-->

Notification

×

Indeks Berita

Kemah Literasi FLP Pinrang Bakal Hadirkan Banyak Penulis, Ini Jadwalnya,?

Selasa, 19 Desember 2017 | Desember 19, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2018-03-14T02:29:11Z

[caption width="720" align="alignnone"]Ket foto : Jumrang SC Kemah Literasi[/caption]



Kemah Literasi FLP Cabang Pinrang Mendatangkan Banyak Penulis, Ini Jadwalnya,?




PINRANG,--Kemah Literasi ini akan dilaksanakan di Pinrang pada tanggal 24 sampai dengan 26 Desember 2017. Kegiatan ini merupakan perkemahan bertema literasi yang pertama kalinya diadakan di kabupaten lumbung beras Sulawesi Selatan.




Kegiatan bertemakan “Membumikan Literasi dalam Sebuah Aksi” diadakan di lokasi SMK Negeri 3 Pinrang. Menurut panitia, pemilihan lokasi didasarkan atas survei yang dilakukan, dan diutamakan berada di luar kota Pinrang untuk menumbuhkan keseriusan peserta untuk mengikuti semua rangkaian kegiatan.




“Kami mendatangkan sembilan peserta untuk kegiatan yang dilaksanakan tiga hari ini. Salah satunya, S. Gegge Mappangewa yang pernah menulis novel bestseller Lontara Rindu. Juga beliau akan meluncurkan novel terbarunya, Sabda Luka. Gegge akan hadir dengan materi motivasi menulis, diharapkan akan memompa semangat peserta untuk menulis,” kata Jumrang yang bertugas sebagai steering commitee Kemah Literasi.




Pemateri lainnya, Baharuddin Iskandar yang merupakan pemenang pertama seleksi guru berprestasi tingkat nasional di Jakarta. Baru saja dia pulang dari Jakarta mengikuti seleksi lomba buku pengayaan siswa. Penulis buku Mengolah Ide menjadi Tulisan dan Novel Atonia Uteri akan membawakan materi Tips Membaca Buku yang Baik, dan Pengantar Menulis Nonfiksi.




“Ada banyak pemateri yang kami datangkan dari Makassar. Fitrawan Umar, penulis Novel Yang Sulit Dimengerti adalah Perempuan. Khaeriyah Nasruddin, penulis kumpulan Cerpen Risalah Kunang-kunang. Buku tersebut pernah meraih juara pertama lomba menulis di kementerian.




Juga ada Azure Azalea dan Batara Al Isra, keduanya adalah penulis dan penyair muda Kota Makassar. Lalu ada S. Marindra yang menjadi pemenang pertama lomba menulis picer di kemdikbud tahun 2017. Novel S. Miranda dengan judul Siluet Sajak Mahakam juga sedang naik cetak di penerbit,” ungkap Jumrang lebih lanjut.




Kemah Literasi yang dihelat oleh Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Pinrang, juga mendatangkan ketua wilayah FLP Sulawesi Selatan, Fahruddin Achmad. Juga akan dihadirkan Muhammad Hidayat yang menjabat Ketua Cabang FLP Kota Makassar. “Selain pengurus, keduanya juga merupakan penulis lepas di beberapa koran,” jelas Jumrang. 




Pihak sekolah dapat mengirimkan maksimal dua tim, dengan membawa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan selama kegiatan. Kegiatan yang terbuka untuk pelajar dan umum ini digratiskan. Syarat untuk mengikuti adalah mengisi formulir di saat technical meeting yang akan diadakan pada tanggal 21 Desember 2017 di SMA Negeri 11 Unggulan Pinrang. Juga mengirimkan puisi, cerpen, atau esai dan dikirmkan ke email flppinrang@gmail.com paling lambat tanggal 23 Desember 2017.




“Kegiatan yang dilaksanakan ini digratiskan. Panitia tidak memungut pembayaran, malah melakukan penghargaan untuk tulisan cerpen, puisi, dan esai terbaik yang disetor peserta,”


Kepala UPT Pendidikan Wilayah Pinrang, Drs Muhammad Arafah yang dihubungi, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan anak-anak muda Pinrang.



“Saya yakin, kegiatan literasi yang hanya muncul di satu dua sekolah di Pinrang akan semakin menggema di masa mendatang.


“Semoga panitia mengelola baik kegiatan agar literasi bisa berkembang di Kabupaten Pinrang,” ucap Arafah.(*)



Penulis.   : Whd/Rlis


Editor.      : Abdoel











Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update