-->

Notification

×

Indeks Berita

Kelapa Sawit Pinrang Di Unggulkan Capai 741 Hektar, Dinas Perkebunan Pinrang Terus lakukan Pembinaan

Jumat, 01 Desember 2023 | Desember 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-01T07:10:21Z

 

741 Hektar Kelapa Sawit Di Pinrang Jadi Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Pinrang 




PINRANG,--Guna Meningkatkan Hasil Panen Untuk komodita Kelapa Sawit Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) akan mendorong Kelapa Sawit sebagai komoditas unggulan tambahan di Bumi Lasinrang. 




Menurut, Kepala Bidang Pengembangan Perkebunan Disnakbun Pinrang, Jabbar Ali, mengungkapkan, jika saat ini terdata ada seluas 741 hektar lawan sawit di Kabupaten Pinrang.




“Produksi kelapa sawit di kabupaten Pinrang Semakin meningkat, namun dari hasil 700 San hektar Kelapa Sawit tidak sampai separuh total lahan. Mungkin sekitar 300 hektar saja,” terang Jabbar saat di konfirmasi Sahabat News Net, kamis  30 November 2023.




Disebutkan di daerah lain perkebunan kelapa sawit itu banyak mendapat support dari sektor swasta. Sementara khususnya di kabupaten Pinrang, komoditas kepala sawit masih  di olah secara mandiri oleh masyarakat.





Maka dari itu, pihaknya memandang sawit sendiri merupakan salah satu komoditas yang sangat mungkin didorong untuk menjadi komoditi unggulan. Untuk itu perlu atensi khusus agar daya tariknya bisa menjadi idola bagi warga Pinrang.




“Sebetulnya mulai tahun ini, kita sudah coba melakukan edukasi tata kelola secara perlahan. Mulai dari proses pencarian, penanaman dan dengan target jangka panjang menghadirkan pabrik sawit skala kecil,” urainya.




Menurut Jabbar, atensi khusus untuk sawit memang harus dimulai dari hulu hingga hilir. Seperti sumber bibit, eksistensi kelompok petani sawit hingga kelembagaan para kelompoknya.




“Dengan tata kelola dan inventarisasi seluruh potensi sawit, itu akan menghasilkan data bagi kami. Dengan itu investor jika ada yang ingin masuk bisa melihat dengan detail seperti apa potensi sawit di Pinrang,” tandasnya.(rls/Har).

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update