-->

Notification

×

Indeks Berita

Melirik, 13 Tokoh Yang Berpotensi Maju di Pilkada Pinrang 2024

Selasa, 20 Februari 2024 | Februari 20, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-20T17:03:03Z

 

Ils.


13 Tokoh Yang Berpotensi Maju di Pilkada Pinrang 2024





PINRANG ,-- Kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024 di Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan (Sulsel) masih dini untuk dibahas. Kendati demikian, sejumlah tokoh mulai muncul ke permukaan, melalui media sosial maupun jadi bahan diskusi di warkop warkop, Meskipun suara di Pemilu 2024 menjadi kunci terhadap partai politik (parpol) dalam mengusung calon bupati (cabup) dan wakil bupati (wabup). 


Di Himpun Redaksi Sahabat News Net sebagai bentuk prediksi, Ada beberapa Tokoh masyarakat dan tokoh publik yang berpotensi maju pada Pilkada 2024 sudah melihat terlihat dan eksis Serta jadi bahan perbincangan di masyarakat kabupaten Pinrang.



Semua tokoh yang potensi mencalonkan diri sebagai cabup dan wabup Pinrang ini, hadir dari berbagai kalangan, politisi, ketua umum partai, pengusaha hingga pejabat ASN lingkup pemkab Pinrang.



13 Tokoh Masyarakat Pinrang yang potensial Maju di Pilkada 2024



1. USMAN MARHAM (UM)

Merupakan ketua partai politik dan pengusaha ini menjadi calon potensial yang sudah terendus akan maju di Pilkada 2024.


Dia beruntung, karena memiliki  berbagai pengalaman organisasi strategis baik kepemudaan maupun kemasyarakatan di Kabupaten Pinrang Bahkan tingkat provinsi hingga pusat, Selain itu Usman Marham pernah maju sebagai cawabup Pinrang.



Kemudian, dukungan owner Lakera Bum Usman Marham untuk mencalonkan diri sebagai Cabup Pinrang tahun 2024 tersuar dari kader kader partai Golkar Pinrang selain itu terlihat dari spanduk yang terpajang di area kantor partai Golkar Pinrang. Pasalnya tercuat Setelah DPP Golkar memberikan mandat pencalonannya sebagai Calon bupati pinrang.




2. AHMAD JAYA BARAMULI (AJB)

Wakil Ketua DPRD Pinrang Ahmad jaya Baramuli mantan ketua wilayah partai Berkarya sulsel juga di gadang gadang maju pada pilkada Pinrang 2024.


Ahmad Jaya Baramuli juga sebagai pengusaha ternama di Sulawesi Selatan bahkan nasional. Selain itu, wakil ketua DPRD Pinrang periode 2019-2024 saat maju caleg dapil 4 kabupaten Pinrang memiliki suara tertinggi pada dapil tersebut.


Nama Ahmad Jaya Baramuli sudah terendus muncul menjelang Pemilu meski demikian AJB pada Pemilu 2024 tak maju sebagai Bacaleg DPRD tidak ikut serta, kemungkinan mempersiapkan diri maju sebagai Calon bupati pinrang.



Sejatinya Suara di Pemilu 2024 menjadi tiket potensial AJB menjadi Cabup dari partai Gerindra Kabupaten Pinrang yang di nahkodai oleh kakak kandungnya Ahmad Abdi Baramuli (ABB).




3. ALIMIN 

Wakil Bupati Pinrang H.Alimin, menjadi calon potensi yang muncul dalam Pilkada Pinrang tahun 2024. Politisi PDI-P dan mantan birokrasi ini disinyalir bakal maju sebagai calon bupati pinrang.


Alimin saat ini menjabat wakil Bupati Pinrang mendampingi A.Irwan Hamid Bupati Pinrang. Selain itu, Alimin merupakan pensiunan ASN di lingkup pemkab Pinrang dengan berbagai pengalaman birokrasinya. Kader partai PDIP Kabupaten Pinrang ini masih dalam bidikan PDIP sebagai cabup Pinrang 2024.


Sementara, beberapa waktu lalu di konfirmasi Awak media belum bisa memberikan jawaban terkait majunya untuk Pilkada tahun 2024.




4. AZHAR ARSYAD 

Anggota DPRD provinsi Sulawesi Selatan masuk bursa calon bupati Pinrang tahun 2024. Anggota DPRD provinsi Sulawesi Selatan dari PKB merupakan putra kabupaten Pinrang yang dikenal merakyat Serta peduli kepada kaum petani dan perempuan.


Ketua PKB Sulsel itu juga memiliki pengalaman di organisasi baik dari lembaga swadaya masyarakat, organisasi kepemudaan Hingga organisasi kemasyarakatan keagamaan.




5.  A.PAWELLOI NAWIR (Ranu)

A.Ranu Sapaan Akrabnya anak Dari Almarhum bapak A.Nawir pasinringi Mantan bupati pinrang muncul sebagai calon Bupati Pinrang dari kalangan ketua yang terhimpun di karang taruna se kabupaten Pinrang. Ia merupakan Ketua Karang taruna kabupaten Pinrang dan Kader AMPG.


Meski demikian saat ini A.Ranu Menjabat sebagai ASN Aktif lingkup Pemkab Pinrang, pengalaman A.Ranu sudah di kenal baik sebagai Ketua KNPI pinrang dua periode dan saat ini menjabat sebagai ketua Karang taruna Pinrang, Serta terlibat dalam organisasi Kemasyarakatan, organisasi olahraga Dan peduli aktivitas Pemuda beberapa event olahraga dan kebudayaan.




6. MUHTADIN 

Muhtadin merupakan sosok tokoh masyarakat Kabupaten Pinrang juga saat ini menjabat sebagai ketua DPRD kabupaten Pinrang dari partai Demokrat bakal digadang sebagai Calon Bupati Pinrang tahun 2024.


Jejak politik Muhtadin terbilang melejit pasalnya Muhtadin merupakan figur partai demokrat Pinrang dikenal sebagai politisi dan juga pengusaha ternama di kabupaten Pinrang.



Namun saat ini nama Muhtadin berpotensi akan muncul sebagai calon bupati Pinrang tahun 2024. Muhtadin dinilai berpotensi karena masih memiliki basis suara tersebar di kabupaten Pinrang.



Seiring waktu Muhtadin juga merupakan penggerak tokoh tokoh pengusaha yang ada di kabupaten Pinrang bahkan luar Sulawesi Selatan.




7.  ABDUL MUTHALIB SUPRIADI

Calon yang berpotensi dari unsur pengusaha masuk dalam bursa sebagai calon bupati Pinrang pada pemilu 2024. Sebagaimana diketahui Abdul Muthalib Supriadi merupakan pengusaha dengan label usaha ANATO GROUP adalah badan usaha berpengalaman yang mengerjakan proyek nasional di Sulawesi Selatan.


Selain sebagai pengusaha tajir, Abdul Muthalib juga merupakan putra daerah Pinrang bagian Utara dikenal sosial penggerak sosial bermasyarakat dan peduli masyarakat sekitar Area usahanya.




8. SULHAJJI JOMPA

Nama sulhajji jompa adik dari Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc. rektor universitas Hasanuddin muncul Dari kalangan akademisi dan pengusaha, kembali muncul nama sulhajji jompa, tokoh masyarakat yang juga sebagai Ketua organisasi alumni sekolah serta berbagai Pengalamannya sebagai politisi dan organisasi kemasyarakatan tingkat Nasional ini berpeluang untuk maju sebagai kontestan di Pilkada Pinrang tahun 2024.


Sebelumnya sulhajji jompa itu mencuat lagi ke permukaan jelang Pilkada tahun 2024. Menanti kabar Partai akan mengusung sulhajji jompa di Pilkada Pinrang tahun 2024.




9. A.BUDAYA HAMID 

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pinrang menjadi salah satu calon bupati Pinrang yang potensial dari kalangan birokrat lingkup Pemkab Pinrang.

Budaya Hamid muncul sebagai bursa Cabup Pinrang dianggap mampu memimpin pemerintahan. Selama menjabat jadi Sekda dikenal merakyat Kepemimpinan budaya Hamid dianggap mampu jika mencalonkan diri sebagai bupati Pinrang.


Saat ini budaya Hamid menjabat sebagai ketua lembaga keagamaan di kabupaten Pinrang dan memiliki pengalaman dalam memimpin organisasi Serta aktif dalam kegiatan di kelembagaan keagamaan dan sosial.




10. ABDILLAH NATSIR

Politisi Golkar ini turut masuk bursa Cabup Pinrang tahun 2024.

Pengusaha di beberapa bidang ini memiliki peluang untuk mencalonkan diri sebagai calon bupati pada Pilkada 2024.


Selain itu Abdillah Natsir saat ini menjabat ketua umum kerukunan keluarga Pinrang (KKP) dan sukses di beberapa organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan, juga dikenal merakyat serta peduli mendukung peningkatan sumber daya manusia di kabupaten Pinrang.



11. KARTINI LOLO

Saat ini menjabat sebagai Ketua DPC PDIP kabupaten Pinrang ini turut masuk bursa Cabup Pinrang tahun 2024. Tak hanya dikenal sebagai politisi perempuan juga merupakan Pengusaha di beberapa bidang ini memiliki peluang untuk mencalonkan diri sebagai calon bupati pada Pilkada 2024.


Selain itu Kartini Lolo saat ini merupakan anggota DPRD provinsi Sulawesi Selatan dan aktif di beberapa organisasi dan kemasyarakatan dikenal merakyat serta peduli Pembinaan kepada kaum perempuan juga merupakan tokoh central perempuan di kabupaten Pinrang.




12. A.DEWIYANTI ASLAM

A. Dewiyanti Aslam yang merupakan istri mantan Bupati Pinrang, Aslam Patonangi, masuk dalam bursa calon bupati Pinrang kesiapannya untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Pinrang mendapatkan dorongan dari tokoh masyarakat Pinrang dan elemen organisasi perempuan Pinrang.


A. Dewiyanti Aslam terbilang aktif bermasyarakat peduli dengan gerakan sosialnya dikalangan perempuan di masa kepemimpinan suaminya A.Aslam Patonangi sebagai bupati pinrang dua periode.


A.Dewiyanti Aslam juga merupakan saudara kandung dari bupati pinrang A.Irwan Hamid, keduanya dinilai potensi masuk dalam bursa pilkada Pinrang.




13. A.IRWAN HAMID 

Bupati Pinrang, H. A.Irwan Hamid kembali bakal maju mencalonkan diri di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pinrang pada moment Pilkada serentak November 2024 mendatang.


H. A.Irwan Hamid juga saat ini menjabat sebagai ketua partai Nasdem Pinrang dikenal sebagai bupati pinrang yang begitu peduli ke masyarakat dengan masa kepemimpinannya beberapa prestasi di raih baik tingkat provinsi maupun nasional terkait pelayanan publik dan beberapa penghargaan lainnya.


Selain itu pengalaman sebagai politisi tak diragukan lagi, mantan ketua DPC partai Demokrat itu pada pemilu 2019 mencetak 8 Kursi untuk DPRD kabupaten Pinrang.(***)




Dihimpun Redaksi ( Sahabat News Net)

Penulis : Abdul Haris (Sekertaris PWI Pinrang)

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update