SAHABAT NEWS NET

Recent Posts

Contributors

Panwaslu Pinrang Minta Dukungan Kerjasama Media Awasi Pemilu 2019

Selasa, 16 April 2019
Komisioner KPU Pinrang Ripah Wardana

PINRANG,—Pelaksanaan Pemilu 2019 merupakan momentum pesta demokrasi lima tahunan. Namun, pemilu tidak akan membawa perbaikan jika publik tidak mendapatkan informasi yang benar dan berimbang menyangkut sistem pemilihan serta pelakasanaan pengawasan.

Hal ini bisa dilakukan jika pers  melaporkan berita secara benar dan profesional.

Komisioner KPU Pinrang Ripah Wardana di konfirmasi via telepon Selasa, (16/04/2019) mengatakan tentang pentingan peran Media dalam melakukan pengawasan atau melibatkan diri dalam pelaksanaan pemilu 2019.

“Pers sebagai media informasi. Media harus menginformasikan tentang latar belakang Pemilu, maksud dan tujuan Pemilu, asas Pemilu, tahapan Pemilu, aturan Pemilu, Pelaksanaan Pemilu, Hasil Pemilu dan Sanksi Pelanggaran Pemilu. Pers sebagai media pendidikan, memberikan informasi tentang pendidikan politik kepada masyarakat, hak dan tanggung jawab sebagai pemilih, menggunakan hak pilih dengan baik dan benar serta memberikan informasi tentang tata cara dan strategi politik,” katanya.

Dia mengatakan, pers sebagai media kontrol tentu sangat membantu apabila memberikan informasi terkait pelanggaran yang terjadi. terkait fungsi Panwaslu, tentunya Panwaslu bukanlah sebagai eksekutor untuk melakukan penertiban melainkan melakukan pengawasan saja.

Oleh karena itu, "kehadiran pers dalam peranannya terhadap pelaksanan pilkada adalah dalam rangka menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi, mendorong terwujudnya supremasi hukum, dan memperjuangkan keadilan dan kebenaran,"pungkasnya.(Har)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar