-->

Notification

×

Indeks Berita

Rektor Unhas dan Bupati Pinrang Resmikan PROYEK TRASH TRAP, Ini Lokasinya,!

Selasa, 19 September 2023 | September 19, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-19T12:43:03Z

Rektor Unhas dan Bupati Pinrang Resmikan Proyek Trash Trap, Ini Lokasinya,!



PINRANG,--- Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa bersama Bupati Pinrang Irwan Hamid meresmikan Preventing River Bound Plastic Project (Proyek Trash Trap) di kecamatan Lanrisang, Selasa (19/9/2023).



Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa dalam sambutannya mengingatkan bahaya pencemaran limbah plastik khususnya di sungai dan laut yang bisa merusak ekosistem dan berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Sampah Plastik menurut Prof. Jamaluddin Jompa membutuhkan waktu ratusan tahun untuk diurai oleh tanah,



" Atas ancaman itu, Unhas bekerjasama dengan Pemkab Pinrang membangun fasilitas Trash Trap ini agar mampu meminimalisir sampah plastik yang ada di sungai dan laut," ujar Rektor Unhas. 





Rektor Prof. Jamaluddin Jompa juga mengingatkan komitmen Unhas untuk membangun pendidikan Vokasi yang merupakan  pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan khususnya perikanan. Pendidikan Vokasi Unhas ini lanjutnya akan mampu menunjang SDM agar mampu mengembalikan kejayaan udang windu dan sektor perikanan di kabupaten Pinrang.




Sementara Bupati Pinrang Irwan Hamid menyampaikan apresiasi kepada Rektor Unhas dan jajaran yang selama ini banyak memberikan sumbangsih baik penelitian maupun proyek di kabupaten Pinrang. Salah satunya Trash Trap yang menurut Irwan Hamid akan mampu bernilai ekonomis karena dikeloh secara terpadu melalui TPSP3R,



" Terima Kasih pak Rektor atas sumbangsih ke kabupaten Pinrang baik berupa penelitian maupun proyek untuk peningkatan SDM, terutama Trash Trap ini yang mampu bernilai ekonomis melalui daur ulang melalui TPSP3R," Kata Bupati Irwan Hamid. 



Ketua tim ahli pencemaran plastik dan pengelolaan sampah pada proyek Trash Trap, Dr. Shinta Werorilangi mengungkapkan tujuan dari proyek Trash Trap di kecamatan Lanrisang ini untuk mencegah kebocoran sampah plastik dari sungai masuk ke lingkungan perairan laut.



 Kegiatan ini lanjut Shinta sudah dimulai sejak tahun 2021, dan untuk kabupaten Pinrang telah dibangun di badan sungai Kariango sebanyak 2 set Trash trap. Fasilitas Trash trap meliputi perahu boat untuk mengangkut sampah, pompa air, mesin press sampah plastik di TPS3R. 




Turut mendampingi Bupati Pinrang Kadis Perkim-LH Sudirman, Kadis Bimacipta A. Awaluddin Maramat, Kadis SDA-BK Muh. Djaenal, dan Camat Lanrisang Bachrum Syah. Sementara Rektor Unhas didampingi Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan perikanan Safruddin, S.Pi, MP.,PH.D, Tim Ahli Geoteknik Linkungan Fakultas Teknik Sipil Unhas Prof. Tri harianto, Tim ahli Educational Program FIKP Unhas Dr. Muh. Kurnia, Tim ahli pencemaran plastik dan pengelolaan sampah Dr. Shinta Werorilangi, Dr. Ahmad Faizal dan Dr. Wilma Moka.

.

.

.

Narasi : Udin

Foto : Gafur

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update