Kadis Pertanian Pinrang Terima Kunjungan Tim dari UNHAS, Ini Agendanya

 


Kadis Pertanian Pinrang Terima Kunjungan Tim dari UNHAS, Ini Agendanya


PINRANG,--Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Pinrang, Andi Tjalo Kerrang menerima langsung kunjungan silahturahmi Tim dari Unuversitas Hasanuddin Makassar, senin(10/05/2021) 


Andi Tjalo dalam sambutannya menjelaskan bahwa masyarakat Kabupaten Pinrang sebagian besar hidup sebagai petani. Olehnya itu, pemerintah daerah membuat progra sesuai dengan visi misi Bapak Bupati akan berupaya menjadi kabupaten yang mandiri dalam penyediaan benih padi unggul. 


"Pinrang yang memiliki luas baku sawah sekitar 50 ribu hektar dan luas tanam lebih dari 100 ribu Ha/tahun, membutuhkan benih yang banyak dan unggul." Katanya, "olehnya itu, Pemda melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap 5 Unit Penyedia Benih (UPB), agar kebutuhan petani untuk benih bisa terpenuhi." 


Selain sebagai silahturahmi, kunjungan Tim yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Baharuddin, juga membahas tentang pengembangan benih padi unggul di Kabupaten Pinrang melalui kerjasama dengan Taiwan. 


Baharuddin mengatakan bahwa provinsi Sulawesi Selatan sebagai Sentra padi dan Pinrang menjadi salah satu dari 7 Kabupaten penghasil utama beras. Untuk itu, Unhas perlu melakukan pengembangan di sektor pertanian utamanya untuk penyediaan benih komposit yang bermutu untuk petani. 


Turut hadir dipertemuan itu, Kabid Tanaman Pangan, Ir. Hj. Dahriah, M.Si, Kabid PSP, Hj. Nuraini, SP. M.Si, Kasi Benih, Nurul Akidah, SE dan Kasi lahan dan Irigasi, Baharuddin, SP. M.Si.(rls/ham)