-->

Notification

×

Indeks Berita

Kadis Disnakbun Pinrang; Program iSIKHNAS Efektif Tangani Kesehatan Hewan

Rabu, 15 November 2023 | November 15, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-27T13:32:16Z
Ket foto: Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Pinrang


 Kadis Disnakbun Pinrang; Program iSIKHNAS Efektif Tangani Kesehatan Hewan 



PINRANG,--Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Pinrang, Elvi Martina, menyebutkan, jika saat ini ada yang disebut iSIKHNAS untuk memantau kesehatan hewan.




Lebih jauh, Elvi menerangkan, iSIKHNAS itu sendiri merupakan sistem informasi kesehatan hewan Indonesia yang baru. iSIKHNAS menempatkan staf lapangan pada pusat sistem karena merekalah yang paling dekat dengan ternak, peternak, dan komunitasnya.




“Mereka mencatat berbagai kasus yang mereka lihat, beserta tindakan dan keputusan yang diambil, juga hasil akhir kasus tersebut secara cepat, sederhana, dan mudah disampaikan ke iSIKHNAS,” jelasnya, Rabu 15 November 2023.




Dijelaskan lebih lanjut, iSIKHNAS akan memadukan beberapa sistem penanganan informasi yang sudah ada, sehingga menjadikannya lebih efisien dan tersedia bagi lebih banyak pengguna. Perpaduan beragam sistem ini akan menjadikan datanya jauh lebih kuat dan semakin mendukung pekerjaan para pengambil keputusan di berbagai tingkatan.




Indonesia, kata dia, sudah memiliki beberapa sistem yang digunakan untuk mengelola data bagi berbagai tujuan tunggal, termasuk InfoLab untuk data laboratorium dan SIKHNAS versi awal untuk laporan penyakit di lapangan.




Namun, berbagai sistem tersebut kurang tangguh karena tidak saling terhubung. iSIKHNAS menyatukan sistem-sistem itu agar datanya dapat dikelola secara lebih efisien dan dibagikan kepada semua pemangku kepentingan.




“Data akan disediakan bagi pengguna yang berhak melalui beragam sarana seperti situs web iSIKHNAS atau melalui laporan, bagan, spreadsheet, dan peta yang dibuat oleh sistem dan dikirim melalui email atau SMS kepada staf yang memerlukannya,” tutupnya.(rls/Har)

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update