-->

Notification

×

Indeks Berita

SAHABAT NEWS : Program Talas Triple J Mulai Di Rasakan Masyarakat Pinrang "Jelang Panen Raya"

Jumat, 07 April 2017 | April 07, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2018-03-14T02:47:13Z
[caption width="360" align="alignnone"]Ket Gambar : H Jamaluddin Jafar Jerre Yang Akrab Disapa Triple-J saat meninjau Tanaman Talas Di Kecamatan Mattiro Bulu Pinrang [/caption]


​PINRANG -- Anggota DPR RI, H Jamaluddin Jafar Jerre Yang Akrab Disapa Triple-J Yang saat ini mencalonkan diri sebagai Bupati Pinrang mengajak masyarakat Pinrang untuk melaksanakan gerakan tanam talas. Menurutnya, Kabupaten Pinrang memiliki tanah yang subur, hampir semua tanaman cocok, Jenis Holtikultura.



Selain Itu Tanaman Talas Dengan Kaya Manfaat Yang sangat Baik Bagi kesehatan Manusia Dan Juga Nilai ekonomi terbilang Tinggi, Harganya Rp, 2000/Kg sampai Rp.4000/Kg dengan Perpohonnya Dengan hasil Panen selama 5 Bulan Bisa mencapai 3 kg Hingga 5 Kg jadi penghasilannya per bulan Rp5 juta, menanam talas bisa mencapai Rp7 juta per bulan. Ini menambah pendapatan.


"Saat ini Tahap Pertama Panen Talas Sudah Mulai, di sejumlah Wilayah di Kabupaten Pinrang, Alhamdulillah target Kami Sebenarnya panen Bulan Mei Namun Bulan April ini Tanaman Talas di Sejumlah wilayah di Pinrang Mulai Di panen"Ungkap Triple J Melalui Via Selulernya, Kamis (6/3/2017).



Triple J Menambahkan saat ini ada 4 Kecamatan siap melakukan Panen  Raya Talas yakni kecamatan, Patampanua, Mattiro Bulu, Lanrisang, Suppa, Tanaman ini telah ditanam pada lahan puluhan hektare di Kabupaten Pinrang, ternyata cocok dan tumbuh subur. 



Triple J yang berniat maju di Pilkada Pinrang, 2018 mendatang, selain memperkenalkan Tanaman Talas Juga  akan memperkenalkan kepada petani soal tanaman Holtikultura yang sangat berguna bagi kesehatan Manusia, karena mangandung zat daya tahan tubuh dan perawatan kulit.



“Orang Jepang sehat dan bisa hidup hingga 90 tahun karena rata-rata makan talas, sehingga daya tahan tubuh meningkat, karena tanpa bahan Kimia,” ungkapnya.
Diungkapkan, seperti di Alitta Kecamatan Mattiro Bulu petani mencoba menanam pada lahan dua hektare, ternyata subur. Melalui tanaman ini, katanya, bisa meningkatkan pendapatan petani. 




“terbukti petani akan Panen Bulan ini, tepatnya Tanggal 19 April rencananya kami akan menghadirkan Dirjen Kementerian Pertanian Untuk Pesta Panen Tanaman Talas ini, Kalau sebelumnya tanam padi ,” tandasnya.



Bahkan Jamaluddin mengungkapkan bahwa hasil panen talas nantinya diekspor ke Jepang. Negara itu membutuhkan 1.000-1.500 ton per tahun.


Sementara, Profesor Andi Kristianto Pakar budidaya talas Institut Pertanian Bogor (IPB) saat dikonfirmasi di lokasi Panen Talas desa Alitta Kecamatan Mattiro Bulu mengatakan membudidayakan talas sangat cocok di tanam di kabupaten pinrang,



"Tanaman Talas Di pinrang dan Jenis tanaman Holtikultura lainnya di ibarat kan tanaman itu sudah berjodoh dengan tanah di Pinrang selain itu tanaman di Pinrang  bersifat pro industri"Kata Prof Andi 




Tambahnya Kata dia Pengelolaan Talas di Pinrang dan Jenis tanama holtikultura lainnya bisa menjadi produksi industri Agro pertanian bahkan Agro Wisata di kabupaten Pinrang.(*)



Penulis   :Har 

Editor    : Abdoel  

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update