Jumat, 08 September 2023 | September 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-08T05:51:25Z

 




Realisasikan Program PK2UMK, Dinas Koperasi UKM Pinrang Sukses Adakan Peningkatan SDM Dan Digitalisasi UMKM





PINRANG,--Dinas Koperasi dan UKM, Kabupaten Pinrang menggelar Kegiatan Pemberdayaan Usaha Mikro Berbasis Digitalisasi UMKM pada Program PK2UMK DAK Non Fisik Tahun Anggaran 2023. Kegiatan itu berlangsung di MS. Hotel Jl. Sukawati Kabupaten Pinrang. diadakan pada tanggal 07 September s/d 09 September 2023.





Dihadiri Kabid pemberdayaan UMKM .Dra.Hj. Sumarni, dibuka resmi ketua Dekranasda Hj. A Sriwidiyati Irwan serta di hadiri beberapa pelaku UMKM kabupaten Pinrang. Peserta berjumlah 25 (dua puluh lima) orang dari berbagai Industri antara lain indusrti Pangan, Kerajinan, dan Perbengkelan yang ada di Kabupaten Pinrang.




Drs.Moh. Zainal Hafid Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Kabupaten Pinrang melalui Kabid pemberdayaan UMKM .Dra.Hj. Sumarni, juga Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Pemberdayaan Usaha Mikro Berbasis Digitalisasi UMKM pada Program PK2UMK DAK Non Fisik Tahun Anggaran 2023 menyampaikan dalam sambutannya ucapan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu dalam acara ini. 





"Kehadiran Bapak/Ibu saat ini sesungguhnya memberikan rasa bangga, sukacita dan merasa mendapatkan penghargaan tersendiri atas upaya dan usaha Panitia Penyelenggara mempersiapkan Kegiatan ini semenjak beberapa waktu yang lalu. Kegiatan ini berangkat dari suatu pemikiran yaitu mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil yang ada di wilayah Pemerintah Kabupaten Pinrang, untuk dapat eksis pada pasar modern saat ini dan yang akan datang," ungkapnya .





Selanjutnya Kabid pemberdayaan UMKM .Dra.Hj. Sumarni, juga menjelaskan Pemerintah Kabupaten Pinrang melalui Dinas Koperasi dan UKM seyogyanya telah memikirkan potensi-potensi sumber daya alam yang ada di Kabupaten Pinrang untuk digunakan sebagai komoditi andalan sebagi faktor pendukung bahan baku bagi para pelaku UMKM. 





"Oleh karena itu, kegiatan ini sendiri sejalan dengan prinsip "memanfaatkan apa yang ada di sekitar" yang sudah barang tentu berasaskan susteinebilitas. Selanjutnya untuk memperkuat Sumber Daya yang kita sudah Miliki saat ini, Kehadiran kita pada kegiatan ini adalah untuk bersama-sama memperdalam pengetahuan terkait DIGITALISASI sebagai aspek pendukung peningkatan daya jual produk UMKM, perlu diketahui bahwa perputaran ekonomi saat ini ada di sektor UMKM yang memiliki kontribusi yang begitu besar bagi pemerintah selama ini. Yang tumbuh dan tampaknya telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Kabupaten Pinrang,"terangnya.




 Kabid pemberdayaan UMKM .Dra.Hj. Sumarni, menambahkan Dimana Di era digital, pelaku usaha dituntut untuk dapat berinteraksi menggunakan infrastruktur digital dan menggunakan cara dan model bisnis berbasis digital. Transformasi digital mendorong proses bisnis organisasi berkembang dan dikelola berbasis digital. 






"Hal ini merupakan tantangan sekaligus kesempatan bagi pelaku usaha untuk menembus pasar dengan memotong jalur distribusi produk hingga ke konsumen. 

Salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan dan skill pelaku usaha adalah melalui Kegiatan Pemberdayaan Usaha Mikro Berbasis Digitalisasi UMKM pada Program PK2UMK DAK Non Fisik Tahun Anggaran 2023. Sasaran peserta adalah pemula di bidang wirausaha digital yang memiliki ide atau pada tahap awal menjalankan bisnis dengan sasaran utama pengembangan karakter wirausaha, ide dan produk bisnis dengan pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi),".






Dalam akhir sambutannya Kabid pemberdayaan UMKM .Dra.Hj. Sumarni,Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah Mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk dapat berinteraksi menggunakan infrastruktur digital dan menggunakan cara serta model bisnis berbasis digital.





" kegiatan ini diharapkan menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat serta Membudayakan semangat sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan di kalangan masyarakat yang mampu, handal, dan unggul,"tutupnya.





Hal Senada diungkapkan ketua Dekranasda Hj. A Sriwidiyati Irwan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Dinas Koperasi dan UKM, Kabupaten Pinrang menggelar Kegiatan Pemberdayaan Usaha Mikro Berbasis Digitalisasi UMKM.





"Kami sangat mendukung program Dinas Koperasi dan UKM, Kabupaten Pinrang menggelar Kegiatan Pemberdayaan Usaha Mikro Berbasis Digitalisasi UMKM dalam meningkatkan kualitas dan pengembangan UMKM yang ada di kabupaten Pinrang, tentunya Dekranasda sangat mengapresiasi kegiatan tersebut,"pungkasnya.(Har)




Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update