-->

Notification

×

Indeks Berita

Komunitas PBL Kolaborasi Dikbud Pinrang Gelar Pameran Pusaka Hadirkan Pusaka Pinrang 12 Kecamatan

Senin, 04 Desember 2023 | Desember 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-20T03:58:04Z

 


Komunitas PBL Kolaborasi Dikbud Pinrang Gelar Pameran Pusaka Hadirkan Pusaka Pinrang 12 Kecamatan


PINRANG, – Komunitas Pecinta pusaka yang tergabung dalam pusaka bumi Lasinrang (PBL) berkolaborasi dengan Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Pinrang kabupaten Pinrang menggelar Pameran pusaka ke 5 tahun 2023.



Menghadirkan Ratusan benda Pusaka Nusantara dan pusaka 12 kecamatan se kabupaten Pinrang dipamerkan di Gedung PKK, Jalan Andi Makkulau, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang. Pameran Pusaka itu digelar Minggu-selasa (3-5/12/2023).




Pameran ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, perangkat Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Pinrang Datu Sawitto, Bau Sawerigading Makkoelaoe, Tokoh adat Pinrang dan beberapa pemangku adat serta komunitas kepemudaan Pinrang.



Pusaka yang dipamerkan beragam jenis mulai badik yang beragam ukuran, tombak, rompi perang zaman dulu, keris hingga keris yang dibungkus dengan emas yang membuat pengunjung tertarik.




Ketua PBL, Andi Pallawagau Kerrang mengatakan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan berkolaborasi dengan Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Pinrang serta menghadirkan memperkenalkan pusaka 12 kecamatan Pinrang.


"Ada ratusan pusaka di pamerkan 12 kecamatan berpartisipasi dalam meriahkan pameran pusaka di Bumi Lasinrang tahun ini.” ungkapnya.



Dia juga menyebutkan PBL memperkenalkan pusaka buatan Teman yang mirif dengan pusaka petta Lasinrang.


"Pusaka Dipamerkan kurang lebih ratusan pusaka dari berbagai jenis pusaka Ada Keris lamba 2, 3 sampai lamba 14, ada sapukala, ada geco dan beberapa jenis lainnya, ” pungkasnya.


Dia mengungkapkan setelah pameran pusaka yang dipamerkan akan mempersiapkan peresmian gedung budaya Bumi Lasinrang.



Selanjutnya dia berharap pameran pusaka ini jika bisa lanjut di atas lagi ke kancah internasional  secara khusus pusaka bumi Lasinrang di kabupaten Pinrang ini lebih di perhatikan lagi.


"Atas nama komunitas pusaka Bumi Lasinrang dan panitia pameran Pusaka PBL berharap Agar momentum ini menjadi sosialisasi dalam pelestarian kebudayaan khususnya memahami secara kontekstual terkait pusaka dan sejarahnya,".(*/Har).


Simak berikut videonya:











Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update