Permantap Kesiapan Anggota, Tagana Pinrang Gelar Raker


Permantap Kesiapan Anggota, Tagana Pinrang Gelar Raker



PINRANG,--Taruna Siaga Bencana (Tagana) memiliki tugas dan tanggung jawab besar saat menangani bencana. Oleh karena itu, mereka pun diminta untuk cepat tanggap untuk kelokasi bencana.

"Sebagai unsur yang terdekat dengan lokasi bencana, Tagana wajib hadir di lokasi bencana. Tagana juga harus cepat tanggap dalam melakukan perlindungan sosial terhadap korban bencana, serta memiliki pemahaman tentang penanggulangan bencana agar dapat bekerja secara efektif dan efisien," ujar Ketua Forum Tagana Pinrang A. Cahyadin. P , saat dikonfirmasi Senin (17/12/2108).

Selain itu ia juga mengungkap bahwa perbedaan latar belakang di antara anggota Tagana, dapat belerjasama antara sesama anggota relawan yang lainya.

"Anggota Tagana banyak berasal dari berbagai unsur masyarakat. Keragamanan ini merupakan modal luar biasa untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Semua anggota Tagana harus mampu beradaptasi dan memberi warna bagi penanggulangan bencana di Tanah Air.

Kemudian ia meminta Tagana dapat menjalankan tugas secara profesional. Oleh karena itu dibutuhkan dukungan dan komitmen dari seluruh pihak terkait baik berupa pendidikan, pelatihan serta penyediaan anggaran dan fasilitas pendukung yang memadai.

Tagana dalam membantu upaya penanggulangan bencana pada akhirnya akan meningkatkan kesiapsiagaan bencana di setiap kecamatan. Tidak hanya ketika bencana terjadi, namun juga untuk kepentingan mitigasi bencana untuk di sosialisasikan di jenjang sekolah dan masyarakat," ujarnya.(Tpn/Rls)