-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Iklan

Ciri-ciri WhatsApp Disadap Serta Cara Mengatasinya

Rabu, 04 Januari 2023 | Januari 04, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-04T07:24:04Z

Ciri-ciri WhatsApp Disadap Serta Cara Mengatasinya




TEKNOLOGI,-- Akun WhatsApp atau WA kerap menjadi sasaran peretasan. Modus yang dilakukan peretas, biasanya menggunakan rekayasa sosial.



Peretas mengelabui pengguna WhatsApp agar mau memberi kode OTP kepada peretas. Kode OTP sendiri adalah deretan angka yang dikirim kepada pemilik akun WA saat akan melakukan login.



Kode itu berfungsi untuk melakukan verifikasi keaslian pemilik akun dan tidak boleh diberikan sembarangan ke orang lain. Namun, tidak sedikit pengguna WA yang tertipu peretas dan memberikan kode tersebut, sehingga akun WhatsApp-nya kena hack.



Nah, agar akun WA lebih aman, pengguna juga bisa melakukan trik lain yaitu dengan mengaktifkan fitur Two Step Verification WhatsApp atau biasa juga disebut Verifikasi Dua Langkah.




Lantas, Two Step Verification WhatsApp untuk apa sampai perlu untuk diaktfikan? Dengan mengaktifkan Two Step Verification, akun WhatsApp bakal mendapat semacam sistem pengaman tambahan.




Saat login akun WhatsApp di ponsel pertama kali, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN, di samping kode OTP, bila telah mengaktifkan Two Step Verification. Jadi, pengamanan akun WhatsApp akan berlapis, terdiri dari kode OTP dan PIN.




Untuk menghindari WhatsApp kena hack, berikut merupakan cara mengaktifkan Two Step Verification WhatsApp.




Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda

Klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Pengaturan” yang tertera di bagian bawah layar aplikasi Kemudian, pilih opsi “Akun” dan klik opsi “Verifikasi Dua Langkah” atau “Two Step Verification”

Selanjutnya, buatlah PIN yang terdiri dari enam angka dan masukkan pula alamat e-mail untuk supaya bisa mengatur ulang PIN nantinya saat terjadi kelupaan ketika hendak login akun WhatsApp

Terakhir, klik opsi “Lanjut” dan kini Two Step Verification WhatsApp telah aktif.




Jika ingin di-nonaktifkan, caranya tinggal klik opsi “Nonaktifkan” yang tertera di dalam opsi “Verifikasi Dua Langkah”.



Namun alangkah baiknya biarkan sistem tersebut tetap aktif, untuk mengurangi risiko akun WA kena hack.




Itulah trik atau cara agar akun WA tidak kena hack, yaitu dengan mengaktifkan Two Step Verification. Semoga bermanfaat.(rls/)


Sumber diolah dari informasi Cyber dan Penggiat Media sosial 

×
Berita Terbaru Update