Loading......

Kegiatan Bidang Agama, Sosial, dan Budaya FKPT Dimulai di Aceh


Kegiatan Bidang Agama, Sosial, dan Budaya FKPT Dimulai di Aceh

NASIONAL,-- Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh memulai kegiatan pada tahun 2018 melalui bidang Agama, Sosial, Budaya. Kegiatan yang bertajuk Integrasi Nilai-Nilai Agama dan Budaya dalam Menumbuhkan Harmoni Kebangsaan di Sekolah ini diselenggarakan di Aceh Besar (14/3/2019).

“Kami mengundang kurang lebih 105 peserta yang terdiri dari Guru Agama, Kepala Sekolah, dan pegiat dunia kependidikan lainnya di Aceh Besar dan sekitarnya, dalam rangka memperkuat kapasitas mereka menangkal paham radikal yang menyasar kelompok pelajar” kata Dr. Fakhri selaku Ketua Panitia Panyelenggara.

Pada kesempatan yang sama Ketua FKPT Aceh Prof. Hasbi Amiruddin menyampaikan bahwa latar belakang kegiatan ini adalah keprihatinan terhadap hasil riset yang membuktikan bahwa siswa milenial tidak memiliki bekal pemahaman keagamaan yang cukup sehingga rentan terpapar paham radikal. Bahkan faktanya, beberapa pelajar telah terlibat dan diproses hukum terkait kasus terorisme.

Wakil Bupati Aceh Besar Tgk. Husaini A. Wahab dalam sambutannya menegaskan terorisme tidak akan mendapat tempat di Aceh Besar. “Untuk memastikannya, jangan dibiarkan pemahaman selain ahlus sunnah wal jama’ah berkembang, karena sama saja memberikan lahan subur bagi radikalisme yang mengarah pada terorisme” imbuh Wabup yang juga ulama pimpinan Dayah (Pesantren) di Aceh Besar ini.

Kegiatan Integrasi Nilai-Nilai Agama dan Budaya dalam Menumbuhkan Harmoni Kebangsaan yang mengambil tema "Harmoni dari Sekolah” bertujuan untuk mengajak para guru dan kepala sekolah khususnya di Aceh untuk melindungi para siswa dari virus radikalisme.

"Kami berharap pada guru yang menjadi role model anak didiknya dapat memberikan teladan bagaimana membangun karakter damai" tegas Kepala Seksi Partisipasi Masyarakat Setyo Pranowo, S.H., M.M., ketika membacakan Sambutan Direktur Pencegahan BNPT (TFB).(map/Rls)

Posting Komentar

0 Komentar