-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Wakil Bupati Pinrang Hadiri Sidang Paripurna DPRD Pinrang

Senin, 28 Maret 2022 | Maret 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-28T03:35:21Z

 Wakil Bupati Pinrang Hadiri Sidang Paripurna DPRD Pinrang


Pinrang - Wakil Bupati Pinrang Alimin menghadiri Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Pinrang, Jumat (25/3/2022)  di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pinrang.  Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Pinrang H. Muhtadin yang didampingi unsur Wakil Ketua dan dihadiri Anggota DPRD Pinrang.


Rapat paripurna hari ini dalam rangka Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Pinrang Tahun 2021. Hadir dalam Rapat Paripurna unsur Forkopimda Pinrang, Sekda Pinrang Andi Budaya Hamid, Staf Ahli Bupati, Asisten, para Pimpinan OPD, para Camat, Lurah dan Kades serta undangan lainnya.


Wakil Bupati Pinrang sebelum membacakan LKPJ Bupati Pinrang Tahun 2021 menyampaikan salam hangat dan permohonan maaf dari Bupati Pinrang yang saat ini sedang melaksanakan tugas luar yakni  mengikuti pengarahan secara langsung dari Bapak Presiden RI, Ir. Joko Widodo di Nusa Dua Bali.


Wakil Bupati Pinrang Alimin saat menyampaikan LKPJ Bupati Pinrang Tahun 2021 menyampaikan beberapa hal, di antaranya bahwa sepanjang pelaksanaan tugas dan tanggungjawab pada tahun 2021 secara umum dapat berjalan baik, meskipun dengan situasi Pandemi Covid-19, kegiatan dapat terkoordinir di seluruh lini pemerintahan sesuai RPJMD Kabupaten Pinrang tahun 2019 - 2024 dimana telah ditetapkan VISI Kabupaten Pinrang yaitu "Terwujudnya masyarakat Kabupaten Pinrang yang Sejahtera, religius, harmonis, mandiri dan tangguh mengelola potensi daerah". Dan untuk melaksanakan visi itu, lanjut Wabup diperlukan upaya kerja keras dan komitmen dari semua pihak secara bersama-sama dan terpadu, sehingga hambatan dan tantangan dapat dilalui secara bersama - sama.


Wakil Bupati menyampaikan bahwa capaian Kinerja Kabupaten Pinrang Tahun 2021 melalui penyelenggaraan tugas dan fungsi Pemerintah Daerah mengacu pada indikator kinerja makro dan didukung oleh seluruh Perangkat Daerah. Berbagai upaya pencapaian indikator kinerja tersebut yang telah dicapai pada tahun 2021 di antaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pinrang pada tahun 2021 telah dicapai sebesar 71,45 meningkat 0,19 poin (mengalami Peningkatan 0,26%) bila dibandingkan dengan tahun 2020 yakni sebesar 71,26. Peningkatan IPM 2021 didukung oleh peningkatan pada semua komponen penyusunnya.


Begitu pula dengan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Tahun 2021 atas dasar harga berlaku sebesar 21,76 Trilyun, sedangkan tahun 2020 dicapai 20,08 Trilyun atau mengalami perkembangan sebesar 1,68 Trilyun atau 8,37%. Sementara Income perkapita atas dasar harga berlaku tahun 2021 sebesar 53,41 juta, bila dibanding tahun 2020 dicapai 52,93 Juta, atau mengalami peningkatan sebesar 0,48 Juta


Angka kemiskinan pada tahun 2021, Wabup Alimin mengungkapkan mengalami penurunan sebesar 0,05% jika dibandingkan tahun 2020, ini sebagai wujud nyata pengentasan kemiskinan terus digalakkan bersama. Pada tahun 2021, jumlah penduduk miskin di kabupaten Pinrang sebanyak 33,51 ribu jiwa atau 8,81% dari total penduduk Pinrang, sedangkan pada tahun 2020 jumlah penduduk miskin sebesar 33,56 ribu jiwa atau 8,86%. Pertumbuhan Ekonomi pada Tahun 2021 sebesar 5,04 dibandingkan tahun 2020 sebesar 0,44 atau mengalami pertumbuhan sebesar 4,6%.


Wabup menyampaikan bahwa proses pembangunan merupakan suatu proses multidimensi sehingga memerlukan proses yang berkesinambungan dan berkelanjutan demi terwujudnya masyarakat Kabupaten Pinrang yang mandiri dan memiliki daya saing, serta tangguh mengelola potensi daerah.


"Tentunya masih banyak yang harus kita benahi dan dikerjakan bersama karena itu saya menghaturkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala Sinergi, pengabdian dan kemitraan yang baik selama ini saya sampaikan kepada pimpinan dan Anggota Dewan yang terhormat, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, TNI/Polri, segenap jajaran instansi vertikal lainnya, pejabat dan seluruh aparatur Pemerintah Daerah, serta kepada para insan pers dan lembaga swadaya masyarakat, dan seluruh stakeholder yang ada. Mari kita terus bahu-membahu menjalin kekompakan dan harmonisasi dalam membangun daerah yang kita cintai ini" Kata Wabup dalam LKPJ Bupati Pinrang Tahun 2021.


" secara khusus saya sampaikan penghargaan dan terima kasih pula kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Pinrang yang telah memberikan partisipasi dalam menopang kegiatan pembangunan di daerah ini, di mana semuanya tidak dapat terlaksana tanpa dukungan dan sumbangsih, serta rasa kebersamaan yang tulus ikhlas dari masyarakat Pinrang" Sambung Wabup Pinrang.

.

.

.

Penulis : Mk

Foto : Arul.



Simak berikut video berita SNN.














×
Berita Terbaru Update