-->

Notification

×

Indeks Berita

Unik, 32 Hektar Pohon Pelangi Hidup Di Batulappa Pinrang, Pohon Terindah Di Dunia

Minggu, 24 Desember 2023 | Desember 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-25T10:24:03Z

 


32 Hektar Pohon Pelangi Hidup Di Batulappa Pinrang, Pohon Terindah Di Dunia 







PINRANG ,--Tak cuma pelangi yang berwarna-warni, tapi ada pula sebuah pohon yang memiliki aneka warna. Karenanya ia sering disebut sebagai pohon pelangi.



Pohon pelangi merupakan endemik di Papua Nugini, Pulau Papua, Pulau Seram, Maluku, dan jawa. Anda yang berada di Pulau Sulawesi tak perlu kecewa jika ingin melihat pohon pelangi.


Daripada ke luar pulau, Anda bisa pergi ke Kawasan Hutan loreng desa Kassa kecamatan Batulappa kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan (sulsel), Nah jika Anda menggunakan Mobil harus menempuh perjalanan darat kurang lebih selama 1 jam  dan untuk motor sekitar 40 menit dari kota kabupaten Pinrang. untuk menyaksikan pohon pelangi 



Nah, Bagi Masyarakat Khususnya di kecamatan Batulappa kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan (Sulsel) mereka menyebutnya Pohon Loreng dalam bahasa latinnya  Eucalyptus deglupta atau yang lazim disebut pohon pelangi atau rainbow eucalyptus ini memiliki berbagai warna. 



Mulai dari merah, cokelat, kuning, hijau, biru, dan warna lainnya yang berada di akar hingga pucuk tertinggi pohon.



Rudi Salah satu penyuluh dari Balai kehutanan Kabupaten Pinrang saat di temui di lokasi Hipmi camp. Mengatakan Di kawasan hutan loreng kassa pohon loreng ini hanya tumbuh pesat di Sulawesi Selatan tepatnya di kecamatan Batulappa kabupaten Pinrang Dengan luar sekitar 32 hektar dengan ratusan pohon.



pohon dengan gradasi warna yang cantik ini tumbuh besar dan tinggi menjulang. Rata-rata batangnya bertambah tinggi 2 hingga 3 meter per tahun. Batang pohon pelangi tumbuh nyaris sangat tegak dengan permukaan kulit kayunya yang licin. Sedangkan daunnya memiliki aroma khas kayu putih ketika diremas.




Rudi juga mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh pengurus BPC HIPMI Pinrang  melaksanakan program kerja dengan bentuk kegiatan HIPMI camp dan talk show bertajuk konservasi hutan lindung yang berlokasi di hutan lindung kayu loreng Desa Kassa kecamatan Batulappa kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan (sulsel). Tanggal 23-24 Desember 2024.



"Program Hipmi Pinrang iniSangat di sambut baik oleh lapisan masyarakat di kecamatan Batulappa kabupaten Pinrang karena kegiatan yang dilakukan berbasis edukasi perhatian kepada pelestarian hutan dan potensi potensi yang ada di kecamatan Batulappa.,"terangnya




Informasi yang dihimpun dimana Kulit kayu dan batang pohon ini sering dijadikan bahan baku dalam industri bubur kertas atau pulp. Sementara itu batang kayunya bisa dijadikan bahan baku konstruksi bangunan.



Anda bisa menemukan pohon pelangi di hutan hujan dataran rendah dan hutan pegunungan rendah dengan ketinggian hingga 1.200 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisar 13 hingga 25 derajat Celcius.(rls/Har)


Simak berikut videonya;.









Pohon Eucalyptus Deglupta dapat mengeluarkan warna pelangi yang berasal dari tetesan getahnya. Pohon ini adalah satu-satunya spesies Eucalyptus yang ditemukan secara alami di belahan bumi utara. Penyebaran alaminya meliputi Britania Raya, Papua Nugini, Pulau Seram, Pulau Sulawesi dan Mindanao (Filipina). dailymail.co.uk



Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update