-->

Notification

×

Indeks Berita

Ayo Ke Pinrang, Ini 27 Rekomendasi Wisata Untuk Liburan dan spot Instagramable

Sabtu, 23 Desember 2023 | Desember 23, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-23T05:40:02Z

Ayo Ke Pinrang, Ini 27 Rekomendasi Wisata Untuk Liburan Para Traveling 

PINRANG,-- Kabupaten Pinrang memiliki banyak rekomendasi tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi untuk liburan. Berikut rekomendasi objek wisata di Kabupaten Pinrang yang bisa jadi pilihan.

Pinrang merupakan salah satu daerah tingkat II di Provinsi Sulawesi Selatan. Mengutip website resmi Pemerintah Kabupaten Pinrang, tempat ini terletak 185 km dari Kota Makassar.

Jika kalian tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan, simak informasi selengkapnya berikut ini.


Tempat Wisata Di Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan 

Berikut 25 rekomendasi tempat wisata yang dirangkum Sahabat News Net dari berbagai sumber:

1. Pantai Salopi



Bagi sob snn yang ingin berwisata ke pantai, Pantai Salopi dapat menjadi tempat menarik untuk dikunjungi.

Pantai ini menyuguhkan keindahan Selat Makassar. Letaknya berada di Desa Binanga Kareang, Kecamatan Lembang. Berjarak sekitar 45 Km dari Pusat Kota Pinrang.

Di kala sore hari dapat menyaksikan panorama sunset yang indah. Pantai ini sangat terjaga kebersihannya dan tergolong eksotis. akan menemukan banyak pohon-pohon kepala yang menambah kesejukan saat bersantai di Pantai Salopi.

Bagi yang datang bersama keluarga atau rombongan, tak perlu khawatir mencari tempat berkumpul. Pasalnya, di tempat ini tersedia sejumlah fasilitas seperti Gazebo.

Selain itu, ada juga tempat bermain untuk anak-anak dan mushola untuk beribadah. Untuk urusan perut, terdapat kedai-kedai yang menyediakan aneka kuliner khas Salopi.

Sob snn hanya perlu menyediakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang. Biaya tiket tersebut terbilang murah dan terjangkau untuk menikmati pemandangan yang indah di Pantai Salopi.

Jalan untuk menuju pantai ini dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.


2. Pantai Lowita



Pantai Lowita menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer. Pantai ini menjadi primadona bagi masyarakat lokal maupun wisatawan dari luar Pinrang.

Berwisata ke pantai ini akan memanjakan mata sob snn dengan suasana alam yang memesona. Tiupan angin pantai sepoi-sepoi mampu menghilangkan kepenatan yang dirasakan.

Pinggiran pantai yang ditumbuhi pepohonan kelapa akan menambah estetika untuk mengabadikan momen liburan di pantai ini.

Pantai ini terletak di Desa Tassiwalie, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang. Jaraknya sekitar 28 kilometer dari Pusat Kota Pinrang.

Pengunjung yang datang akan dikenakan biaya tiket masuk. Tapi tidak perlu khawatir, tiket masuk ke kawasan wisata Pantai Lowita ini terbilang murah, hanya sekitar Rp 5.000 saja.

Bagi sob snn yang datang dari luar kota, tak perlu khawatir. Terdapat beberapa penginapan yang dapat disewa di sekitaran Pantai Lowita.


3. Pantai Menralo


Tak hanya panorama alam yang indah, tempat wisata ini menyediakan fasilitas lengkap. Membuat sob snn merasa nyaman dan puas kala berkunjung ke tempat ini.

Pantai Menralo atau dikenal juga dengan sebutan Menralo Beach and Resort. Tempat ini baru diresmikan pada bulan April 2022.

Lokasinya berada di Desa Wiringtasi, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang.

Pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 20.000 untuk orang dewasa, Rp 15.000 untuk anak-anak dan biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000.

Biaya tiket masuk ini sepadan dengan fasilitas lengkap yang tersedia. Terdapat 10 saung di bibir pantai. Uniknya setiap saung tersebut menggambarkan ciri khas setiap Desa di Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang.

Selain itu, juga tersedia lupa kolam air tawar di area sekitar pantai. Di kawasan pantai dikelilingi oleh hutan bambu yang biasanya dijadikan tempat jogging track dan dimanfaatkan untuk penyewaan ATV (all terrain Vehicle) sebesar Rp 50.000. dan fasilitas Villa.


4. Air Terjun Kali Jodoh



Wisata alam yang satu ini sangat hits di kalangan anak muda. Tempat ini menyajikan keindahan dan kesejukan air terjun yang masih terjaga.

Seperti namanya, sebagian orang meyakini wisatawan yang telah berkunjung ke air terjun ini akan menemukan jodoh. Mitos itulah yang membuat kalangan muda menyerbu untuk berwisata ke tempat ini.

Letaknya berada di Desa Betteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Cukup dengan membayar Rp 10.000, dapat menikmati segarnya air terjun dengan pemandangan pegunungan yang asri.


5. Air Terjun Birili


Air Terjun Birili merupakan objek wisata alam di Kabupaten Pinrang yang menjadi rekomendasi selanjutnya. Tempat wisata satu ini sangat ramai dikunjungi masyarakat lokal maupun wisatawan asing.

Dari pusat Kota Pinrang, dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 jam untuk tiba. Lokasinya berada di Desa Tapporang Batulappa, Kabupaten Pinrang.

Medan yang harus dilalui untuk sampai di Air Terjun Birili cukup menguji adrenalin. Tetapi semua akan terbayarkan dengan pesona alam yang memukau dan air terjun yang sejuk.


6. Air Terjun Karawa


Air Terjun Karawa berada di lokasi yang sama dengan air terjun Kali Jodoh. Yakni di Desa Betteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.

Udara segar dari pegunungan karawa ditambah pepohonan hijau di sekitarnya, menjadikan tempat ini sangat rekomended bagi yang ingin menikmati suasana yang alami dan sejuk.

Dengan membayar karcis Rp 5.000 per orang, detikers dapat menikmati keindahan air terjun karawa. Fasilitas yang disediakan di kawasan wisata ini juga cukup lengkap seperti toilet umum dan gazebo. Jika sob snn lapar tersedia tempat makan di sekitaran air terjun.


7. Air Terjun Sarambu



Wisata air terjun ini memiliki keindahan alam yang sangat cantik. Terdapat pemandangan bebatuan dan pohon-pohon di samping kiri kanannya yang dijamin akan memanjakan mata.

Saat menikmati pesona alam di tempat ini, disarankan untuk tetap berhati-hati. Mengapa? Karena permukaan Air Terjun Sarambu memiliki permukaan yang tidak datar sehingga dapat membuat mudah terjatuh atau terpeleset.

Apabila ingin berkunjung ke tempat ini Lokasinya berada di tengah-tengah perkebunan milik warga, di Desa Benteng Paremba, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Untuk harga masuk berkisar Rp 10.000- Rp 15.000. namun harga ini sewaktu-waktu dapat berubah.


8. Puncak Karomba


Dijuluki negeri di atas awan, bisa menikmati dinginnya kabut pagi yang menyelimuti seluruh kawasan Puncak Karomba.

Lokasinya berada di Desa Sali-sali, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Akses jalan untuk sampai ke puncak dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua dan roda empat.

Puncak Karomba akan memanjakan kita dengan fasilitas dan wahana yang unik seperti kolam villa dan jembatan gantung sebagai salah satu ikon di puncak ini untuk berswafoto.



9. Bukit Suppirang Buttu Toding



Selain Puncak Karomba, Bukit Suppirang Buttu Toding memiliki keindahan alam yang tak kalah cantik untuk dikunjungi saat berlibur.

Walaupun tempatnya yang begitu cantik, tetapi untuk sampai di bukit ini sob snn butuh tenaga ekstra. Pasalnya medan yang dilalui terbilang cukup terjal untuk pejalan kaki. Tetapi tenang, usaha sob snn akan terbayarkan ketika tiba di bukit suppirang.

Di atas Bukit Suppirang yang begitu tinggi, kalian akan disuguhkan pemandangan alam dibaluti awan putih sehingga serasa berada di atas awan. Jika ingin berkunjung, lokasinya berada di Desa Suppirang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang ya.


10. Rumah Adat Saoraja

Rumah Adat Saoraja, Pinrang Foto: Youtube

Rumah Adat Saoraja merupakan salah satu ikon wisata budaya yang terkenal di Kota Pinrang. Rumah adat ini adalah rumah Adat Suku Bugis.

Kayu ulin menjadi bahan utama pembuatan rumah adat ini. Uniknya, rumah adat ini tidak menggunakan paku sebagian perekat, melainkan dengan kayu atau besi. Ada 101 tiang untuk pembangunan rumah adat ini di mana setiap tiang beratnya mencapai 2 ton.

Lokasinya yang berada di tengah persawahan, cocok untuk dijadikan tempat berkumpul dan bersantai bersama teman-teman di kala masa libur. Cocok juga untuk berfoto-foto dan berselfie ria.

Jika sob snn tertarik berkunjung ke tempat ini, letaknya berada di Desa Sawito, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang.


11. Taman Patung Lasinrang



Taman Patung Lasinrang merupakan objek wisata bersejarah. Berbentuk monumen yang didedikasikan untuk mengenang sosok Pahlawan Lasinrang.

Taman ini berada di pusat taman kota, tepatnya di jalan Jendral Sudirman Poros Pinrang, Kecamatan Jaya Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang.

Suasana yang sejuk dan damai dapat dinikmati di taman ini. Biasanya para pengunjung dapat melakukan aktivitas jogging atapun hanya sekedar bersantai untuk menghabiskan sore hari di Taman Lasinrang.

12. Waterboom Pinrang

Waterboom Pinrang Foto: Pemkab Pinrang

Berkunjung ke Waterboom Pinrang bersama keluarga ataupun rekan dapat menjadi opsi yang menarik untuk menghabiskan masa liburan.

Waterboom ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Pinrang. Menikmati permainan wahana air di sini dijamin mampu menghilangkan rasa penat. Terdapat empat buah kolam untuk dewasa dan anak-anak, ada air Tumpah Silindir, dan Desaider serta Flying fox.

Tempat ini buka setiap hari mulai jam 06.00-17.00 wita. Tarif masuk sebesar Rp 20.000 per orang dan pada hari libur sebesar Rp 25.000 per orang.

Jika sob snn ingin berkunjung, letaknya berada di jalan Basuki Rahmat, Desa Macorawalie, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang.


13. Pemandian Air Panas Lemo Susu



Selain Pemandian Air Panas Sulili, ada juga pemandian air panas lainnya di Kabupaten Pinrang yaitu Pemandian Air Panas Lemo Susu. Suasana di sekitarnya terasa sejuk dengan bunga-bunga bertebaran serta pepohonan yang rindang.

Di kala tubuh terasa letih, berendam di kolam air panas lemo susu dapat membuat badan rileks. Di tempat ini sob snn dapat menikmati pemandangan deretan gunung yang semakin menambah keindahan dan estetikanya.

Tempat wisata ini menyediakan kolam mini, 3 perosotan sepanjang 6 meter yang dimanfaatkan untuk bermain anak. Saat ingin masuk ke tempat ini sob snn dikenakan biaya masuk Rp 10.000 per orang.

Untuk sampai ke tempat pemandian akan melewati pembangkit listrik tenaga air ( PLTA). Letak di Desa Betteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.


14. Pemandian Air Panas Sulili


Pemandian Air Panas Sulili merupakan objek wisata air yang mengadopsi konsep waterboom. Uniknya air panas di waterboom.

Air panas di permandian ini mengandung belerang, sehingga dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal. Karena konsepnya yang unik menjadikan tempat ini ikon wisata favorit bagi masyarakat Pinrang.

Adapun harga tiket masuk ke waterboom ini, untuk pengunjung dewasa sebesar Rp 15.000, untuk anak-anak sebesar Rp 10.000. Berlokasi di desa Mamaminasae, Kecamatan Paleteang, Kabupaten Pinrang.


15. Air Terjun Kaba-Kaba



Bagi sob snn  yang suka trip pemandangan alam, air terjun Kaba-Kaba menjadi rekomendasi yang wajib dikunjungi. Untuk sampai di objek wisata air terjun ini, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Kota Pinrang.

Di tempat ini bisa menikmati sensasi alam yang indah dengan hamparan air terjun yang sejuk. Dijamin sob snn tidak akan menyesal jika datang ke tempat ini.

Karena lokasinya di tengah hutan, banyak pengunjung jalan kaki untuk sampai ke tempat ini. Tetapi jika tak ingin berjalan kaki detikers juga bisa menggunakan kendaraan motor atau Mobil Off-Road. Lokasinya berada di Desa Rajang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.


16. Air Terjun Latta Pitu





Rekomendasi selanjutnya adalah Air Terjun Latta Pitu. Nama air terjun ini berasal dari bahasa Bugis yang artinya 7 susun atau 7 lapisan. Sesuai dengan namanya, air terjun Latta Pitu ini memiliki 7 tingkatan.

7 Tingkatan air terjun tersebut terbentuk secara alami, sehingga keindahannya pun tak kalah cantik dengan air terjun lainnya yang ada di Kabupaten Pinrang.

Bila berkunjung ke tempat ini sob snn dapat menikmati segarnya udara yang masih asri dan pesona alam yang begitu memukau.

Untuk sampai ke lokasi ini medannya cukup menantang. Tetapi tidak perlu khawatir medannya masih ditempuh menggunakan kendaraan pribadi motor atau mobil.

Fasilitas yang tersedia di area air Terjun Latta Pitu terbilang cukup memadai, seperti area parkir yang luas, Mushala, kamar mandi bahkan tersedia penginapan untuk sob snn yang ingin menginap.

Destinasi wisata ini terletak di Desa Rajang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Jika kalian ingin berkunjung, objek wisata ini mulai buka pada jam 6.00- 18.00 wita setiap hari. Harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.


17. Gunung Tirasa



Bagi sob snn yang hobi mendaki gunung, Gunung Tisari dapat menjadi pilihan. Pasalnya gunung ini memiliki keindahan alam yang begitu memukau di atas ketinggian.

Saat berada di tempat ini bisa menikmati sejuknya udara pegunungan dan indahnya tanah hijau yang membentang. Terdapat pula spot-spot untuk mengisi kenangan baru di galeri.

Jika tertarik berwisata ke gunung ini lokasinya berada di Desa Tapporang, Kecamatan Batulappa, Kabupaten Pinrang.


18. Pantai Kappe 



Bosan dengan suasana pantai yang itu-itu saja? Pantai Kappe bisa menjadi pilihan  selanjutnya.

Di pantai ini, tak hanya akan menikmati pemandangan pantai tapi juga bisa menikmati panorama gunung dari kejauhan.

Objek wisata ini juga terkenal dengan kebersihannya dan air laut yang jernih berwarna biru cerah. Di saat sore hari dapat menyaksikan keindahan sunset yang menawan.

Pantai ini dikelola langsung oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu, untuk menunjang keberlanjutan tempat ini wisatawan luar perlu membayar Rp. 5000 dan biaya parkir mulai dari Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Lokasinya berada di Desa Data, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang.


19. Pantai Bahari Kanipang

Pantai Bahari Kanipang merupakan objek wisata di Kabupaten Pinrang. Dengan semilir angin pantai yang begitu sejuk akan memberikan suasana tenang dan damai ketika berkunjung di tempat ini.

Kawasan pantai ini masih sangat asri ditambah banyaknya pepohonan, cocok untuk bersantai dan melepas kepenatan. Jika penasaran, letaknya berada di desa sabang paru, kecamatan lembang, kabupaten Pinrang.

Apabila berangkat dari kota Pinrang butuh waktu 1,5 jam untuk tiba di Pantai Bahari Kanipang.


20. Pantai Ujung Tape



Saat berkunjung ke Pantai Ujung Tape detikers akan menikmati suasana asri nan nyaman. Sehingga dapat menjadi opsi menarik untuk jadikan tempat berlibur dan bersantai.

Perpaduan batu dengan bukit menjadi ciri khas dari pantai ini. Saat sore hari detikers dapat menyaksikan hamparan ombak dan sunset yang indah.

Pantai Ujung Tape terletak di Desa Langnga, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang. Biaya masuk ke pantai ini hanya Rp 5.000.


21. Masjid Raya Pinrang



Masjid Raya Pinrang merupakan salah satu objek wisata religi yang ada di Kabupaten Pinrang.

Tempat ini memiliki daya tarik tersendiri dari warna masjid hijau tosca, empat menara di sudut bangunan dan desainnya tanpa kubah dengan atap susun tiga. Arsitektur bangunan masjid ini modern tradisional.

Masjid ini dikelilingi pepohonan yang memberikan suasana sejuk nan asri. selain itu, tersedia Perpustakaan mini dengan koleksi buku yang cukup lengkap.

Jika Penasaran ingin berkunjung letaknya berada di Jalan Sultan Hasanuddin, Kecamatan Sawitto, Kabupaten Pinrang.


22. Gua Madingin



Gua Madingin merupakan salah satu objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi saat berada di kabupaten pinrang. Gua ini memiliki suhu yang lumayan dingin, sesuai dengan namanya Madingin.

Bagi masyarakat setempat, Gua Madingin disebut juga Loko Madingin. Dalam bahasa setempat Loko Madingin artinya Gua Madingin.

Di area gua terdapat sumber mata air yang dialiri ke persawahan milik warga.

Menjelajahi gua ini akan memberikan sensasi berbeda. Pasalnya di dinding gua terdapat hamparan batu bening yang berkilau seperti kristal.

Nah jika tertarik mengunjunginya gua ini, lokasinya berada di Desa Watang Kassa, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang.


23. Pantai Harapan Ammani


Pantai ini menyuguhkan panorama alam yang indah dengan perpaduan pemandangan persawahan. Suasana sekitar pantai yang tenang sangat cocok untuk bersantai dan menghabiskan masa liburan.

Selain pemandangan yang memukau, tersedia gazebo untuk menikmati berbagai hidangan kuliner yang dijajakan di pantai ini. Hidangan kuliner yang tersedia di tempat ini cukup bervariasi, mulai dari ikan bakar, udang, kepiting, dan menu minumannya ada es kelapa muda segar.

Di pantai ini juga dapat menyewa ATV, Babana Boat, Ban Pelampung dan Jet Ski harga sewanya sekitar Rp 25,000 ribuan. Untuk lokasinya berada di Desa Mattiro Tasi, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang. Jika ingin berkunjung harga parkirnya berkisar Rp 10.000 per kendaraan.


24. Pulau Kamarrang



Objek wisata yang satu ini berada di pulau Kamarrang. Lokasi berhadapan langsung dengan Kota Parepare.

Di sekitar area pantai ini diselimuti hutan bakau yang rimbun. Konon terdapat banyak kelelawar di bagian tengah pulau ini.

Untuk menjangkau pulau dapat menggunakan perahu tradisional dengan waktu tempuh selama 10 menit saja dari dermaga. Di tempat ini juga sebuah villa yang cantik untuk bersantai dan menikmati indahnya Pulau Kamarrang.

Lokasi pulau ini berada di Desa Ujung Labuang, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang.


25. Lembah Salimbongan


Rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Pinrang adalah lembah Salimbongan. Di lembah ini dapat menikmati keindahan panorama alam dan rerumputan yang hijau.

Letaknya yang berada di dataran tinggi bersebelahan pula dengan sungai, membuat lembah ini memiliki udara yang sangat sejuk nan asri. Lembah Salimbongan dijuluki juga sebagai Ranu Kumbolonya Sulsel.

Lembah ini cocok untuk tempat bersantai sambil camping. Jika ingin berkunjung, lokasinya berada di Desa Ulu Saddang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang. Saat berkunjung pastikan untuk menjaga kebersihan sekitar area lembah ya!


26.Pantai Al Fath Stira Paradise 



Pantai ini menyuguhkan panorama alam yang indah dengan perpaduan pemandangan laut dan pandangan pengunungan. Suasana sekitar pantai yang tenang sangat cocok untuk bersantai dan menghabiskan masa liburan bersama keluarga.

Selain pemandangan yang memukau, tersedia gazebo untuk menikmati berbagai hidangan kuliner yang dijajakan di pantai ini. Hidangan kuliner yang tersedia di tempat ini cukup bervariasi, beragam menu makanan minumannya ada es kelapa muda segar.

Di pantai ini juga dapat menyewa villa, tempat camping, dan beberapa fasilitas penunjang lainnya. Untuk lokasinya berada di Desa , Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Jika ingin berkunjung harga terjangkau bagi masyarakat umum.


27. Gunung Paleteang



Rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Pinrang adalah gunung Paleteang. Di gunung ini dapat menikmati keindahan panorama alam dan rerumputan yang hijau. Dan pemandangan persawahan serta objek Kota Pinrang dan sekitarnya.

Kalian bisa mendirikan camp di atas gunung dan menikmati suasana malam Di gunung Paleteang, kecamatan Paleteang kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan 


Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan yang dapat kunjungi untuk liburan. Semoga bermanfaat, ya!


Diolah dari berbagai sumber. (***)

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update