Recent Posts

Contributors

Olah sampah Jadi Pupuk, Seroja TPS 3R Pacongang Pinrang Disambut Baik Masyarakat

Jumat, 14 Agustus 2020

 

Olah sampah Jadi Pupuk, Seroja TPS 3R Pacongang Pinrang Disambut Baik Masyarakat


PINRANG,--Demi memaksimalkan pengoperasian tempat pengolahan sampah reuse, reduce, dan recyle (TPS3R). Dengan harapan bisa menghasilkan produk bernilai lebih dari pengelolaan sampah itu seperti dijadikan kompos hingga kerajinan.


Pemerintah kelurahan Pacongang Menggelar Peresmian dan Pelatihan TPS3R Tempat pengolahan Sampah, Reuse, Recycle, Kegiatan ini berlangsung di jalan Seroja TPS 3R kelurahan Pacongang kecamatan paleteang kabupaten Pinrang. Jum'at (14/08/2020).


Kegiatan itu dihadiri, Sudirman Kepala DLH Kabupaten Pinrang,Fakhrullah camat paleteang, Andhika Rosi lurah Pacongang, Aiptu Zainal Bhabinkamtibmas Polsek paleteang, Babinsa dan Ali topan pendiri bank sampah Pinrang Serta beberapa unsur masyarakat kelurahan Pacongang.


Menurut, Fakhrullah camat paleteang melalui Andhika Rosi lurah Pacongang saat dikonfirmasi kegiatan tersebut tentunya menjadi prioritas di kelurahan dalam menanggulangi limbah sampah Serta mengajak kepada masyarakat Agar selalu peduli Kepada lingkungan.


"Lewat kegiatan ini Pemerintah bersama DLH Pinrang Serta Tim bank sampah Pinrang akan memberikan pelatihan kepada petugas Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R kelurahan Pacongang, diharapkan agar kegiatan ini Mampu menjadi masyarakat Lebih mandiri dan peduli terhadap Lingkungan terutama dalam penanganan sampah,"ungkapnya.


Lanjut kata Andhika  dirinya berharap melalui pelatihan yang dilaksanakan mampu meningkatkan kinerja Tempat Pengolahan Sampah Sementara yang berkonsep 3R (TPS3R) sehingga pemerintah daerah lebih mudah dalam memantau dan melakukan pembinaan terhadap TPS3R dan juga timbunan sampah ke TPS diharapkan dapat berkurang.


"Dengan meningkatnya kinerja maka pengoperasian kegiatan (Tempat Pengolahan Sampah Sementara yang berkonsep 3R (TPS3R) dapat berjalan lebih optimal," ujarnya. 


Sementara Ali topan pendiri bank sampah Pinrang Sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pinrang Serta pemerintah di kecamatan paleteang dan kelurahan Pacongang.


"Kami sangat apresiasi Pemerintah dalam penanganan sampah saat ini, pemerintah membangun Tempat Pengolahan Sampah Sementara yang berkonsep 3R yang bertujuan untuk mengurangi timbulan sampah di TPA. Pengelolaan TPS3R diserahkan kepada masyarakat sehingga masyarakat secara mandiri dan mampu menghasilkan pupuk organik dari sampah,"ungkap Ali topan.


Dalam kegiatan Itu Camat paleteang Fakhrullah juga memberikan informasi menghimbau kepada masyarakat di kecamatan paleteang jika menggelar kegiatan Terus mengikuti Protokoler kesehatan eapam mencegah penyebaran Covid19 dan selalu berkoodinasi dengan pemerintah setempat jika melaksanakan kegiatan.(Har/Rls)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KLIK CHANNEL YOUTUBE KAMI