-->

Notification

×

Indeks Berita

WRS NewGen Resmi Terpasang Di Pinrang, Ini Kegunaannya,?

Selasa, 23 Juni 2020 | Juni 23, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-06-22T23:23:09Z
WRS NewGen Resmi Terpasang Di Pinrang, Ini Kegunaannya,?



PINRANG,– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Gowa me­­nyerahkan bantuan alat pende­teksi gem­pa dan tsunami, Warning Receiver System (WRS) New Gen InaTEWS kepada Peme­rintah Kabupaten Pinrang, Senin (20/6).


Alat WRS NewGen ini untuk menyebar­luaskan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami.


Bantuan WRS NewGen tersebut dibe­ri­kan  oleh Kepala BMKG Stasiun Geofisika Gowa, Gandamana Matondang, ST. kepada Bupati Pinrang, H.A.Irwan Hamid,S.Sos didampingi Sekretaris Daerah Kab.Pinrang, Ir.Budaya, yang diserahterimakan kepada Kepala BPBD Pinrang, Matalatta di Kantor BPBD Pinrang.


Kepala BMKG Stasiun Geofisika Gowa, melalui staf ahlinya Rizki mengatakan, WRS NewGen meru­pa­kan alat pendeteksi Gempa dan Tsunami yang bersifat realtime, sehingga dalam kurang dari tiga menit informasi dapat dengan cepat di terima oleh mas­yarakat agar dapat melakukan upaya pertahanan diri atau antisipasi. Hal ini sebagai bahan tindak lanjut dari PP No.93/2019 tentang Penguatan dan Pengembangan Sistem Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami.


"WRS ini memberikan informasi gempa secara cepat karena bersifat real­time otomatis dari BMKG dengan waktu kurang dari 3 menit, dapat meng­ambil langkah secara cepat dalam me­nangani bencana, sehingga memberi man­faat nyata dalam mengantisipasi kebencanaan di Kabupaten Pinrang” ujarmya.


Mengingat Provinsi Sulawesi Selatan yang berada di lintasan Sesar (patahan) Walanae rawan bencana terkhususnya Kabupaten Pinrang yang dilewati patahan secara tektonik mulai dari ujung selatan Kabupaten Bulukumba sampai ujung utara Kabupaten Pinrang, serta adanya riwayat histori kegempaan (gempa bumi), sehingga alat deteksi WRS ini bermanfaat untuk membantu masyarakat mengetahui gempa dan tsunami lebih awal, agar dapat bersia­ga dalam menghadapi bencana tersebut.


Diharapkan dengan alat ini dapat mempercepat penyebaran informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami. Supaya informasi cepat disebar dan diterima oleh Pemkab dan masyarakat Pinrang untuk penyebaran informasi melalui deteksi sensor.


BMKG berharap, Pemerintah Kabupaten Pinrang dapat menjaga alat tersebut, karena itu, dirinya berterima kasih ke­pada Pemkab Pinrang telah memberikan tempat khusus yang digunakan untuk memasang peralatan instalasi WRS tersebut.


“Atas nama BMKG mengucapkan terima kasih kepada Pemkab yang telah menerima WRS NewGen berharap, dukungan dari Kabupaten Pinrang yang telah kita pasang peralatan instalasi WRS, dimana alat sensor ini sudah dipasang di Desa Malimpung, Kecamatan Patampanua dan Kelurahan Betteng, Kecamatan Lembang.untuk dapat menjaga alat tersebut, me­ngingat wilayah kita merupakan wilayah rawan bencana,” harapnya.


Bupati Pinrang, H.A.Irwan Hamid, S.Sos juga mengucapkan terima kasih kepada BMKG sebab telah memberikan alat deteksi tersebut, mengingat wilayah Kabupaten Pinrang termasuk wilayah yang rawan gempa di Provinsi Sulawesi Selatan.


“Perangkat WRS NewGen, alat ini sangat penting, karena berfungsi untuk mendeteksi secara dini gempa bumi di Kabupaten Pinrang bahkan kita bisa mengetahui gempa bumi itu dia bisa berpotensi tsunami atau tidak, kita bisa lihat di layar,” katanya.


Ditambahkan, BMKG telah memberi­kan perangkat yang sangat bermanfaat bagi Pemkab Pinrang untuk informasikan secara dini kepada mas­yarakat, apakah gempa ini berpotensi tsunami atau tidak.(humas pinrang)

Coffee Ginseng 5 In 1

×
Berita Terbaru Update