Lewat Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2019, Bawaslu Pinrang Siap Jaga Integritas


Lewat Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2019, Bawaslu Pinrang Siap Jaga Integritas

PINRANG,--Jelang Pemilu 2019, personel Bawaslu Pinrang Bersama unsur Polri, TNI, instansi terkait, dan ormas, mengikuti Apel Siaga di Mapolres Pinrang jalan.bintang kecamatan Watang Sawitto kab.pinrang, Jumat (22/3/2019).

Ketua Bawaslu Pinrang Ruslan melalui komisioner Bawaslu Pinrang Ripah Wardana meminta aparat menindak tegas pelaku yang terbukti mengganggu Pemilu Serentak 2019.

"Potensi kerawanan dan ancaman yang akan mengganggu jalannya Pemilu 2019 tetap ada. Karena itu, seluruh komponen bangsa harus siap siaga. Polri dalam hal ini Polda Jabar diminta menindak tegas pelaku yang mengganggu proses pemilu ini," kata Ripah Wardana 

Ripah Wardana komisioner Bawaslu Pinrang ini mengemukakan, apel siaga untuk Pemilu Serentak 2019 yang diikuti oleh unsur Polri, TNI, instansi terkait, dan ormas ini serentak dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia, termasuk kota dan kabupaten. 

Dalam Sambutannya membacakan sambutan Ketua Bawaslu RI Abhan memimpin apel siaga pengawasan Pemilu 2019 di Anyer Banten, Jumat (05/04/2019). Dalam pidatonya, Abhan mengingatkan pentingnya menjaga integritas sebagai pengawas Pemilu.

“Pesan saya agar selalu menjaga integritas kita sebagai pengawas pemilu. Jangan mudah diintervensi oleh pihak dan kubu manapun. Pengawas harus tegak lurus. Jangan mudah tergoda oleh imbalan apapun,”tegasnya

Pengawas Pemilu, lanjut kata dia, dituntut untuk netral sama halnya dengan KPU. Jadi, saya tidak ingin mendengar atau bahkan melihat jajaran pengawas pemilu di daerah ikut bermain. Jika ada pengawas Pemilu ikut bermain dan memihak, sanksi terberat yaitu diberhentikan secara tidak hormat.

Lanjutnya kata dia, saya percaya kepada seluruh pengawas Pemilu ditiap tingkatan seluruh kabupaten Pinrang bisa menjaga integritas dan bersikap netral sebagai pengawas Pemilu.

"Kami  meyakini pengawas Pemilu mampu mengawal dan mengawasi proses tahapan Pemilu dengan sebaik-baiknya dan insya allah jika niat kita dari awal sudah benar dan lurus untuk mengawasi semua tahapan hingga tahapan pungut hitung, hasil Pemilu akan baik,” ujarnya.

Dalam apel siaga pengawas Pemilu ini, juga berharap pengawas Pemilu tetap solid dalam mengawasi, berkoordinasi atau saling tukar informasi antar pengawas tiap tingkatan.

“Saya harap kesolidan ini tetap terjaga dalam proses pengawasan Pemilu supaya Pemilu 2019 ini berjalan baik,” pungkasnya.(har)

Posting Komentar

0 Komentar