-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Pinrang Tampilkan Parade Addatuang Sawitto di Jambore PKK Sulsel Selayar

Kamis, 24 November 2022 | November 24, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-24T05:28:02Z

 

Pinrang Tampilkan Parade Addatuang Sawitto di acara defile pembukaan Jambore PKK Sulsel di Selayar



SELAYAR - Tim Penggerak PKK Kabupaten PINRANG menampilkan budaya arak-arakan Addatuang Sawitto pada saat defile peserta Jambore PKK Sulsel yang diselenggarakan di Kabupaten Kepulauan Selayar, di Lapangan Pemuda Benteng Selayar,Rabu (23/11).



Defile peserta dari 24 Kabupaten Kota menandai pembukaan Jambore PKK Sulsel dan Expo UMKM Sulsel 2022 yang dibuka langsung oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel Naomi Octarina. 



Tim Jambore PKK Sulsel yang menampilkan parade Addatuang Sawitto lengkap dengan 'Lallu' (payung Kebesaran) para raja dan ratu di kerajaan Sawitto Kabupaten Pinrang, yang diperankan oleh para pengurus dan kader PKK dari kabupaten hingga kelurahan/desa se kabupaten Pinrang.



Dalam sambutannya Gubernur Sulsel Sudirman Sulaiman mengatakan bahwa PKK harus kembalikan marwahnya sebagai sebuah gerakan yang membantu pemerintah termasuk di dalamnya dalam mengembangkan UMKM, dan pemberdayaan keluarga. 



Semntara ketua TP PKK Kabupaten Pinrang A. Sri Widiyati Irwan yang ditemui seusasi defile mengungkapkan, jika penampilan kabupaten Pinrang yang mengusung adat dan istiadat warisan kerajaan Sawitto, sebagai bentuk kepedulian atas kelestarian budaya khususnya eksistensi kerajaan Sawitto yang menjadi cikal bakal kabupaten Pinrang,



" Bukan tanpa asalan, kami memilih parade Addatuang Sawitto, karena memuat keinginan kami dalam menjaga kelestarian budaya khususnya kerajaan Sawitto yang menjadi peletak dasar pertama keberadaan bumi Lasinrang," jelasnya.



Tim Jambore PKK Pinrang Tiba di Selayar, disambut Bupati dan Ketua TP PKK Selayar 



Seperti diketahui Tim PKk Kabupaten Pinrang mengambil bagian pada Jambore PKK Sulsel yang dipusatkan di Kabupaten Kepulauan Selayar, 23 - 25 November 2022, yang diikuti 24 Kabupaten/Kota Se Sulawesi Selatan. 



Tim Jambore Kabupaten Pinrang akan mengikuti semua even di antaranya  defile, talkshow, lomba berkaitan dengan kerjasama tim, dan lainnya serta pameran produk unggulan UMKM asal Kabupaten Pinrang.

.

.

.

Narasi/foto : Udin

×
Berita Terbaru Update