20 Manfaat Daun Kelor: Cegah Diabetes hingga Perawatan Wajah

 


20 Manfaat Daun Kelor: Cegah Diabetes hingga Perawatan Wajah

Manfaat daun kelor alias ‘miracle tree,’ andalan kesehatan untuk cegah penyakit berbahaya. Hingga rahasia perawatan kecantikan.

Sudah lama para peneliti mencari tahu tentang manfaat-manfaat tumbuhan kelor, dari bagian daun, kulit, buah hingga bijinya.

World Health Organization (WHO)menganjurkan bagi anak-anak dan bayi dalam masa pertumbuhan untuk mengonsumsinya karena manfaat dari kandungan daun kelor yang besar.

Organisasi Kesehatan Dunia yang merekomendasikannya bahkan menyebut tumbuhan ini sebagai ‘miracle tree,’ alias pohon keajaiban! Karena para ilmuwan terkejut akan khasiat yang terkandung di dalamnya.



Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Wajah hingga Mata

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, simak khasiat dan manfaat daun kelor bagi kesehatan serta kecantikan selengkapnya berikut ini:

1. Mengobati Rematik

Salah satu manfaat daun kelor adalah untuk mengobati rematik. Penggunaan daun kelor dalam pengobatan rematik untuk mengurangi rasa sakit pada sendi dan mengurangi penumpukan asam urat pada sendi.

Di mana hal tersebut merupakan hal yang sangat penting dalam mengatasi masalah rematik atau asam urat. Manfaat daun kelor ini bisa digunakan untuk rematik, pegal linu, dan nyeri.

2. Anti Kanker

Ekstrak daun kelor mampu mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneliti menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami untuk kanker.

Kandungan antioksidan dan potasium di dalam daun kelor sangat tinggi, sehingga membuat daun kelor memiliki khasiat untuk memperlambat bahkan menghilangkan kanker di dalam tubuh.

3. Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Salah satu manfaat daun kelor yang tidak terduga adalah menjaga tekanan darah dan mencegah kolesterol tinggi.

Hal itu karena daun kelor memiliki kandungan zat hiocarbamate glikosida, dan nitrile yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah.

4. Mengatasi Diabetes

Manfaat daun kelor selanjutnya adaah untuk mengatasi diabetes. Daun kelor dapat mengurangi kadar gula dalam darah sehingga menjadi normal.

Daun kelor dapat dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi diabetes. Sehingga konsumsi sayur daun kelor bisa mencegah penyakit gula darah atau diabetes.

5. Kaya Antioksida

Daun kelor memiliki beberapa senyawa anti-penuaan yang mampu menurunkan efek stres oksidatif dan peradangan. Manfaat semakin optimal dengan adanya senyawa polifenol, vitamin C, beta-karoten, quercetin, dan asam klorogenat.

Senyawa tersebut terkait dengan penurunan risiko untuk penyakit kronis, seperti perut, paru-paru, kanker usus besar, diabetes, hipertensi, dan penyakit mata akibat faktor usia.

6. Baik untuk Mata

Kandungan vitamin A dalam daun kelor bermanfaat untuk melindungi kesehatan mata, baik itu dari mulai kurangi resiko mata plus, minus, silinder dan katarak. Daun kelor juga baik apabila dikonsumsi oleh pasien diabetes dan bermanfaat menjernihkan pandangan matanya.

7. Baik untuk Ibu Menyusui

Daun kelor mengandung protein, zat besi, dan Vitamin C. Selain itu ada ada juga unsur flavonoid yang manfaatnya membantu ibu menyusui menghasilkan air susu ibu (ASI) lebih banyak. Kandungan protein di dalam daun kelor membuat ASI lebih berkualitas.

Kandungan zat besi tinggi, yang 25 kali lebih tinggi dibanding bayam, disarankan dikonsumsi ibu usai melahirkan, dimana wanita menstruasi umumnya kehilangan banyak zat besi.

8. Memperlambat Penuaan

Disisi lain daun kelor juga memiliki manfaat yang kaya akan vitamin A. bagi kamu yang sudah memasuki umur tua, mengkonsumsi daun kelor secara signifikan dapat memperlambat efek penuaan.

9. Menstabilkan Mood

Biasanya untuk kebanyakan orang memiliki masalah pada mood atau suasana hari serta masalah psikis. Namun, tahukah kamu? Daun kelor memiliki segudang manfaat besar untuk menjaga fungsi otak agar suasana hati tetap stabil.

Tentu ini akan menjadi dorongan untuk kamu yang sering mengalami depresi atau hal-hal buruk yang terjadi pada tubuhmu.

10. Obati Cacingan

Daun Kelor juga memiliki manfaat kesehatan dalam mengusir para cacing dalam tubuh. Caranya dengan merebus 3 lembar daun kelor bersamaan dengan daun cabai dan meniran.

Air hasil rebusan daun kelor tersebut kemudian dapat diminumkan pada anak yang menderita cacingan untuk mengurangi infeksi cacing, terutama cacing kremi dan cacing pita.

Salah satu obat herbal terbaik untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Cek produk teh daun insulin di sini!

11. Mengurangi Peradangan 

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Chinese Integrative Medicinemenyebutkan, dengan bantuan daun kelor, peradangan dan rasa sakit beberapa bentuk arthritis bisa berkurang secara signifikan.


12. Menangkal Kuman

Ilmuwan menyebutkan bahwa ekstrak daun kelor memiliki kandungan senyawa antibakteri. Ekstrak daun kelor dapat menghalangi pertumbuhan mikroorganisme berbahaya dalam tubuh. Tentu ini akan membuatmu semakin rentan terhadap penyakit.

13. Menghilangkan Flek di Wajah

Selain menyehatkan kulit dan memperlambat penuaan, daun kelor juga memiliki manfaat menghilangkan flek pada wajah.

Caranya memanfaatkannya sederhana. Ambil beberapa daun kelor yang masih muda, tumbuk hingga sangat halus, lalu gunakan sebagai bedak.

14. Sumber Vitamin C

Berkat tingginya manfaat vitamin C, daun kelor memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan kulit. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan daun kelor sebagai sayur untuk mendapatkan khasiat mencegahnya timbul jerawat.

15. Menyehatkan Ginjal

Secara otomatis mengonsumsi daun kelor dapat membantu mengembalikan kesehatan ginjal yang sudah dalam kondisi tidak sehat. Dengan begitu, kinerja ginjal agar berfungsi secara optimal kembali.

16. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan tentunya sangat penting bagi kamu yang sudah menginjak umur dewasa. Studi yang dilakukan para ahli menemukan bahwa teh kelor membantu untuk menangani masalah pencernaan.

Dengan metabolisme tubuh yang lancar, berat badan akan tetap ideal.

17. Memelihara Kecantikan Kulit Wajah

Kamu juga bisa memanfaatkan daun kelor sebagai produk kecantikan alami, lho, Toppers!

Caranya, pertama-tama buatlah pasta daun kelor. Pilih daun kelor yang masih hijau dan segar, pisahkan dari rantingnya. Haluskan daun kelor dengan ditambahkan sedikit air saja (agar daun kelor menjadi bentuk pasta).

Kemudian jadikan ramuan tersebut sebagai masker, pasta daun kelor tersebut bisa disimpan selama 3 hari di dalam lemari es.

18. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan antioksidan yang kaya membuat daun kelor dapat meningkatkan kesehatan otak dan mendukung fungsi kognitif. Tanaman yang disebut moringa ini juga menyokong fungsi dan aktivitas dari sel-sel otak.

19. Memproteksi Jantung

Daun kelor mendukung kesehatan sitem kardiovaskular dan jantung. Kandungan di dalamnya juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, di mana hal ini lah yang meningkatkan risiko serangan jantung.

20. Menguatkan Tulang

Rutin mengonsumsi ekstrak daun kelor juga membuat tulang jadi lebih kuat. Jika kamu ada masalah pada tulang, bahan ini bisa jadi alternatif terbaik.

Daun kelor diketahui mengandung kalsium, vitamin K dan protein yang kaya, di mana ini memastikan kesehatan tulangmu dan mencegah pengeroposan.



Itulah daftar manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan yang luar biasa, Toppers. Sungguh enggak nyangka bahwa sebuah daun dapat memperlambat kanker dan mengatasi diabetes!

Tetapi selain mengonsumsi daun kelor untuk kesehatan, kalian juga bisa olahraga demi kesehatan yang lebih baik!  Tokopedia

Pesan WA : 085342614911