Recent Posts

Contributors

Sosialiasi Bahaya Penyakit Menular Di Rutan Pinrang

Senin, 04 Februari 2019
Sosialiasi Bahaya Penyakit Menular Di Rutan Pinrang


PINRANG,--Kepala Rutan Kelas IIB Pinrang, Ali Imran menerima kunjungan Tim Penyuluh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang.Senin (04/02).

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut pertemuan sebelumnya untuk memberikan edukasi akan pentingnya arti sebuah kesehatan bagi petugas dan warga binaan di Rutan Pinrang.

Ada tiga materi yang disampaikan oleh tim penyuluh kesehatan. Materi pertama berkaitan dengan Penanggulangan Penyakit Tuberclosis (TB) yang disampaikan oleh Jamaluddin,selaku Pengelola TB dan Kusta Dinas Kesehatan Kab. Pinrang.

ia jelaskan bahwa penyakit TB memang menular, tetapi bisa disembuhkan.

 "Pengidap TB bisa sembuh dengan berobat tuntas enam bulan."

Lebih lanjut, Hj. Tuti Erniwaty, selaku Kasi P2 PTM dan Keswa Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang juga memaparkan materinya tentang Penanggulangan dan Pencegahan penyakit tidak menular. Ia ungkapkan bahwa penyakit yang terkadang sering disepelekan kaum wanita tetapi mematikan seperti kanker payudara dan kanker serviks." Lebih baik kita mencegah, caranya dengan pola hidup sehat." Paparnya.

Hadir pula Kasi Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang, Barnabea Keliki, Iapun menjelaskan pencegahan penyakit demam berdarah (DBD). Bersama tim, ia mendemonstrasikan cara menanggulangi perkembangbiakan jentik nyamuk dengan membuat perangkat-perangkat nyamuk yang terbuat dari kantong plastik dan botol plastik. "Selain perangkat ini, kita juga bisa menanam tanaman herbal sebagai pencegahan DBD seperti daun lavender, daun serai, bunga kemangi dan masih banyak lagi." Ungkapnya menutup sesi materi.

Di akhir kegiatan, Kepala Rutan, Ali Imran, tekankan kepada warga binaan untuk melaksanakan apa yang telah disampaikan oleh tim penyuluh. "Materi tadi sangat mengedukasi, tinggal kita praktikkan di masing-masing blok hunian." Ujarnya.

Kegiatanpun dilanjutkan dengan pemeriksaan gula darah, dahak dan air kencing bagi petugas dan warga binaan Rutan Pinrang. Sebagai langkah preventif untuk mencegah penyebaran penyakit menular di dalam Rutan.(Rls/Dds)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KLIK CHANNEL YOUTUBE KAMI