-->

Notification

×

Indeks Berita

Syiar Ramadan, Ini Jadwal Ceramah Dai Al-Ashar Asy-Syarif di Sulawesi Selatan

Rabu, 20 Maret 2024 | Maret 20, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-20T04:24:15Z

Syiar Ramadan, Ini Jadwal Ceramah Dai Al-Ashar Asy-Syarif di Sulawesi Selatan


MAKASSAR, - Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kedatangan Dai Syeikh Mahmud Abdul Malik Ahmad Hasan. Ia merupakan penceramah serta ahli Al-Quran dan Hadis dari Al Azhar Asy-Syarif Kairo Mesir yang dikirim ke indonesia melalui program kerja sama Kemenag dengan Majelis Hukama Mulimin (MHM) dalam program bertajuk Syiar Ramadan 1445 H dan Persaudaraan Manusia. Program ini juga melibatkan Badan Kesejahtraan Masjid (BKM) Pusat maupun Daerah.


Kedatangan Syeikh Mahmud Abdul Malik Ahmad Hasan disambut oleh Kepala Bidang Urusan Agama Islam Wahyuddin Hakim bersama Kabid PD Pontren Mulyadi Iskandar dan Kabid Pendidikan Madrasah Muh. Tonang di ruang kerja Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, Kamis siang 14 Maret 2024.


Melalui penerjemah lokal yang mendampingi, Syeikh Mahmud Abdul Malik Ahmad Hasan mengucapkan terima kasih dan selamat atas bertemunya dengan pejabat di Kanwil Kemenag Sulsel.

Lanjut disampaikan, dirinya akan menggantikan Syeikh Dr. Shalahuddin el-Syami membawakan ceramah tarwih sekaligus imam di Masjid Kubah 99 Makassar berhubung Dr. Shalahuddin terkendala penebangan  dari Jakarta ke Makassar. “Saya akan berbicara tentang keutamaan-keutamaan Ramadan,” ujarnya menyebut tema ceramahnya malam nanti.

Syeikh Mahmud Abdul Malik Ahmad Hasan juga mengungkapkan bahwa sebelumnya dia telah bertemu dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan perwakilah Majelis Ulama Indonesia, juga dengan Quraish Shihab di Jakarta.

“Indonesia ini bagaikan rumah kedua bagi kami. Negeri indonesia ini menyambut kami dengan baik. Ini tidak hanya disaksikan oleh orang-orang Mesir tapi banyak negara menyaksikan itu,” pungkasnya.

Dijadwalkan, petang nanti Syeikh Mahmud Abdul Malik Ahmad Hasan akan buka puasa bersama di Rujab Gubernur Sulsel Jl. S. Tangka No.31, Sawerigading, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar atas undangan Pj. Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.

Berikut jadwal ceramah Syiar Ramadan Syeikh Dr. Shalahuddin el-Syami bersama Syeikh Mahmud Abdul Malik Ahmad Hasan di Sulsel.

14 Maret 2024 : Masjid Kubah 99 Makassar - Ceramah dan imam Tarwih

15 Maret 2024 : Masjid Al Ikhlas Kanwil- Khutbah Jumat dan Kajian, Masjid Agung Takalar- Ceramah dan Imam Tarwih

16 Maret 2024 : Masjid Agung Syekh Yusuf Gowa - Ceramah dan Imam Tarwih

17 Maret 2024 : Masjid Al Markaz Al Islami Maros - Ceramah dan Imam Tarwih

18 Maret 2024 : Masjid Agung Pangkep - Ceramah dan Imam Tarwih

19 Maret 2024 : Masjid Agung Bone - Ceramah dan Imam Tarwih 

20 Maret 2024 : Masjid Racca - Kultum Subuh, Masjid Agung Sinjai - Ceramah dan Imam Tarwih

21 Maret 2024 : Masjid Agung Bantaeng - Kajian Dhuhur , Masjid Agung Jeneponto - Ceramah dan Imam Tarwih

22 Maret 2024 : Masjid Raya Makassar - Khutabah Jumat, Masjid Al Markaz/Masjid Amirul mukminin- Ceramah dan imam tarwih

23 Maret 2024 : Masjid Babussalam Sudiang - Ceramah dan imam Tarwih


Sebagai informasi tambahan bahwa ada enam penceramah dan ahli Al-Qur'an dan Hadis yang didatangkan dari negeri piramida, yaitu: Syeikh Dr. Shalahuddin el-Syami, Syeikh Mahmud Abdul Malik Ahmad Hasan, Syeikh Sya`ban Abdul Fattah Uweis Muhammad, Syeikh Ahmad Muhammad Hasan, Syeikh Muhammad Sayyid Sulaiman Abdul Qadir, dan Syeikh Syarif Abdul Waris Mahmud Ali.

Selama Ramadan 1445 H, mereka akan bertugas di Provinsi Aceh, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Selatan. Sebelum keberangkatan menuju provinsi masing-masing, enam dai dan qari dari Al-Azhar ini diterima oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas di kantor pusat Kementerian Agama, Jakarta. (AB).(Rls/Har)

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update