BREAKING NEWS

Loading...

8 Gejala Atau Tanda-tanda Penyakit Gagal Ginjal.

 

KESEHATAN - Banyak penderita penyakit ginjal terlabat mengetahui dirinya punya masalah kesehatan.

Sebagian di antara penderita baru menyadarinya saat penyakitnya sudah masuk ke tahap gagal ginjal

Gagal ginjal adalah penyakit yang dapat muncul dengan sendirinya, pada tahap awal, tanpa disadari oleh orang tersebut.

Ketika terjadi gagal ginjal, ginjal tidak dapat melakukan fungsi ekskresinya, yang mempengaruhi kesehatan seluruh tubuh. Hal ini mengakibatkan berbagai gejala muncul.

Faktanya, gejalanya sering dikacaukan dengan kondisi lain yang lebih umum seperti punya tekanan darah tinggi, diabetes, ada keluarga dengan riwayat gagal ginjal hingga usia di atas 60 tahun.

Namun, jika Anda mencurigai adanya gagal ginjal, sebaiknya pergi ke dokter untuk pemeriksaan dan usahakan untuk didiagnosis sedini mungkin.

Melansir dari laman Step to Health Sabtu (19/6/2021), berikut ini 8 gejala atau tanda-tanda penyakit gagal ginjal.

1. Peradangan

Kesulitan yang terkait dengan gagal ginjal dapat menyebabkan retensi cairan yang mengakibatkan peradangan hingga pembengkakan.

Sementara beberapa penyakit yang berbeda dapat menyebabkan gejala yang sama, hal ini terkait dengan masalah ginjal dalam banyak kasus.

Pembengkakan terlihat pada kaki, pergelangan kaki, wajah, tangan dan perut.

2. Detak jantung tidak teratur

Risiko gagal ginjal lebih tinggi bagi orang yang juga memiliki fibrilasi atrium, yakni salah satu bentuk paling umum dari detak jantung tidak teratur pada orang dewasa.

Namun, dokter belum tahu sejauh mana mengobati fibrilasi atrium akan meningkatkan hasil untuk orang dengan penyakit ginjal kronis.

3. Perubahan buang air kecil

Perubahan buang air kecil mudah dideteksi dan merupakan tanda yang paling jelas dari kemungkinan gangguan ginjal.

Beberapa perubahan tersebut antara lain: Tekanan atau kesulitan saat buang air kecil, urin berdarah, urin yang jauh lebih gelap, atau urin dengan bau yang kuat.

Peningkatan atau penurunan jumlah urin, urine berbusa atau berbuih, meningkatnya kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari, inkontinensia atau sulit membuang air kecil hingga rasa terbakar pada akhir buang air kecil.

4. Kelelahan

Salah satu tujuan utama organ ginjal ini adalah untuk menghasilkan hormon yang disebut eritropoietin, yang berpartisipasi dalam produksi sel darah merah untuk mengangkut oksigen melalui darah.

Jika salah satu ginjal Anda gagal, produksi zat ini akan menurun dan akibatnya Anda merasa lelah. Karena itu, Anda akan mengalami lebih banyak kelelahan, nyeri otot, dan kesulitan berkonsentrasi.

5. Merasa kedinginan

Gagal ginjal mengurangi jumlah sel darah merah dan karena itu meningkatkan risiko anemia.

Seiring dengan jenis reaksi ini, seseorang akan mengalami kekurangan energi dan merasa sangat kedinginan.

Orang yang menderita kondisi ini seringkali menyatakan bahwa sensasi dingin tidak hilang meski terkena sinar matahari dan bahkan terkadang menggigil.

6. Sakit pinggang

Nyeri punggung bawah yang tajam atau nyeri di samping bisa menjadi tanda kemungkinan penyakit ginjal.

Nyeri ini terkait dengan penyakit ginjal polikistik, batu ginjal, dan kondisi hati, yang umumnya memburuk setelah berdiri dalam waktu lama.

Kondisi ini tidak boleh disamakan dengan nyeri punggung yang umum dan merupakan kunci untuk mendeteksi beberapa gangguan ini lebih awal.

7. Rasa logam di mulut

Kerusakan ginjal meningkatkan keberadaan racun dalam darah dan menciptakan beberapa gangguan pada sel yang terkena.

Banyak orang mengalami rasa tidak enak saat makan makanan dan memiliki bau mulut setelah makan.

Umumnya mereka merasakan rasa logam di mulut mereka, seperti amonia, dan kehilangan kenikmatan dalam beberapa makanan, yang dapat menyebabkan kekurangan nutrisi.

8. Mual dan muntah

Mual dan muntah yang terus-menerus bisa menjadi tanda peringatan kemungkinan masalah ginjal.

Karena fakta bahwa limbah tidak dibuang dengan benar, gejala-gejala ini dapat memburuk.

Apa yang harus Anda lakukan jika memiliki gejala gagal ginjal?

Tanda-tanda kemungkinan gagal ginjal bervariasi dari orang ke orang dan berubah sesuai dengan seberapa seriusnya penyakit tersebut.

Terkadang gagal ginjal terjadi karena Anda sudah memiliki penyakit lain atau memiliki faktor risiko lain, seperti usia, diabetes, tekanan darah tinggi, gagal jantung, penyakit hati, atau beberapa jenis kanker dan pengobatannya.

Namun, jika Anda memiliki dua atau lebih gejala yang disebutkan di atas, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Disarankan juga untuk juga mengikuti gaya hidup sehat, yang mencakup pola makan seimbang dan aktivitas fisik secara teratur bila memungkinkan. (Serambinews.com/Firdha Ustin)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Gejala Atau Tanda-tanda Penyakit Gagal Ginjal."

Posting Komentar