-->

Notification

×

Indeks Berita

Bupati Pinrang Menutup Pameran Pusaka dan Meresmikan Museum Bumi Lasinrang

Rabu, 06 Desember 2023 | Desember 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-06T15:47:09Z

Bupati Pinrang Menutup Pameran Benda Pusaka dan Meresmikan Museum Bumi Lasinrang


PINRANG,--Bupati Pinrang Irwan Hamid secara resmi menutup Pameran Benda Pusaka di gedung PKK kabupaten Pinrang, Rabu (6/12/2023).


Dalam sambutannya Bupati Irwan Hamid mengapresiasi pameran benda pusaka yang digelar oleh Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Pinrang ini, sebagi bentuk kepedulian terhadap kearifan lokal, dan memperkenalkan kekayaan Benda-benda pusaka yang dimiliki Bumi Lasinrang maupun daerah lainnya. 


Irwan Hamid mengatakan benda pusaka ini bukan saja sebagai senjata atau alat yang memiliki nilai historis, tapi lebih dari itu bisa menjadi salah satu daya tarik wisata budaya. 


Oleh karenanya, Irwan Hamid menyambut baik adanya musium yang dinamakan Musium Bumi Lasinrang yang diinisiasi bidang kebudayaan pada Dinas Dikbud Pinrang, yang nantinya bisa menyimpan benda-benda pusaka maupun peninggalan budaya masa lalu kabupaten Pinrang, dan menjadi salah satu tempat edukasi bagi generasi muda,


" Kami atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi atas terlaksananya pameran benda pusaka ini, semoga terus dilanjutkan untuk kelestarian budaya kita, sekaligus menyambut baik hadirnya musium Bumi Lasinrang yang nantinya menjadi tempat penyimpanan benda dan peninggalan masa lalu kabupaten Pinrang," ujar Irwan Hamid. 


Sementara itu ketua panitia pelaksana A. Matjtja Moenta yang juga kadis Dikbud Pinrang mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memberikan wawasan kepada masyarakat utamanya bagi generasi muda dalam rangka pelestarian kebudayaan serta penguatan karakter dan jati diri bangsa serta menciptakan tata kehidupan masyarakat yang tertib, aman dan teratur dan berbudaya,



" Semoga generasi muda kita dapat mengetahui bahwa benda-benda pusaka yang saat ini ditampilkan adalah sebagian besar benda yang digunakan dahulu melawan para penjajah di Bumi Lasinrang," Kata A. Matjtja Moenta.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Pinrang Menandatangani Prasasti Peresmian Gedung Musium Bumi Lasinrang, sekaligus bersama Dandim 1404 Pinrang letkol Aris Barunawan, Sekda A. Tjalo Kerrang menerima ping kehormatan dari Addatuang Sawitto yang dipasangkan langsung oleh datu Sawitto XXVI Bau Sawerigading.


Pameran benda Pusaka Bumi Lasinrang ini berlangsung dari tanggal 3-6 Desember 2023 yang diikuti komunitas, budayawan, Pemerhati Budaya, dan Tokoh Adat se-kabupaten Pinrang, dengan mengambil tema Taro Ada Taro Gau, Palengeng Lopi Naritonangi, Polo Pang Polo Panni, Sanggadi Cappu Mabbarrung Parrungnge Na Napasoroka La Mata Pute.


Turut Hadir Mantan Bupati Pinrang 2009 - 2019 DR. H.A. Aslam Patonangi, SH, M.Si, Dandim 1404 Pinrang Letkol Aris Barunawan, Sekda A. Tjalo Kerrang, Anggota DPRD kabupaten Pinrang yang juga ketua Komunitas Pusaka Bumi Lasinrang A. Pallawagau Kerrang, Datu Sawitto XXVI Bau Sawerigading, Pimpinan OPD, dan para pemerhati budaya di kabupaten Pinrang.(rls/udn)















Narasi/foto : Udin dan humas PBL 

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update