-->

Notification

×

Indeks Berita

Peringati HSP, Event Camp Lingkungan II Ajak Para Pemuda Diskusi Lingkungan

Minggu, 29 Oktober 2023 | Oktober 29, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-29T14:40:45Z

Camp Lingkungan II Ajak Para Pemuda Diskusi Lingkungan di Hari Sumpah Pemuda



PINRANG,--Camp Edukasi Lingkungan tahap II kembali digelar pada Sabtu hingga Minggu (28-29/10/2023). 


Dengan mengusung tema "Siapa yang Berhak Menjaga Alam Ini?", kegiatan ini berlangsung di Pantai Al Fath Stira ParADIse, Kelurahan Data, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang.



Camp Lingkungan II merupakan  sebuah aksi kolaborasi pemuda pemudi dan organisasi se-Kabupaten Pinrang yang bertujuan agar lebih peka dan peduli terhadap alam dan lingkungan.

 


Berdasarkan data yang diperoleh, setidaknya terdapat 30 bank sampah unit, sekolah, OKP dan komunitas yang tergabung dalam camp dengan total pendaftar sebanyak 66 orang.





Bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, peserta camp diajak berdiskusi terkait tema kegiatan. Dalam diskusi lingkungan kali ini menghadirkan narasumber yang diantaranya dua pegiat lingkungan yakni Sarah selaku pendiri Rumah Ekologi Parepare dan Indiana Putri Werdhiani yang merupakan pendiri Yayasan Sahabat Peduli Sungai dan Pantai Kolaka Utara.



Tidak luput, Dandim 1404 dalam hal ini diwakili oleh Kapten Infanteri Alimuddin Cappa selaku Danramil Kecamatan Duampanua  turut menjadi narasumber.



Dalam diskusi tersebut Indiana berharap para pemuda yang hadir kedepannya dapat membentuk komunitas agar semakin banyak yang peduli dan cinta terhadap alam.



"Adik-adik pegiat atau pecinta lingkungan, pecinta alam, mudah-mudahan besok-besok bisa bikin komunitas sehingga semakin banyak bertebaran komunitas yang begitu mencintai alam," ungkapnya.



Direktur Bank Sampah Peduli Pinrang, Ali Topan mengatakan bahwa penetapan kegiatan Camp Lingkungan II secara sengaja dilakukan bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda.


 

"Sengaja memang saya ini Sumpah Pemuda. Supaya ada peran pemuda tentang lingkungan," ujarnya saat diwawancarai pada Minggu (29/10/2023).



"Karna saya kemarin (2021) dapat perhargaan dari kementerian itu Permuda Inspiratif untuk Advokasi Lingkungan, bertepatan dengan hari ini," lanjutnya.



Perlu diketahui bahwa terdapat enam rangkaian kegiatan dalam Camp Lingkungan II yaitu aksi pilah sampah, penghijauan, outbound, diskusi lingkungan,  pemilihan duta lingkungan, dan penyerahan alat tulis bagi anak sekolah yang membutuhkan dari hasil gerakan sedekah sampah. Adapun aksi bersih-bersih yang dilakukan serentak di lokasi masing masing dilakukan sehari sebelumnya pada Jum'at (27/10/2023).(rls/har)

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update