-->

Notification

×

Indeks Berita

Tekan Kasus Rabies, Disnakbun Pinrang Terus Atensi Pemberantasan Rabies

Selasa, 14 November 2023 | November 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-27T13:48:44Z

 


Tekan Kasus Rabies, Disnakbun Pinrang Terus Atensi Pemberantasan Rabies 





PINRANG,--Terkait upaya pemberantasan rabies di Sulsel, Kabupaten Pinrang rupanya masih unggul dari daerah lain. Bahkan hingga kini, masih menjadi pilot project untuk kasus pemberantasan rabies.




Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Pinrang, Elvi Martina, menyampaikan, jika pemberantasan rabies hingga saat ini masih menjadi atensi serius bagi pihaknya. Makanya di Pinrang sejauh ini, tercatat belum ada kasus kematian manusia yang disebabkan oleh rabies.




“Tahun 2016-2017 ada yang meninggal karena rabies. Dan mulai di 2018 hingga kini sekarang sudah zero kematan akbiat rabies. Dan tahun 2020 Pinrang jadi Pilot Project bahkan kita sudah terima piagam penghargaan untuk itu,” bebernya, Selasa 14 November 2023.




Elvi menuturkan, upaya untuk sampai kepada zero kasus kematian karena rabies memang tidak instan. Perlu kerja sama antar stakeholder. Pihaknya misalnya bersinergi dengan Dinas Kesehatan untuk dilakukan upaya bersama.




“Kami Disnakbun misalnya terus melakukan observasi juga vaksinasi terhadap hewan-hewan. Sementara Dinkes punya Puskesmas Rabies Center jika terjadi kasus penggigitan. Secara real time kami berkoordinasi termasuk dengan balai terkait,” imbuhnya.




Dengan kolaborasi bersama ini, kata dia, terciptalah satu data yang menjadi acuan bersama untuk bersinergi melakukan pemberantasan rabies di Kabupaten Pinrang.(Rls/har)

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update