-->

Notification

×

Indeks Berita

Diskusi Publik Pemuda, Pemilu Dan Bela Negara DPD KNPI Sidrap Di Gelar

Senin, 09 Oktober 2023 | Oktober 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-09T00:20:02Z

KNPI SIDRAP, KNPI SULSEL, UNHAN RI, BAWASLU SIDRAP BERKUMPUL DI AULA KEMENAG SIDRAP, ADA APA?



SIDRAP - Dalam memperingati dan memeriahkan Hari Sumpah Pemuda 2023 DPD KNPI Sidrap menggelar kegiatan *Act Youth Month 2023* dengan Rangkaian Kegiatan *Diskusi Publik yang mengusung Tema Pemuda, Pemilu dan Bela Negara* yg digelar di aula Kemenag Pangkajene (7/10/2023).



Adapun Kegiatan ini menghadirkan Narasumber yang kompeten di bidangnya masing-masing, Seperti Marsekal Pertama TNI Andi Sutomo (Sekretaris LP2M UNHAN R.I), Agus Rasyid Butu (Sekretaris DPD KNPI Provinsi Sulawesi Selatan) dan Muhardin (Ketua Bawaslu Sidrap) serta dipandu oleh moderator Adiansyah Tayyeb (Sekretaris DPD KNPI Sidrap.



Yang dihadiri peserta dari unsur Himpunan Mahasiswa dari Kampus-kampus yang berada di Sidrap dan unsur Organisasi Kepemudaan yang bernaung di bawah KNPI Sidrap.



Dalam Sambutannya, Fadli Odding (ketua KNPI Sidrap) menyampaikan rasa terima kasih kepada UNHAN R.I, DPD KNPI Sulawesi Selatan, Bawaslu Sidrap, KPU Sidrap dan Kemenag Sidrap atas supportnya dalam menyukseskan kegiatan ini dan menyampaikan pikiran serta pengalaman dalam menatap dan menghadapi tahun politik 2024 mendatang.



Berkaca pada pengalaman Pemilu 2014 dan 2019 ada oknum suksesor yang menggunakan cara-cara kotor (menggunakan polarisasi negatif yang mengarah ke arah pembelahan komponen Rakyat, Bangsa dan Negara) dengan pendekatan Pertentangan.



Ditambah lagi Landscape politik kedepan akan mengalami perubahan besar karena sekarang era transisi dari pemilih baby boomers ke pemilih generasi milineal dan gen Z yang harus dijadikan kekuatan besar. 



Maka dari itu melalui kegiatan ini sekiranya Pemuda bisa mendapatkan ilmu pengetahuan tentang kepemiluan dan bela negara yang sejatinya menjadi modal dalam mendeteksi dini potensi-potensi polarisasi negatif dengan menggunakan pendekatan pertentangan dan menjadi filter sekaligus menjadi pencerah bagi Masyarakat Baik secara informasi, pikiran maupun Penggunaan dan pemanfaatan teknologi (Media Sosial dan Media Mindstream).



Sekaligus kegiatan ini merupakan kegiatan Pertama *Act Youth Month 2023 DPD KNPI Sidrap dan Insyaallah beberapa Minggu Kedepan Masih ada giat Kampanye Pelajar Anti Narkoba (Tingkat SMP) yg dikerjasamakan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap dan Edutainment "Peta Jalan Penanggulangan Narkoba di Sidenreng Rappang" kolaborasi KNPI Sidrap dengan Yayasan Mitra Husada dan Musika Sidrap serta Kegiatan Baksos Pemuda dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 2023*




usai sambutan Ketua KNPI Sidrap para Narasumber memaparkan pokok-pokok materinya Marsma TNI Andi Sutomo,Menjelaskan Kita Seharusnya banyak membiasakan diri dan terbiasa dengan perbedaan agar kita tidak mudah di Seret ke pemikiran dan pendekatan pertentangan selanjutnya Persatuan dan Keutuhan Rakyat, Bangsa dan Negara menjadi Prioritas utama jadi Pemuda diharapkan mampu hadir menjawab dan meminimalisir potensi polarisasi yang ke arah negatif baik secara kognitif, Penggunaan Teknologi dan Aksi.




"Kita Seharusnya banyak membiasakan dan terbiasa dengan perbedaan agar kita tidak mudah di Seret ke pemikiran dan pendekatan pertentangan.Persatuan dan Keutuhan Rakyat, Bangsa dan Negara menjadi Prioritas utama jadi Pemuda diharapkan mampu hadir menjawab dan meminimalisir potensi polarisasi yang ke arah negatif baik secara kognitif, Penggunaan Teknologi dan Aksi (Tindakan). Ujar Sekretaris LP2M UNHAN R.I."



Agus Rasyid Butu juga menyampaikan dalam menghadapi kontestasi pemilu ataupun pilpres, pemuda harus merubah peradigma tentang politik, pemuda harus ambil peran, tidak boleh pasif, apa lagi cuek,,, sudah saat pemuda jadi subjek dalam dunia demokrasi ini, mengingat persentasi kaum milenial dalam kontestasi mendatang ini sangat luar bisa, jadi sangat besar potensi kaum muda dalam menentukan hasil dan kualitas demomrasi kita kedepan.



"dalam menghadapi kontestasi pemilu ataupun pilpres, pemuda harus merubah peradigma tentang politik, pemuda harus ambil peran, tidak boleh pasif, apa lagi cuek,,, sudah saat pemuda jadi subjek dalam dunia demokrasi ini, mengingat persentasi kaum milenial dalam kontestasi mendatang ini sangat luar bisa, jadi sangat besar potensi kaum muda dalam menentukan hasil dan kualitas demomrasi kita kedepan,ungkap Sekretaris DPD KNPI Sulawesi Selatan)".



Dan terakhir Ketua Bawaslu Sidrap mengungkapkan Apresiasi positif untuk KNPI Kab. Sidenreng Rappang.  Deklarasi pemilu damai dan anti politik uang sebagai langkah maju dan komitmen pemuda Sidenreng Rappang yang akan terus mengawal pemilu maupun pemilihan yang berkualitas dan bermartabat. Pemuda sebagai stake holder penting dalam pemilu memiliki peran penting dan strategis sebagai generasi pelanjut. Pemilu sebagai pesta demokrasi sekaligus konflik yang terlembagakan, bukan menjadi ajang pemecahan belah, tetapi sebagai ajang persatuan. Disinilah henerasi muda sebagai asset bangsa mengambil peran. Baik sebagai penyelenggara pemilu, pemantau pemilu, peserta pemilu, maupun sebagai pemilih yang cerdas.



"Apresiasi positif untuk KNPI Kab. Sidenreng Rappang yang menggelorakan  Deklarasi pemilu damai dan anti politik uang sebagai langkah maju dan komitmen pemuda Sidenreng Rappang yang akan terus mengawal pemilu maupun pemilihan yang berkualitas dan bermartabat. Pemuda sebagai stake holder penting dalam pemilu memiliki peran penting dan strategis sebagai generasi pelanjut. Pemilu sebagai pesta demokrasi sekaligus konflik yang terlembagakan, bukan menjadi ajang pemecahan belah, tetapi sebagai ajang persatuan. Disinilah generasi muda sebagai asset bangsa mengambil peran. Baik sebagai penyelenggara pemilu, pemantau pemilu, peserta pemilu, maupun sebagai pemilih yang cerdas. Imbau Muhardi".



dalam kegiatan tersebut digelorakan pula Deklarasi Pemuda Cinta Pemilu Damai dan Menolak Politik Uang sebagai wujud Komitmen dalam menghadirkan Pemilu 2024 yang berkualitas.



Kegiatan berjalan sekitar kurang lebih tiga jam hingga acara resmi di tutup dengan melakukan dokumentasi bersama dan penyerahan cendera mata kepada Narasumber (*)

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update