Recent Posts

Contributors

Maknai Kemerdekaan, SMAN 3 Pinrang Gelar Lomba Lagu Perjuangan

Selasa, 13 Agustus 2019

Maknai Kemerdekaan, SMAN 3 Pinrang Gelar Lomba Lagu Perjuangan

PINRANG,--Kemerdekaan ialah hak segala bangsa. Bangsa manapun pasti akan menyambut gembira hari kemerdekaannya. Demikian juga dengan peserta didik SMAN 3 Pinrang. Jelang tanggal 17 Agustus diadakan Sehari Memaknai Kemerdekaan dalam rangka peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74.
Aneka lomba digelar untuk menyemarakkan kegiatan ini. 

di halaman sekolah aneka lomba dilaksanakan. Diawali dengan upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari senin dilanjutkan dengan makan bersama dihalaman sekolah yang dibingkai dengan acara silaturahim usai Idul Fitri dan dilanjutkan dengan Lomba vokal group dengan mewajibkan setiap peserta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya meskipun tidak masuk kategori penilaian, Nanti masuk lagu Mars SMAN Tiga dan Lagu Perjuangan Kreasi baru masuk penilaian dimulai pukul 09.00 WITA, selain itu juga ada lomba kekompakan atau out bond serta lomba makan kerupuk.  

Menurut wakasek kesiswaan Agussalim, S.Pd, selaku ketua panitia, peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-74 panitia merancang lomba yang melibatkan seluruh warga sekolah, misalnya setiap tim vokal group tidak dibatasi pesertanya  ahkan diwajibkan siswa satu kelas bersama wali kelasnya tampil bersama untuk melihat kekompakan mereka.  

Selain itu lomba lain juga diadakan agar warga sekolah kompak dan memaknai hari kemerdekaan sebagai perjuangan yang harua diisi dengan baik karena begitu susahnya para pahlawan merebut kemerdekaan dan membutuhkam kekompakan.  

“Tujuan dari acara semarak HUT RI ke-74 tahun diharapkan peserta didik menjadikan pribadi yang tangguh, siap berkompetisi, dan membangun kekompakan antar siswa dan swluruh warga sekolah.” ungkap Agus..  

Sementara itu Andi Alviana salah satu peserta didik sekolah yang bermotto SMANTAP sekolah maju inovatif dan prestisius ini  mengatakan “Acara ini membuat kami lebih mencintai Indonesia, lebih menghargai arti kemerdekaan. Dengan aneka lomba yang kami ikuti, terutama menyanyikan lagu-lagu perjuangan" jelasnya. 

 "Kami juga diberi ruang untuk kreatif dengan lagu pilihan yang inovatif sehingga mengajarkan kami untuk menciptakan sesuatu yang baru" jelasnya.  

Sementara itu kepala SMAN 3 Pinrang Abdul Wahid Nara membenarkan jika kegiatan ini digelar untuk menumbuhkan rasa cinta warga sekolah kepada Bangsa dan Negera yang kita cintai ini,  

"Bangsa ini butuh generasi yang cinta NKRI, sehingga semangat dalam mengembangkan dirinya terus bangkit" jelas ketua Ikatan Guru Indonesia Sulsel ini. Selain itu, kata Wahid Nara bahwa maju mundurnya suaru bangsa tergantung genderasinya, sehingga memulai dari hal kecil seperti kekompakan dikelasnya akan menjadi pembiasaan kalau dia terjun di masyarakat.   

"Kita berharap tak ada lagi siswa yang tidak menghafal lagu kebangsaannya, begitu pula lagu perjuangan, dan mars sekolah" jelasnya. "Lagu kebangsaan ini sangat sakral, sehingga harus dijiwai oleh setiap generasi" tambahnya.(iwa)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FEED NEWS