Jelang Pengumuman Direksi Perusda Kabupaten Pinrang, H.Mustam Mannawi Paparkan Gagasan Agar Perusda Lebih Baik Lagi

PINRANG,--Tahapan Proses lelang jabatan di Direksi Perusahaan Daerah (Perusda) Kabupaten Pinrang yakni PD Karya dan PDAM Tirta Sawitto telah berlangsung tinggal menunggu pengumuman ke publik.

Melalui hal tersebut Salah satu Calon Direktur Utama Perusahaan Daerah (Perusda), H.Mustam Mannawi usai mengikuti Asesmen di Universitas Hasanuddin kota Makassar yang di ikuti beberapa kandidat menyampaikan beberapa tanggapan dan Penyampaian Misi dan visinya ketika di mandatir menjabat sebagai Direksi Perusda Pinrang.

Ketua Kadin dan juga Ketua Apindo Pinrang H.Mustam Mannawi Dalam visi misinya tekadnya meningkatkan potensi Sumber Daya Alam yang dimiliki Kabupaten Pinrang terutama peningkatan penunjang ekonomi masyarakat meningkatkan Pendapatan Asli  Daerah (PAD).

Dalam wawancara singkat kepada redaksi Sahabat News Net, Kamis (16/09/2021) Ketua Apindo Pinrang H.Mustam Mannawi memaparkan beberapa gagasan dan ide serta pengalaman dalam pengembangan Perusda jika di percaya pimpin kedepannya.

 "Perspektif saya tentang Perusda saat ini sosok Raksasa Ekonomi yang patut di kembangkan. Kalau bak mobil mogok bak keuangan juga Mati suri. Jadi saya hanya melihatnya sebagai Raksasa sedang tidur," kata Ketua Kadin Pinrang

"Bahwa hanya Sektor Perdagangan yang Mampu mempercepat Pemulihan ekonomi sekaligus dapat mendongkrak PAD Pinrang diera Pandemi Covid 19 Seperti sekarang ini.Pinrang ini adalah Daerah produsen Berbagai Komoditi siap dipasarkan ditingkat lokal maupun antar pulau seperti berikut 1. Hasil Pertanian Beras, dedak. 2. Peternakan Telur,Daging Ayam, 3. Perikanan Ikan dan berbagai Hasil laut. 4. Perkebunan Biji kopi,Cacao, Jagung dll, 5. Pertambangan Pasir yang bertumpuk berjuta juta Kubik menjadi sedimentasi yang selalu meresahkan masyarakat maupun pemerintah yang mesti harus diangkat lewat laut sekaligus menjadi barang perdagangan lokal maupun antar Pulau dan juga Cipping.

H.Mustam Ketua Kadin Pinrang itu juga menjelaskan sangat banyak Potensi Sumber Daya Alam lainnya yang harus dikelola secara Profesional,Termasuk sesosok Raksasa ekonomi yang selama ini tidur nyenyak yakni Perusda.

"Perusda Yang sangat Berpotensi mendongkrak PAD dalam rangka Membangun Pinrang, Serta Berbagai Pasilitas Pemda yang kini ikut bobo manis, diantaranya, Cold Storage di Suppa dengan kafasitas 150 ton, Kalau saya tidak salah,Kandang sapi, Gudang KUD berada dimana mana yang masih layak pakai dan Berbagai Pasilitas lainnya, Ini sangat disayangkan Serta membutuhkan Perhatian yang serius dari pihak pemerintah, "bebernya.


Meski demikian, Kami dari Kadin sebagai Mitra Strategis Pemirintah untuk memajukan sektor Perekonomian daerah sesuai UU No 1 /87 Kab.Pinrang dengan kekayaan Sumber Daya Alam dan di Dukung oleh Sungai Saddang buat Puluhan Ribu Persawahan Serta PLTA Bakaru yang dapat mendukung Sektor Perindustrian.

"Maka Pinrang kedepan harus menjadi Daerah Industri dalam Mengelola Berbagai Komoditas yang dapat diperdagangkan baik Domesti maupun Ekspor dalam bentuk Barang jadi, Gambaran dan Peluang Tersebut Diatas dapat dijaring Oleh Kadin, Apindo maupun FORKOM HIPPII,"Ulasnya 


H.Mustam juga memberikan saran terhadap pelaksanaan Proses lelang jabatan di Direksi Perusahaan Daerah (Perusda) Kabupaten Pinrang.

"Sekedar saran. Kalau bisa sebelum turun hasil Asesmen dari Unhas. Pemda atau Kuasa Pemilik Modal (KPM) bisa mengundang para Calon mempersentasekan Perencanaanx dlm Rangka memulihkan atau memajukan PERUSDA, Sekaligus bagaimana Pemulihan ekonomi Nasional ( PEN )/Daerah. Apa yang dia mau lakukan kelak bila Dia terpilih. Jadi siapa pun yang dapat amanah bisa menjalankan program itu bila memang dianggap Prospeknya bagus.Jadi semua peserta ihklas dalam menuangkan Pokok fikirannya dalam memajukan PERUSDA. Ini Sekedar saran aja Terima kasih dan Salam Pengabdian,"ungkapnya.

Dia juga menambahkan,"Bahkan bisa disarankan DPRD mengundang para calon mempersentasekan Pokok fikirannya, Sebagai sumbangsi pemikiran terhadap pemulihan dan Kemajuan Perusda, maksudnya bukan Untuk dinilai. Agar kelak Semua program Perusda dapat dukungan penuh juga dari DPRD, Bahkan kalau bisa kita Undang Organisas atau LSM dalam Acara tersebut. Diruang Paripurna atau di aula Bupati,".

Lanjutnya," seperti menguatkan Gambaran Potensi Dan cukup banyak Yang lainnya sangat menjanjikan untuk memulihkan dan memajukan PERUSDA dalam meningkatkan PAD, misalnya aset aset Daerah yang ikut tidur bersama PERUSDA. Seperti,1. Cold storage yg di Suppa dgn Kapasitas 150 ton. Sangat berpotensi Untuk Perdagangan Ikan dan Ayam beku, Kami punya Buyer butuh 40 ton atau 2 Kountener perbulan Ayam beku BB 1,1 kg s/d 1,4 kg. 2. Pergudangan Dibeberapa Desa/kelurahan memiliki Gudang KUD yang Masih dapat berfungsi untuk menempatkan Barang dlm bergerak disektor Distribusi (Distributor) Misalnya Pupuk, semen, Gula terigu dll. Peluang ini sudah siap. 3. Kandang sapi. Ini juga sangat Berpotensi dalam pengelolaan Penggemukan sapi potong, karena sistem penggemukan tidak butuh lahan luas dan bahan pakan ternak di daerah ini relatif murah dan cukup banyak. Kebetulan saya pernah jadi super pisor Feet mild Pada sebuah peternakan. Dan banyak potensi lainnya yang bisa Kita kelola."

"Menurut kami, Aset Seperti Sawah biar dia mengalir dengan sendirinya , karena Siapa pun yang mengelolanya tetap arahnya ke PAD kita. Demikian juga Seperti Pengelolaan parkir. Kalau hal hal seperti ini yang diharap manalah mungkin kita Mampu mendongkrak PAD. Padahal kita harus mengejar dan mempercepat pemulihan PERUSDA Di tahun pertama. Maka Perusda Mutlak bergerak disektor Perdagangan Umum sesuai potensi Daerah kita. Dengan Berbagai Komodity Andalan lainnya. Seperti Beras,Dedak,Pasir,Kopi dll. Dengan demikian ini, makanya aku berani berkomitmen bahwa Tahun pertama, kalau PERUSDA tidak bangkit maka aku langsung mundur dengan teratur. Ini sekedar Sharing pendapat buat kita semua.Karena kita sudah diluar masa masa penilaian. Ayo kita Bangunkan PERUSDA demi Pinrang yang lebih baik dan lebih maju. Siapa pun yang diberi amanah kita dukung sama, Ok setuju??? Salam Kompak selalu,"Imbuhnya.(har).

Simak berikut video berita SNN.




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama