Artikel Terbaru

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Bupati Pinrang Ajak Warga Jaga Kebersihan Drainase

Bupati Pinrang Ajak Warga Jaga Kebersihan Drainase


PINRANG - Salah satu pemicu terjadinya banjir yang menggenangi wilayah perkotaan di Kabupaten Pinrang, tumpukan sampah pada sejumlah drainase akibat ulah oknum warga yang kerap membuang sampah sembarangan.

Terkait hal itu, Bupati Pinrang Irwan Hamid mengajak warga untuk bersama pemerintah daerah, bersinergi menjaga kebersihan drainase di lingkungan masing-masing.

Peran masyarakat, jelas Iwan, sangat penting dalam mengantisipasi terjadinya genangan air saat intensitas hujan meningkat. Sampah yang memenuhi drainase, kata dia, akan menghambat aliran air hujan sehingga naik ke badan jalan. "Akan kita gerakan semua pihak terkait agar ikut mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan drainase," katanya.

Sementara Plt Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Pinrang, Nasrawianty Vetraniwaty Nasri mengatakan, Minggu (26/1) kemarin, bupati juga menyempatkan diri memantau sejumlah titik di wilayah perkotaan, di Kecamatan Watang Sawitto yang tergenang banjir, pasca hujan lebat.

Dari pantauan yang dilakukan tersebut, kata Nasrawianty, pemerintah akan menganalisis kembali fungsi drainase khususnya dalam wilayah ibu kota Pinrang.

Meski hanya banjir lewat dan airnya cepat surut setelah hujan reda, tambah Nasrawianty, namun sangat dibutuhkan kerjasama masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah dalam menjaga kebersihan drainase. "Bupati sangat menekankan terkait pentingnya menjaga kebersihan drainase, agar aliran air tidak tersumbat saat terjadi hujan deras, hingga menyebabkan banjir," tandasnya.

(Humas pinrang)