SAHABAT NEWS NET

Recent Posts

Contributors

Peringati HPSN, Polres Pinrang Gelar Baksos

Sabtu, 23 Februari 2019
Peringati HPSN, Polres Pinrang Gelar Baksos

PINRANG,--  Personel Polres Pinrang bersama Siswa Latihan Kerja SPN Polda Sulsel serta Petugas Kebersihan Kabupaten Pinrang bergotong - royong membersihkan sampah di sepanjang Jalan Bintang, dan Sekitaran Jln. Ir. Juanda, Maccorawalie, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang. Jumat (22/2/2019).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional  (HPSN) 2019.

Dalam apel yang digelar sebelum kegiatan dimulai, Kapolres Pinrang AKBP Bambang Suharyono, S.IK, MH, yang diwakili Oleh Kabag Sumda Polres Pinrang Kompol Lutfin Daud membacakan amanat Kapolres Pinrang, dan mengungkapkan latar belakang peringatan HPSN.

"Peringatan ini muncul atas desakan sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi tanggal 22 Februari 2005, dimana sampah dapat menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari seratus jiwa," kata Kabag Sumda.

Penyebab kejadian itu, sebut Kapolres, karena curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah mengakibatkan 125 ribu nyawa melayang dan dua kampung hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah dari Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ).

Kabag Sumda melanjutkan, terkait hal itu, Pemerintah RI telah menargetkan Indonesia akan bebas sampah pada tahun 2020, dan HPSN dijadikan momentum untuk membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah dengan menerapkan sistem 3R, Reuse, Reduce dan Recycle.

Dalam amanat Kapolres Pinrang yang dibacakan oleh Kabag Sumda, mengharapkan melalui momentum Hari Peduli Sampah Nasional yang kita peringati saat ini, kiranya dapat membangun kesadaran bersama untuk hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah yang efektif, mendorong budaya bersih dan produktif di tengah masyarakat sebagai modal sosial dan menjadikan kita sebagai pelopor kebersihan bagi masyarakat. (humasrespinrang/Rls)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar